Kitab mormon 1

Kitab mormon 1


 



LaPoran Yang DituLiS oLeH  

tangan MorMon  

Di ataS LeMPengan-LeMPengan  

Yang DiaMBiL Dari LeMPengan-LeMPengan nefi

Karenanya, itu yaitu  suatu ringkasan dari catatan tentang orang-orang 

nefi, dan juga tentang orang-orang Laman—Ditulis bagi orang-orang Laman,  

yang yaitu  sisa bani israel; dan juga bagi orang Yahudi dan orang bukan  

israel—Ditulis dengan cara perintah, dan juga melalui roh nubuat dan  

wahyu—Ditulis dan dimeteraikan, dan disembunyikan bagi tuhan, agar  

tidak dihancurkan—akan tampil melalui karunia dan kuasa allah untuk 

penafsirannya—Dimeteraikan oleh tangan Moroni, dan disembunyikan 

bagi tuhan, untuk tampil pada waktu yang tepat dengan cara melalui orang  

bukan israel—Penafsirannya melalui karunia allah.

Suatu ringkasan yang juga diambil dari Kitab eter, yang yaitu  sebuah 

catatan tentang orang-orang Yared, yang dicerai-beraikan pada waktu tuhan  

mengacaukan bahasa orang-orang, ketika mereka sedang membangun se-

buah menara untuk menggapai langit—Yang yaitu  untuk memperlihat-

kan kepada sisa bani israel hal-hal besar apa yang telah tuhan lakukan bagi 

leluhur mereka; dan agar mereka boleh mengetahui perjanjian-perjanjian  

tuhan, agar mereka tidak dienyahkan selamanya—Dan juga untuk 

diyakinkan nya orang Yahudi dan orang bukan israel bahwa Yesus yaitu  

Kristus, allah Yang Kekal, yang menyatakan diri-nya kepada segala 

bangsa—Dan sekarang, jika ada kesalahan itu yaitu  kesilapan manusia; 

karenanya, janganlah mengecam apa yang dari allah, agar kamu boleh  

8didapati tanpa noda pada kursi penghakiman Kristus.


Kitab Mormon yaitu  sejilid tulisan suci yang kudus yang sebanding  de ngan alkitab. itu yaitu  sebuah catatan tentang urusan allah  deng an 

penghuni Benua amerika zaman dahulu dan memuat kegenapan injil 

abadi.

Kitab ini ditulis oleh banyak nabi zaman dahulu melalui roh nubuat 

dan wahyu. Perkataan mereka, yang ditulis di atas lempengan-lempengan 

emas, dikutip dan diringkas oleh seorang nabi-sejarawan bernama Mormon. 

Catat an itu memberi laporan tentang dua peradaban besar. Yang satu datang 

dari Yerusalem pada tahun 600 SM, dan sesudahnya terpisah menjadi dua 

bangsa, dikenal sebagai orang-orang nefi dan orang-orang Laman. Yang lain 

datang jauh lebih awal ketika tuhan mengacaukan bahasa-bahasa di Menara  

Babel. Kelompok ini dikenal sebagai orang-orang Yared. Setelah ribuan  

tahun, semuanya dihancurkan kecuali orang-orang Laman, dan mereka  

berada di antara leluhur orang-orang indian amerika.

Peristiwa puncak yang tercatat dalam Kitab Mormon yaitu  pelayanan 

pribadi tuhan Yesus Kristus di antara orang-orang nefi segera setelah ke-

bangkitan-nya. itu menerangkan ajaran-ajaran injil, menjabarkan rencana 

keselamatan, dan memberi tahu manusia apa yang mesti mereka lakukan 

untuk memperoleh kedamaian dalam kehidupan ini dan keselamatan kekal 

dalam kehidupan yang akan datang.

Setelah Mormon menuntaskan tulisan-tulisannya, dia menyerahkan  

la poran itu kepada putranya Moroni, yang menambahkan beberapa kata 

miliknya sendiri dan menyembunyikan lempengan-lempengan tersebut di 

bukit Kumora. Pada tanggal 21 September 1823, Moroni yang sama, yang 

pada waktu itu makhluk yang dimuliakan, yang dibangkitkan, menam-

pakkan diri kepada nabi Joseph Smith dan memberinya petunjuk yang  

berhubungan dengan catatan kuno dan penerjemahannya yang ditakdirkan 

ke dalam bahasa inggris.

Pada saatnya lempengan-lempengan itu diserahkan kepada Joseph Smith, 

yang menerjemahkannya melalui karunia dan kuasa allah. Catatan tersebut 

sekarang diterbitkan dalam banyak bahasa sebagai suatu kesaksian baru dan 

tambahan bahwa Yesus Kristus yaitu  Putra allah yang hidup dan bahwa 

semua orang yang mau datang kepada-nya dan mematuhi hukum dan tata 

cara injil-nya boleh diselamatkan.

Mengenai catatan ini nabi Joseph Smith berkata: “Saya memberi tahu sau-

dara-saudara bahwa Kitab Mormon yaitu  yang paling benar dari kitab apa 

pun di atas bumi, dan batu kunci agama kita, dan seseorang akan menjadi 

lebih dekat kepada allah dengan menuruti ajaran-ajarannya, daripada mela-

lui kitab lain apa pun.”

Di samping Joseph Smith, tuhan menyediakan sebelas orang lain untuk 

melihat lempengan-lempengan emas bagi diri mereka dan untuk menjadi 

saksi khusus akan kebenaran dan keilahian Kitab Mormon. Kesaksian tertu-

lis mereka disertakan di sini sebagai “Kesaksian tiga Saksi” dan “Kesaksian 

Delapan Saksi.”

Kami mengajak semua orang di mana pun untuk membaca Kitab  

Mormon, merenungkan dalam hati mereka pesan yang dimuatnya, dan  

kemudian bertanya kepada allah, Bapa Yang Kekal, dalam nama Kristus 

apakah kitab ini benar. Mereka yang menuruti cara ini dan bertanya dalam 

iman akan memperoleh kesaksian akan kebenaran dan keilahiannya melalui 

kuasa roh Kudus. (Lihat Moroni 10:3–5.)

Mereka yang memperoleh kesaksian ilahi ini dari roh Kudus akan  

juga mengetahui melalui kuasa yang sama bahwa Yesus Kristus yaitu   

Juruselamat dunia, bahwa Joseph Smith yaitu  pewahyu dan nabi-nya 

pada zaman terakhir ini, dan bahwa gereja Yesus Kristus dari orang-orang 

Suci Zaman akhir yaitu  kerajaan tuhan yang sekali lagi ditegakkan di atas 

bumi, sebagai persiapan untuk kedatangan kedua Mesias.

vi

KeSaKSian tiga SaKSi

Dipermaklumkan kepada segala bangsa, kaum, bahasa, dan khalayak, ke-

pada siapa pekerjaan ini akan datang: Bahwa kami, melalui kasih karunia  

allah Bapa, dan tuhan kita Yesus Kristus, telah melihat lempengan-lem-

pengan yang memuat catatan ini, yang yaitu  catatan dari orang-orang nefi, 

dan juga orang-orang Laman, saudara-saudara mereka, dan juga orang-orang 

Yared, yang datang dari menara yang mengenainya telah dibicarakan. Dan 

kami juga mengetahui bahwa itu telah diterjemahkan melalui karunia dan  

kuasa allah, karena suara-nya telah memaklumkannya kepada kami; kare-

nanya kami tahu dengan suatu kepastian bahwa pekerjaan ini yaitu  benar. 

Dan kami juga bersaksi bahwa kami telah melihat ukiran yang ada di atas 

lempengan-lempengan itu; dan itu telah diperlihatkan kepada kami melalui 

kuasa dari allah, dan bukan dari manusia. Dan kami memaklumkan dengan 

perkataan kesungguhan, bahwa seorang malaikat allah turun dari surga, 

dan dia membawa dan meletakkan di hadapan mata kami, sehingga kami 

melihat dan menyaksikan lempengan-lempengan itu, dan ukiran di atasnya; 

dan kami tahu bahwa yaitu  melalui kasih karunia allah Bapa, dan tuhan 

kita Yesus Kristus, sehingga kami melihat dan memberikan kesaksian bahwa 

hal-hal ini yaitu  benar. Dan itu yaitu  menakjubkan di mata kami. Wa-

laupun demikian, suara tuhan memerintahkan kami agar kami hendaknya 

memberikan kesaksian tentangnya; karenanya, untuk patuh pada perintah-

perintah allah, kami memberikan kesaksian tentang hal-hal ini. Dan kami  

tahu bahwa jika kami setia kepada Kristus, kami akan membersihkan pakai an 

kami dari darah semua orang, dan didapati tanpa noda di hadapan kursi 

penghakiman Kristus, dan akan berdiam bersama-nya secara kekal di dalam 

surga. Dan kehormatan yaitu  kepada Bapa, dan kepada Putra, dan kepada 

roh Kudus, yang yaitu  satu allah. amin.

vii

oliver Cowdery

David Whitmer

Martin Harris

KeSaKSian DeLaPan SaKSi

Dipermaklumkan kepada segala bangsa, kaum, bahasa, dan khalayak, ke-

pada siapa pekerjaan ini akan datang: Bahwa Joseph Smith, Jun., penerjemah 

pekerjaan ini, telah memperlihatkan kepada kami lempengan-lempengan 

yang mengenainya telah dibicarakan, yang memiliki tampilan dari emas; 

dan sebanyak lembaran yang telah Smith tersebut terjemahkan kami pegang 

dengan tangan kami; dan kami juga melihat ukiran di atasnya, yang selu-

ruhnya memiliki tampilan pekerjaan kuno, dan pengerjaan yang rumit. Dan 

ini kami berikan kesaksian dengan perkataan kesungguhan, bahwa Smith 

tersebut telah memperlihatkan kepada kami, karena kami telah melihat dan 

menimang, dan mengetahui dengan suatu kepastian bahwa Smith tersebut 

memiliki lempengan-lempengan yang mengenainya telah kami bicarakan. 

Dan kami memberikan nama kami kepada dunia, untuk bersaksi kepada  

dunia apa yang telah kami lihat. Dan kami tidak berdusta, allah memberikan 

kesaksian tentangnya.

viii

Christian Whitmer

Jacob Whitmer

Peter Whitmer, Jun.

John Whitmer

Hiram Page

Joseph Smith, Sen.

Hyrum Smith

Samuel H. Smith

KeSaKSian naBi JoSePH SMitH

Perkataan nabi Joseph Smith sendiri tentang tampilnya Kitab Mormon 

yaitu :

“Pada malam … tanggal dua puluh satu September [1823] … aku membawa 

diriku ke dalam doa dan permohonan kepada allah Yang Mahakuasa. …

“Saat aku demikian dalam tindakan meminta kepada allah, aku melihat 

seberkas cahaya yang tampak di dalam ruanganku, yang terus meningkat 

sampai ruangan itu lebih terang daripada saat tengah hari, ketika dengan se-

gera suatu sosok menampakkan diri di sisi pembaringanku, berdiri di udara, 

karena kakinya tidak menyentuh lantai.

“Dia mengenakan jubah longgar yang paling hebat putihnya. Putihnya 

melampaui apa pun yang duniawi yang pernah aku lihat; tidak juga aku 

percaya bahwa apa pun yang duniawi dapat dibuat untuk tampak demikian 

amat putih dan gemerlap. tangannya telanjang, dan lengannya juga, sedikit 

di atas pergelangan tangan; demikian, juga, kakinya telanjang, seperti halnya 

tungkainya, sedikit di atas pergelangan kaki. Kepala dan lehernya juga ter-

buka. aku dapat melihat bahwa dia tidak mengenakan pakaian lain selain 

jubah ini, karena terbuka, sehingga aku dapat melihat ke arah dadanya.

“Bukan saja jubahnya amat putih, tetapi seluruh sosoknya mulia melam-

paui uraian, dan air mukanya benar-benar bagaikan kilat. ruangan itu amat 

terang, tetapi tidak demikian sangat cemerlangnya seperti langsung di seki-

tar sosoknya. Ketika aku pertama memandangnya, aku takut; tetapi rasa ta-

kut itu segera meninggalkanku.

“Dia memanggilku dengan nama, dan berkata kepadaku bahwa dia ada-

lah seorang utusan yang diutus dari hadirat allah kepadaku, dan bahwa 

namanya yaitu  Moroni; bahwa allah memiliki suatu pekerjaan untuk aku 

lakukan; dan bahwa namaku akan dikenal dengan baik dan jahat di antara 

segala bangsa, kaum, dan bahasa, atau bahwa itu akan secara baik maupun 

jahat dibicarakan di antara semua orang.

“Dia mengatakan ada sebuah kitab tersimpan, ditulis di atas lempengan-

lempengan emas, memberikan sebuah laporan tentang penghuni terdahulu 

benua ini, dan sumber dari mana mereka terlahirkan. Dia juga mengatakan 

bahwa kegenapan injil abadi termuat di dalamnya, sebagaimana disampai-

kan oleh Juruselamat kepada penghuni zaman dahulu;

“Juga, bahwa ada dua batu pada bingkai lengkung perak—dan batu-batu 

ini, diikatkan pada sebuah lempengan dada, merupakan apa yang disebut 

urim dan tumim—tersimpan bersama lempengan-lempengan; dan kepemi-

likan dan penggunaan batu-batu ini yaitu  yang menjadikan Pelihat pada  

zaman kuno atau terdahulu; dan bahwa allah telah mempersiapkannya  

untuk tujuan menerjemahkan kitab itu.

*  *  *  *  *  *  *

“Lagi, dia memberi tahu aku, bahwa ketika aku memperoleh lempengan-

lempengan itu yang mengenainya telah dia bicarakan—karena waktu ketika 

ix

itu akan didapatkan belum digenapi—aku hendaknya tidak memperlihat-

kannya kepada siapa pun; tidak juga lempengan dada itu bersama urim dan 

tumim; selain kepada mereka kepada siapa aku akan diperintahkan untuk  

memperlihatkannya; jika aku melakukannya aku akan dihancurkan. Semen-

tara dia sedang bercakap-cakap denganku tentang lempengan-lempeng an 

itu, penglihatan dibukakan pada pikiranku sehingga aku dapat melihat tem-

pat di mana lempengan-lempengan itu tersimpan, dan itu dengan sedemi-

kian jelas dan terangnya sehingga aku mengenali tempat itu lagi ketika aku 

mengunjunginya.

“Setelah komunikasi ini, aku melihat cahaya di dalam ruangan mulai ber-

kumpul dengan segera di sekitar sosok dari dia yang telah berbicara kepa-

daku, dan itu berlanjut demikian sampai ruangan ditinggalkan gelap lagi, 

kecuali tepat di sekitarnya; ketika, dengan sekejap aku melihat, seakan-akan, 

suatu lorong terbuka secara langsung ke dalam surga, dan dia naik sampai 

dia sama sekali menghilang, dan ruangan ditinggalkan seperti sebelum ca-

haya surgawi ini membuat penampakannya.

“aku berbaring termenung akan keganjilan pemandangan itu, dan ter-

amat takjub pada apa yang telah diberitahukan kepadaku oleh utusan yang 

luar biasa ini; ketika, di tengah meditasiku, aku dengan tiba-tiba mendapati 

bahwa ruanganku mulai lagi menjadi diterangi, dan dalam sekejap, seakan-

akan, utusan surgawi yang sama berada lagi di dekat sisi pembaringanku.

“Dia memulai, dan kembali menuturkan hal-hal yang persis sama yang 

telah dia lakukan pada kunjungannya yang pertama, tanpa perbedaan sedi-

kit pun; yang setelah dilakukan, dia memberi tahu aku tentang penghakiman 

besar yang akan datang ke atas bumi, dengan kemusnahan hebat melalui 

bencana kelaparan, pedang, dan sampar; dan bahwa penghakiman yang me-

milukan ini akan datang ke atas bumi pada angkatan ini. Setelah menuturkan 

hal-hal ini, dia naik lagi seperti yang telah dia lakukan sebelumnya.

“Pada waktu ini, sedemikian dalamnya kesan yang dibuat dalam piki-

ranku, sehingga keinginan tidur telah lenyap dari mataku, dan aku ber ba-

ring diliputi ketercengangan pada apa yang telah aku lihat maupun juga 

dengar. tetapi alangkah terkejutnya aku ketika aku melihat lagi utusan yang 

sama di sisi pembaringanku, dan mendengar dia menceritakan kembali atau 

mengulangi sekali lagi kepadaku apa yang sama seperti sebelumnya; dan 

menambahkan suatu peringatan kepadaku, memberi tahu aku bahwa Setan 

akan mencoba untuk menggodaku (sebagai akibat dari keadaan melarat ke-

luarga ayahku), untuk memperoleh lempengan-lempengan itu untuk tujuan  

menjadi kaya. ini dia larang aku, mengatakan bahwa aku mesti tidak memiliki 

sasaran lain dalam pandangan dalam memperoleh lempengan-lempeng an 

itu selain untuk memuliakan allah, dan mesti tidak dipengaruhi oleh motif 

lain apa pun selain untuk membangun kerajaan-nya; jika tidak aku tidak  

dapat memperolehnya.

“Setelah kunjungan ketiga ini, dia kembali naik ke dalam surga seperti 

sebelumnya, dan aku ditinggalkan lagi untuk merenung tentang keanehan 

dari apa yang baru saja telah aku alami; ketika hampir segera setelah utusan 

x

surgawi itu naik dariku untuk ketiga kalinya, ayam jantan berkokok, dan aku 

mendapati bahwa siang sedang menghampiri, sehingga pembahasan kami 

mestilah telah memakan waktu seluruh malam itu.

“aku tak lama setelah itu bangkit dari pembaringanku, dan, seperti 

bia sa, pergi pada kerja yang perlu pada hari itu; tetapi, saat berusaha untuk  

bekerja seperti pada waktu-waktu yang lain, aku mendapati kekuatanku  

demikian terkuras sehingga menjadikanku sama sekali tak sanggup. ayahku,  

yang sedang bekerja bersamaku, menemukan sesuatu yang tidak beres 

de nganku, dan memberi tahu aku untuk pulang ke rumah. aku mulai 

de ngan maksud untuk pulang ke rumah; tetapi, dalam berusaha untuk me-

nyeberangi pagar dari ladang di mana kami berada, kekuatanku sama sekali  

gagal menopangku, dan aku jatuh tak berdaya di atas tanah, dan untuk  

sesaat sungguh tidak sadar tentang apa pun.

“Hal pertama yang dapat aku ingat kembali yaitu  sebuah suara yang 

berbicara kepadaku, memanggilku dengan nama. aku menengadah, dan 

melihat utusan yang sama berdiri di atas kepalaku, dikelilingi oleh cahaya 

seperti sebelumnya. Dia kemudian menuturkan lagi kepadaku semua yang 

telah dia tuturkan kepadaku malam sebelumnya, dan memerintahkanku un-

tuk pergi kepada ayahku dan menceritakan kepadanya tentang penglihatan 

dan perintah-perintah yang telah aku terima.

“aku patuh; aku kembali kepada ayahku di ladang, dan menceritakan 

kembali seluruh masalah kepadanya. Dia menyahutiku bahwa itu dari  

allah, dan memberi tahu aku untuk pergi dan melakukan sebagaimana dipe-

rintahkan oleh utusan itu. aku meninggalkan ladang, dan pergi ke tempat di 

mana utusan itu telah memberi tahu aku lempengan-lempengan itu tersim-

pan; dan disebabkan oleh jernihnya penglihatan yang telah aku peroleh me-

ngenainya, aku mengenali tempat itu seketika aku tiba di sana.

“tidak jauh dari desa Manchester, ontario County, new York, ada sebuah 

bukit berukuran cukup besar, dan paling tinggi dari apa pun di lingkungan 

itu. Pada sisi barat bukit ini, tidak jauh dari puncaknya, di bawah sebuah 

batu berukuran cukup besar, terletak lempengan-lempengan itu, disimpan 

di dalam sebuah kotak batu. Batu ini tebal dan membulat di tengah pada sisi  

atasnya, dan menipis ke arah pinggirnya, sehingga bagian tengah darinya 

kelihatan di atas tanah, tetapi pinggirnya di seputarnya tertutup dengan 

tanah.

“Setelah menyingkirkan tanah, aku mendapatkan sebuah pengungkit, 

yang aku pasang di bawah pinggiran batu itu, dan dengan sedikit pengerah an 

upaya mengangkatnya. aku melihat ke dalam, dan di sana memang aku  

melihat lempengan-lempengan itu, urim dan tumim, dan lempengan 

dada, sebagaimana dinyatakan oleh utusan itu. Kotak yang di dalamnya itu  

terletak dibentuk dengan meletakkan batu-batu bersama dalam sejenis  

semen. Di bagian terbawah kotak diletakkan dua batu menyilangi kotak itu,  

dan pada batu-batu ini terletak lempengan-lempengan itu dan benda-benda  

lain bersamanya.

“aku membuat upaya untuk mengeluarkannya, tetapi dilarang oleh 

utus an itu, dan diberi tahu lagi bahwa waktu untuk menampilkannya 

xi

belumlah tiba, tidak juga akan, sampai empat tahun sejak waktu itu; tetapi 

dia memberi tahu aku bahwa aku hendaknya datang ke tempat itu tepat  

dalam satu tahun sejak waktu itu, dan bahwa dia di sana akan bertemu  

denganku, dan bahwa aku mesti melanjutkan untuk melakukannya sampai 

waktunya akan tiba untuk mendapatkan lempengan-lempengan itu.

“Sesuai dengan itu, sebagaimana aku telah diperintahkan, aku pergi pada 

akhir tiap tahun, dan pada tiap kalinya aku menemukan utusan yang sama 

di sana, dan menerima petunjuk dan kecerdasan darinya pada tiap pemba-

hasan kami, perihal apa yang akan tuhan lakukan, dan bagaimana dan  

dengan cara apa kerajaan-nya mesti dipandu pada zaman terakhir.

*  *  *  *  *  *  *

“Pada akhirnya waktunya tiba untuk mendapatkan lempengan-

lempeng an, urim dan tumim, dan lempengan dada itu. Pada hari kedua  

puluh dua bulan September, seribu delapan ratus dan dua puluh tujuh,  

setelah pergi seperti biasa pada akhir tahun yang lain ke tempat di mana itu 

disimpan, utusan surgawi yang sama menyerahkannya kepadaku dengan 

tanggung jawab ini: bahwa aku mesti bertanggung jawab atasnya; bahwa jika 

aku akan membiarkannya lepas dengan sembrono, atau melalui kelalaian 

apa pun dariku, aku akan disingkirkan; tetapi bahwa jika aku akan meng-

gunakan segala ikhtiarku untuk melindunginya, sampai dia, utusan itu, akan 

datang mengambilnya, itu akan dilindungi.

“aku segera mendapati alasan mengapa aku telah menerima perintah-

perintah yang sedemikian ketatnya untuk menjaganya tetap aman, dan 

mengapa utusan itu berkata bahwa ketika aku telah melakukan apa yang  

dituntut dari tanganku, dia akan datang mengambilnya. Karena segera se-

telah diketahui bahwa aku memilikinya, pengerahan upaya yang paling 

dahsyat digunakan untuk memperolehnya dariku. Setiap tipu muslihat yang 

dapat diciptakan dikerahkan untuk tujuan itu. Penganiayaan menjadi lebih 

pahit dan hebat daripada sebelumnya, dan khalayak ramai berada dalam 

kesiagaan secara berkelanjutan untuk memperolehnya dariku jika mungkin. 

tetapi dengan kebijaksanaan allah, itu tetap aman dalam tanganku, sam-

pai aku telah merampungkan melaluinya apa yang dituntut dari tanganku.  

Ketika, menurut rencana, utusan itu datang mengambilnya, aku menyerah-

kannya kepadanya; dan dia memilikinya dalam tanggung jawabnya sampai 

hari ini, hari kedua bulan Mei, seribu delapan ratus dan tiga puluh delapan.

untuk catatan yang lengkap, lihat Joseph Smith—Sejarah, dalam Mutia ra 

yang Sangat Berharga, dan History of The Church of Jesus Christ of Latter-day  

Saints (Sejarah gereja Yesus Kristus dari orang-orang Suci Zaman akhir), 

jilid 1, bab 1 sampai 6.

Catatan kuno itu yang demikian ditampilkan dari bumi bagaikan suara 

orang-orang yang berbicara dari debu, dan diterjemahkan ke dalam bahasa 

modern oleh karunia dan kuasa allah seperti dipersaksikan oleh penandasan 

ilahi, pertama kali diterbitkan bagi dunia dalam bahasa inggris pada tahun 

1830 sebagai the Book of Mormon.

xii

PenJeLaSan SingKat tentang  

Kitab Mormon

Kitab Mormon yaitu  sebuah catatan sakral tentang orang-orang di amerika 

kuno, dan diukir di atas lembaran-lembaran logam. empat jenis lempengan 

logam dibicarakan dalam kitab itu sendiri:

 1. Lempengan-Lempengan Nefi, yang terdiri dari dua jenis: Lempengan-Lem-

pengan Kecil dan Lempengan-Lempengan Besar. Yang terdahulu lebih 

terutama dibaktikan pada masalah rohani dan pelayanan dan ajaran para  

nabi, sementara yang belakangan sebagian besar diisi oleh sejarah dunia wi 

tentang orang-orang yang terkait (1 nefi 9:2–4). Sejak zaman Mosia,  

meskipun demikian, lempengan-lempengan besar juga memasukkan  

butir-butir dengan kepentingan rohani yang utama.

 2. Lempengan-Lempengan Mormon, yang terdiri dari sebuah ringkasan oleh 

Mormon dari Lempengan-Lempengan Besar nefi, dengan banyak ulasan. 

Lempengan-lempengan ini juga memuat kelanjutan sejarah oleh Mormon 

dan tambahan oleh putranya Moroni.

 3. Lempengan-Lempengan Eter, yang menyajikan sejarah orang-orang Yared. 

Catatan ini diringkas oleh Moroni, yang menyisipkan ulasannya sendiri 

dan menggabungkan catatan itu dengan sejarah umum di bawah judul 

“Kitab eter.”

 4. Lempengan-Lempengan dari Kuningan dibawa oleh orang-orang Lehi dari 

Yerusalem pada tahun 600 SM. ini memuat “lima kitab Musa, … Dan juga 

sebuah catatan tentang orang-orang Yahudi dari awal, … hingga ke per-

mulaan pemerintahan Zedekia, raja Yehuda; Dan juga nubuat-nubuat para  

nabi kudus” (1 nefi 5:11–13). Banyak kutipan dari lempengan-lempengan 

ini, mengutip Yesaya dan para nabi lain dalam alkitab dan yang bukan 

dalam alkitab, tampak dalam Kitab Mormon.

Kitab Mormon tersusun dari lima belas bagian atau pembagian utama,  

dikenal, dengan satu perkecualian, sebagai kitab-kitab, masing-masing ditan-

dai dengan nama penulis utamanya. Bagian pertama (enam kitab pertama, 

berakhir dengan omni) yaitu  terjemahan dari Lempengan-Lempengan  

Kecil nefi. antara kitab omni dan Mosia ada sisipan yang disebut Kata-Kata  

Mormon. Sisipan ini menghubungkan catatan yang terukir di atas  

Lempeng an-Lempengan Kecil dengan ringkasan Mormon dari Lempengan-

Lempeng an Besar.

Bagian terpanjang, dari Mosia sampai Mormon, sampai dengan pasal 7, 

yaitu  terjemahan ringkasan Mormon dari Lempengan-Lempengan Besar 

nefi. Bagian kesimpulan, dari Mormon, pasal 8, sampai akhir dari jilid ini, 

xiii

diukir oleh putra Mormon, Moroni, yang, setelah menyelesaikan catatan  

kehidupan ayahnya, membuat ringkasan dari catatan orang-orang Yared  

(sebagai Kitab eter) dan kemudian menambahkan bagian-bagian yang  

dikenal sebagai Kitab Moroni.

Pada atau kira-kira tahun 421 M, Moroni, nabi-sejarawan terakhir orang 

nefi, memeteraikan catatan sakral itu dan menyembunyikannya bagi tuhan, 

untuk ditampilkan pada zaman akhir, sebagaimana diramalkan oleh sua ra 

allah melalui para nabi-nya zaman dahulu. Pada tahun 1823 M, Moroni 

yang sama ini, pada waktu itu sosok yang dibangkitkan, mengunjungi nabi 

Joseph Smith dan sesudah itu menyerahkan lempengan-lempengan berukir 

itu kepadanya.

Tentang edisi ini: Beberapa kekhilafan kecil dalam teks telah terulang pada 

edisi-edisi lalu dari Kitab Mormon yang diterbitkan dalam bahasa inggris. 

edisi ini memuat koreksi yang tampaknya pantas untuk membawa materi 

tersebut ke dalam kesepadanan dengan naskah-naskah sebelum penerbitan 

dan edisi-edisi terdahulu yang disunting oleh nabi Joseph Smith.

xiv

naMa Dan urutan KitaB-KitaB DaLaM  

Kitab Mormon

Nama Halaman

Kitab nefi Pertama    .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .    1

Kitab nefi Kedua      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .  78

Kitab Yakub  .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 174

Kitab enos    .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 202

Kitab Yarom .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 205

Kitab omni   .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 208

Kata-Kata Mormon   .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 212

Kitab Mosia  .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 215

Kitab alma    .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 310

Kitab Helaman    .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 564

nefi Ketiga    .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 624

nefi Keempat      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 713

Kitab Mormon    .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 718

Kitab eter      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 747

Kitab Moroni       .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      .      . 795

xv


   Kitab Nefi Pertama

PemeriNtahaN daN PelayaNaNNya

Sebuah laporan tentang lehi dan istrinya Saria, dan keempat putranya, 

yang disebut, (mulai dari yang tertua) laman, lemuel, Sam, dan Nefi. 

tuhan memperingatkan lehi untuk berangkat dari tanah yerusalem, 

karena dia bernubuat kepada orang-orang mengenai kedurhakaan me-

reka dan mereka berupaya menghancurkan hidupnya. dia mengada-

kan perjalanan tiga hari ke padang belantara bersama keluarganya. 

Nefi membawa kakak-kakaknya dan kembali ke tanah yerusalem un-

tuk mendapatkan catatan tentang orang-orang yahudi. laporan tentang 

penderitaan mereka. mereka mengambil para putri ismael menjadi is-

tri. mereka membawa keluarga mereka dan berangkat ke padang be-

lantara. Penderitaan dan kesengsaraan mereka di padang belantara. 

lintasan perjalanan mereka. mereka datang ke perairan luas. Kakak-

kakak Nefi memberontak terhadapnya. dia mempermalukan mereka, 

dan membangun sebuah kapal. mereka menyebut nama tempat itu Ke-

limpahan. mereka menyeberangi perairan luas ke tanah yang dijanji-

kan, dan seterusnya. ini yaitu  menurut laporan Nefi; atau dengan 

perkataan lain, aku, Nefi, menulis catatan ini.

PaSal 1

Nefi memulai catatan tentang bang-

sanya—Lehi melihat dalam pengli-

hatan suatu tiang api dan membaca 

dari kitab nubuat— Dia memuji 

Allah, meramalkan kedatangan 

Mesias, dan menubuatkan kehan-

curan Yerusalem—Dia dianiaya 

oleh orang-orang Yahudi. Kira-kira 

tahun 600 SM.

AKu, a Nefi, telah dilahirkan dari b orang tua yang c baik, 

oleh karena itu aku d diajar sedikit 

dengan segala pembelajaran 

ayahku; dan telah melihat banyak 

e kesengsaraan dalam perjalanan 

hidupku, walaupun demikian, te-

lah sangat berkenan bagi tuhan 

di sepanjang hidupku; ya, te-

lah memiliki pengetahuan besar  

tentang kebaikan dan f misteri 

allah, oleh karena itu aku mem-

buat sebuah g catatan tentang tin-

dakan-tindakanku pada masa 

hidupku.

2 ya, aku membuat sebuah ca-

tatan dalam a bahasa ayahku, 

yang terdiri dari pembelajaran 

1 1 a PtS Nefi, Putra lehi.

  b a&P 68:25, 28. 

PtS Orang tua.

  c ams. 22:1.

  d enos 1:1;  

mosia 1:2–3. 

PtS mengajar.

  e PtS Kemalangan.

  f PtS misteri allah.

  g PtS tulisan Suci.

 2 a mosia 1:2–4;  

morm. 9:32–33.

21 Nefi 1:3–12

orang yahudi dan bahasa orang 

mesir.

3 dan aku tahu bahwa ca-

tatan yang aku buat yaitu  

a benar; dan aku membuatnya 

dengan tanganku sendiri; dan 

aku membuatnya menurut pe-

ngetahuanku.

4 Karena terjadilah pada permu-

laan a tahun pertama masa peme-

rintahan b Zedekia, raja yehuda, 

(ayahku, lehi, telah berdiam di 

c yerusalem di sepanjang hidup-

nya); dan pada tahun yang sama 

itu datanglah banyak d nabi, ber-

nubuat kepada orang-orang 

bahwa mereka mesti bertobat, 

atau kota besar e yerusalem mesti 

dihancurkan.

5 Karenanya terjadilah bahwa 

ayahku, a lehi, sewaktu dia pergi, 

berdoa kepada tuhan, ya, bahkan 

dengan segenap b hatinya, demi 

kepentingan bangsanya.

6 dan terjadilah sewaktu dia 

berdoa kepada tuhan, datanglah 

suatu a tiang api dan berdiam di 

atas batu karang di hadapannya; 

dan dia melihat dan mendengar 

banyak; dan karena apa yang dia 

lihat dan dengar dia amat ber-

guncang dan gemetar.

7 dan terjadilah bahwa dia 

kembali ke rumahnya sendiri di 

yerusalem; dan dia melemparkan 

dirinya ke atas tempat tidurnya, 

karena a dikuasai oleh roh dan 

apa yang telah dia lihat.

8 dan demikian dikuasai oleh 

roh, dia dibawa pergi dalam su-

atu a penglihatan, bahkan hingga 

dia melihat b langit terbuka, dan 

dia berpikir dia melihat allah 

duduk di atas takhta-Nya, dike-

lilingi oleh sekumpulan besar 

malaikat yang tak terbilang jum-

lahnya dalam sikap bernyanyi 

dan memuji allah mereka.

9 dan terjadilah bahwa dia me-

lihat Seseorang turun dari tengah 

langit dan dia melihat bahwa  

a kilau-Nya melebihi yang dari 

matahari pada tengah hari.

10 dan dia juga melihat a dua  

belas lainnya mengikuti-Nya, 

dan kecemerlangan mereka me-

lampaui yang dari bintang-bin-

tang di cakrawala.

11 dan mereka turun dan pergi 

ke atas muka bumi; dan yang 

pertama datang dan berdiri di 

hadapan ayahku, dan membe-

rikan kepadanya sebuah a kitab, 

dan meminta kepadanya agar 

hendaknya dia membaca.

12 dan terjadilah bahwa se-

 3 a 1 Ne. 14:30;  

mosia 1:6;  

eter 5:1–3; a&P 17:6.

 4 a PtS Kronologi— 

598 Sm.

  b 2 taw. 36:10; yer. 

52:3–5; Omni 1:15.

  c 1 taw. 9:3.

  d 2 raj. 17:13–15; 

2 taw. 36:15–16;  

yer. 7:25–26. 

PtS Nabi.

  e yer. 26:18; 2 Ne. 1:4; 

hel. 8:20.

 5 a PtS lehi, ayah dari 

Nefi.

  b yak. 5:16.

 6 a Kel. 13:21;  

hel. 5:24, 43;  

a&P 29:12;  

JS—S 1:16.

 7 a dan. 10:8; 1 Ne. 

17:47; musa 1:9–10; 

JS—S 1:20.

 8 a 1 Ne. 5:4. 

PtS Penglihatan.

  b yeh. 1:1; Kis. 

7:55–56; 1 Ne. 11:14;  

hel. 5:45–49;  

a&P 137:1.

 9 a JS—S 1:16–17.

 10 a PtS rasul.

 11 a yeh. 2:9.

3 1 Nefi 1:13–18

waktu dia membaca, dia dipe-

nuhi dengan a roh tuhan.

13 dan dia membaca, menga-

takan: Celakalah, celakalah, 

yerusalem, karena aku telah 

melihat a kekejianmu! ya, dan ba-

nyak hal yang ayahku baca me-

ngenai b yerusalem—bahwa itu 

akan dihancurkan, dan penghu-

ninya; banyak yang akan binasa 

dengan pedang, dan banyak yang 

akan c dibawa pergi tertawan ke 

Babilon.

14 dan terjadilah bahwa ketika 

ayahku telah membaca dan me-

lihat banyak hal yang besar dan 

menakjubkan, dia menyerukan 

banyak hal kepada tuhan; se-

perti: Besar dan menakjubkanlah 

pekerjaan-mu, ya tuhan allah 

yang mahakuasa! takhta-mu 

tinggi di langit, dan kuasa, dan 

kebaikan, dan belas kasihan-mu 

ada di atas seluruh penghuni 

bumi; dan, karena engkau pe-

nuh belas kasihan, engkau tidak 

akan membiarkan mereka yang 

a datang kepada-mu bahwa me-

reka akan binasa!

15 dan menurut cara inilah ba-

hasa ayahku dalam pemujian 

bagi allahnya; karena jiwanya 

bersukacita, dan segenap hatinya 

dipenuhi, karena apa yang telah 

dia lihat, ya, yang telah tuhan 

perlihatkan kepadanya.

16 dan sekarang, aku, Nefi, ti-

dak membuat laporan lengkap 

tentang apa yang telah ayahku 

tulis, karena dia telah menulis-

kan banyak hal yang dia lihat 

dalam penglihatan dan dalam 

mimpi; dan dia juga telah menu-

liskan banyak hal yang dia a nu-

buatkan dan ucapkan kepada 

anak-anaknya, yang mengenai-

nya aku tidak akan membuat  

laporan yang lengkap.

17 tetapi aku akan membuat 

laporan tentang tindakan-tin-

dakanku pada masa hidupku. 

lihatlah, aku membuat sebuah 

a ringkasan b catatan ayahku, di 

atas lempengan-lempengan yang 

telah aku buat dengan tanganku 

sendiri; karenanya, setelah aku 

meringkas catatan ayahku ke-

mudian akan aku buat sebuah 

laporan tentang kehidupanku 

sendiri.

18 Oleh karena itu, aku meng-

hendaki agar kamu hendaknya 

mengetahui, bahwa setelah tuhan 

memperlihatkan sedemikian ba-

nyaknya apa yang menakjubkan 

kepada ayahku, lehi, ya, me-

ngenai a kehancuran yerusalem, 

lihatlah dia pergi ke antara orang-

orang, dan mulai b bernubuat dan 

memaklumkan kepada mereka 

mengenai apa yang telah dia li-

hat maupun juga dengar.

 12 a a&P 6:15.

 13 a 2 raj. 24:18–20; 

2 taw. 36:14.

  b 2 raj. 23:27; 24:2;  

yer. 13:13–14;  

2 Ne. 1:4.

  c 2 raj. 20:17–18;  

2 Ne. 25:10;  

Omni 1:15.

 14 a alma 5:33–36;  

3 Ne. 9:14.

 16 a 1 Ne. 7:1.

 17 a 1 Ne. 9:2–5.

  b 1 Ne. 6:1–3; 19:1–6; 

2 Ne. 5:29–33;  

a&P 10:38–46.

 18 a 2 Ne. 25:9–10;  

a&P 5:20.

  b PtS Nubuat.

41 Nefi 1:19–2:4

19 dan terjadilah bahwa orang-

orang yahudi a mengejeknya ka-

rena apa yang dia persaksikan 

tentang mereka; karena dia be-

nar-benar bersaksi tentang ke-

jahatan mereka dan kekejian 

mereka; dan dia bersaksi bahwa 

apa yang dia lihat dan dengar, 

dan juga apa yang dia baca dalam 

kitab itu, menyatakan dengan 

gamblang tentang kedatangan 

seorang b mesias, dan juga pene-

busan dunia.

20 dan ketika orang-orang 

yahudi mendengar hal-hal ini 

mereka marah terhadapnya; ya, 

bahkan seperti terhadap para 

nabi zaman dahulu, yang telah 

mereka a usir, dan rajam, dan 

bunuh; dan mereka juga meng-

incar nyawanya, agar mereka 

boleh mengambilnya. tetapi li-

hatlah, aku, Nefi, akan memper-

lihatkan kepadamu bahwa b belas  

kasihan tuhan yang lembut ber-

ada di atas diri mereka semua 

yang telah dia pilih, karena 

iman mereka, untuk membuat 

mereka perkasa bahkan hingga 

kuasa pembebasan.

PaSal 2

Lehi membawa keluarganya ke pa-

dang belantara di dekat Laut Me-

rah—Mereka meninggalkan harta 

milik mereka—Lehi mempersem -

bahkan kurban kepada Tuhan dan 

mengajari para putranya untuk me-

naati perintah-perintah—Laman 

dan Lemuel menggerutu terhadap 

ayah mereka—Nefi patuh dan ber-

doa dalam iman; Tuhan berfirman 

kepadanya, dan dia dipilih untuk 

berkuasa atas diri kakak-kakaknya. 

Kira-kira 600 SM.

Karena lihatlah, terjadilah 

bahwa tuhan berfirman kepada 

ayahku, ya, bahkan dalam sebuah 

mimpi, dan berfirman kepada-

nya: diberkatilah engkau lehi, 

karena apa yang telah engkau 

lakukan; dan karena engkau te-

lah setia dan memaklumkan ke-

pada orang-orang ini apa yang 

aku perintahkan kepadamu, li-

hatlah, mereka berupaya untuk 

a mengambil nyawamu.

2 dan terjadilah bahwa tuhan 

a memerintahkan ayahku, bah-

kan dalam sebuah b mimpi, agar 

dia hendaknya c membawa ke-

luarganya dan berangkat ke pa-

dang belantara.

3 dan terjadilah bahwa dia 

a patuh pada firman tuhan, ka-

renanya dia melakukan se-

perti yang tuhan perintahkan 

kepadanya.

4 dan terjadilah bahwa dia be-

rangkat ke padang belantara. dan 

dia meninggalkan rumahnya, dan 

 19 a 2 taw. 36:15–16; yer. 

25:4; 1 Ne. 2:13; 7:14.

  b PtS mesias.

 20 a hel. 13:24–26.

  b alma 34:38;  

a&P 46:15.  

PtS Belas Kasihan.

2 1 a 1 Ne. 7:14.

 2 a 1 Ne. 5:8; 17:44.

  b PtS mimpi.

  c Kej. 12:1;  

2 Ne. 10:20;  

eter 1:42; abr. 2:3.

 3 a PtS Patuh, 

Kepatuhan.

5 1 Nefi 2:5–13

tanah warisannya, dan emasnya, 

dan peraknya, dan benda berhar-

ganya, dan tidak membawa apa 

pun bersamanya, kecuali kelu-

arganya, dan perbekalan, dan 

tenda, dan a berangkat ke padang 

belantara.

5 dan dia turun di perbatasan 

dekat pantai a laut merah; dan 

dia melakukan perjalanan di 

padang belantara di perbatasan 

yang lebih dekat laut merah; dan 

dia melakukan perjalanan di pa-

dang belantara bersama keluar-

ganya, yang terdiri dari ibuku, 

Saria, dan kakak laki-lakiku, 

yang yaitu  b laman, lemuel 

dan Sam.

6 dan terjadilah bahwa ketika 

dia telah melakukan perjalanan 

tiga hari di padang belantara, 

dia memancangkan tendanya 

di sebuah a lembah di sisi su-

ngai berair.

7 dan terjadilah bahwa dia 

membangun sebuah a altar dari 

b batu-batuan, dan membuat per-

sembahan kepada tuhan, dan 

c berterima kasih kepada tuhan 

allah kita.

8 dan terjadilah bahwa dia me-

nyebut nama sungai itu, laman, 

dan itu mengalir ke laut merah; 

dan lembah itu berada di perba-

tasan dekat muaranya.

9 dan ketika ayahku melihat 

bahwa air sungai itu mengalir 

ke sumber laut merah, dia ber-

bicara kepada laman, menga-

takan: ya agar engkau boleh 

seperti sungai ini, secara ber-

kelanjutan mengalir ke sumber 

segala kebenaran!

10 dan dia juga berbicara ke-

pada lemuel: ya agar engkau 

boleh seperti lembah ini, teguh 

dan tabah, dan tak tergoyahkan 

dalam menaati perintah-perin-

tah tuhan!

11 Sekarang, ini dia ucapkan 

karena kedegilan laman dan 

lemuel; karena lihatlah mereka 

a menggerutu dalam banyak hal 

terhadap b ayah mereka, karena 

dia yaitu  c orang yang cende-

rung berpenglihatan dan telah 

menuntun mereka keluar dari ta-

nah yerusalem, untuk meninggal-

kan tanah warisan mereka, dan 

emas mereka, dan perak mereka, 

dan benda berharga mereka, un-

tuk binasa di padang belantara. 

dan ini mereka katakan telah dia 

lakukan karena khayalan bodoh 

hatinya.

12 dan demikianlah laman dan 

lemuel, yang tertua, menggerutu 

terhadap ayah mereka. dan me-

reka menggerutu karena mereka 

a tidak mengetahui urusan dari 

allah itu yang telah mencipta-

kan mereka.

13 tidak juga mereka percaya 

bahwa yerusalem, kota besar 

 4 a 1 Ne. 10:4; 19:8.

 5 a 1 Ne. 16:14;  

a&P 17:1.

  b PtS laman.

 6 a 1 Ne. 9:1.

 7 a Kej. 12:7–8;  

Kel. 24:4; abr. 2:17.

  b Kel. 20:25;  

ul. 27:5–6.

  c PtS terima Kasih.

 11 a 1 Ne. 17:17. 

PtS menggerutu.

  b ams. 20:20.

  c 1 Ne. 5:2–4.

 12 a musa 4:6.

61 Nefi 2:14–22

itu, dapat a dihancurkan menu-

rut perkataan para nabi. dan me-

reka seperti orang-orang yahudi 

yang berada di yerusalem, yang 

berupaya mengambil nyawa 

ayahku.

14 dan terjadilah bahwa ayahku 

berbicara kepada mereka di lem-

bah lemuel, dengan a kuasa, 

karena dipenuhi dengan roh, 

sampai raga mereka b berguncang 

di hadapannya. dan dia mem-

permalukan mereka, sehingga 

mereka tidak berani bersuara me-

nentangnya; karenanya, mereka 

melakukan seperti yang dia pe-

rintahkan kepada mereka.

15 dan ayahku berdiam di se-

buah tenda.

16 dan terjadilah bahwa aku, 

Nefi, amatlah muda, walaupun 

demikian besar dalam pera-

wakan, dan juga memiliki hasrat 

yang besar untuk tahu tentang 

a misteri allah, karenanya, aku 

berseru kepada tuhan; dan li-

hatlah dia b mengunjungiku, dan 

c melunakkan hatiku sehingga 

aku d memercayai segala perka-

taan yang telah diucapkan oleh 

e ayahku; karenanya, aku tidak 

memberontak terhadapnya se-

perti kakak-kakakku.

17 dan aku berbicara kepada 

Sam, menyingkapkan kepadanya 

apa yang telah tuhan nyatakan 

kepadaku melalui roh Kudus-

Nya. dan terjadilah bahwa dia 

percaya kepada perkataanku.

18 tetapi, lihatlah, laman dan 

lemuel tidak mau menyimak 

perkataanku; dan a dipilukan 

karena kekerasan hati mereka 

aku berseru kepada tuhan bagi 

mereka.

19 dan terjadilah bahwa tuhan 

berfirman kepadaku, mengata-

kan: diberkatilah engkau, Nefi, 

karena a imanmu, karena engkau 

telah mencari-Ku dengan tekun, 

dengan kerendahan hati.

20 dan sejauh kamu akan mena-

ati perintah-perintah-Ku, kamu 

akan a makmur, dan akan ditun-

tun ke b tanah yang dijanjikan; ya, 

bahkan tanah yang telah aku per-

siapkan bagimu; ya, tanah yang 

yaitu  pilihan melebihi segala 

tanah yang lain.

21 dan sejauh kakak-kakakmu 

akan memberontak terhadap eng-

kau, mereka akan a disingkirkan 

dari hadirat tuhan.

22 dan sejauh engkau akan 

menaati perintah-perintah-Ku, 

engkau akan dijadikan a pengu-

asa dan pengajar atas kakak-

kakakmu.

 13 a yer. 13:14;  

1 Ne. 1:13.

 14 a PtS Kuasa.

  b 1 Ne. 17:45.

 16 a PtS misteri allah.

  b mzm. 8:5;  

alma 17:10;  

a&P 5:16. 

PtS Wahyu.

  c 1 raj. 18:37;  

alma 5:7.

  d 1 Ne. 11:5.

  e PtS ayah; Nabi.

 18 a alma 31:24;  

3 Ne. 7:16.

 19 a 1 Ne. 7:12; 15:11.

 20 a yos. 1:7;  

1 Ne. 4:14;  

mosia 1:7.

  b ul. 33:13–16;  

1 Ne. 5:5; 7:13;  

musa 7:17–18.  

PtS tanah 

terjanjikan.

 21 a 2 Ne. 5:20–24;  

alma 9:13–15; 38:1.

 22 a Kej. 37:8–11;  

1 Ne. 3:29.

7 1 Nefi 2:23–3:7

23 Karena lihatlah, pada masa 

itu ketika mereka akan membe-

rontak terhadap-Ku, aku akan 

a mengutuk mereka bahkan de-

ngan kutukan yang parah, dan 

mereka tidak akan memiliki  

kuasa atas benih keturunanmu 

kecuali mereka akan memberon-

tak terhadap-Ku juga.

24 dan jika demikian halnya 

bahwa mereka memberontak 

terhadap-Ku, mereka akan men-

jadi a cambuk bagi benih ketu-

runanmu, untuk b menggugah 

mereka dengan jalan ingatan.

PaSal 3

Para putra Lehi kembali ke Yerusalem 

untuk mendapatkan lempeng-

an-lempengan dari kuningan—

Laban menolak untuk menyerahkan 

lempengan-lempengan itu—Nefi 

mendesak dan mendorong kakak-ka-

kaknya—Laban mencuri harta milik 

mereka dan berusaha untuk membu-

nuh mereka—Laman dan Lemuel 

menghantam Nefi dan Sam dan di-

tegur oleh seorang malaikat. Kira-

kira tahun 600 – 5 9 2 SM.

dan terjadilah bahwa aku, Nefi, 

kembali dari berbicara dengan 

tuhan, ke tenda ayahku.

2 dan terjadilah bahwa dia ber-

bicara kepadaku, mengatakan: 

lihatlah aku telah bermimpi 

sebuah a mimpi, yang di da-

lamnya tuhan telah memerin-

tahkanku bahwa engkau dan 

kakak-kakakmu akan kembali 

ke yerusalem.

3 Karena lihatlah, laban memi-

liki catatan tentang orang-orang 

yahudi dan juga a silsilah nenek 

moyangku, dan itu terukir di 

atas lempengan-lempengan dari 

kuningan.

4 Karenanya, tuhan telah me-

merintahkanku bahwa engkau 

dan kakak-kakakmu hendak-

nya pergi ke rumah laban, dan 

mengupayakan catatan-catatan 

itu, dan membawanya kemari 

ke padang belantara.

5 dan sekarang, lihatlah kakak-

kakakmu menggerutu, mengata-

kan yaitu  hal yang sukar yang 

telah aku tuntut dari mereka; te-

tapi lihatlah aku tidak menuntut-

nya dari mereka, tetapi itu yaitu  

perintah dari tuhan.

6 Oleh karena itu pergilah, put-

raku, dan engkau akan berkenan 

bagi tuhan, karena engkau a ti-

dak menggerutu.

7 dan terjadilah bahwa aku, 

Nefi, berkata kepada ayahku: 

aku a akan pergi dan melaku-

kan apa yang telah tuhan perin-

tahkan, karena aku tahu bahwa 

tuhan tidak memberikan b perin-

tah kepada anak-anak manusia, 

 23 a ul. 11:28;  

1 Ne. 12:22–23;  

a&P 41:1.

 24 a yos. 23:13;  

hak. 2:22–23.

  b 2 Ne. 5:25.

3 2 a PtS mimpi.

 3 a 1 Ne. 5:14.

 6 a PtS mendukung Pe-

mimpin Gereja.

 7 a 1 Sam. 17:32; 1 raj. 

17:11–15. PtS iman; 

Patuh, Kepatuhan.

  b PtS Perintah-Perin-

tah allah.

81 Nefi 3:8–18

kecuali dia akan c mempersiap-

kan jalan bagi mereka agar me-

reka boleh merampungkan apa 

yang dia perintahkan kepada 

mereka.

8 dan terjadilah bahwa ketika 

ayahku telah mendengar perka-

taan ini dia amat gembira, karena 

dia tahu bahwa aku telah diber-

kati oleh tuhan.

9 dan aku, Nefi, dan kakak-ka-

kakku mengadakan perjalanan 

kami di padang belantara, de-

ngan tenda kami, untuk pergi ke 

tanah yerusalem.

10 dan terjadilah bahwa ke-

tika kami telah pergi ke tanah 

yerusalem, aku dan kakak-ka-

kakku saling berembuk.

11 dan kami a mengundi—si-

apa dari antara kami yang akan 

pergi ke rumah laban. dan ter-

jadilah bahwa undian itu jatuh 

ke atas diri laman; dan laman 

pergi ke rumah laban, dan dia 

berbincang dengannya sewaktu 

dia duduk di rumahnya.

12 dan dia menghasratkan dari 

laban catatan-catatan yang teru-

kir di atas lempengan-lempengan 

dari kuningan, yang memuat  

a silsilah ayahku.

13 dan lihatlah, terjadilah bahwa 

laban marah, dan menyuruhnya 

pergi dari hadapannya; dan dia 

tidak mau bahwa dia akan mem-

peroleh catatan-catatan itu. Ka-

renanya, dia berkata kepadanya: 

lihatlah engkau yaitu  peram-

pok, dan aku akan membunuh 

engkau.

14 tetapi laman melarikan diri 

dari hadapannya, dan memberi-

tahukan apa yang telah laban la-

kukan, kepada kami. dan kami 

mulai amat penuh dukacita, dan 

kakak-kakakku hampir kem-

bali kepada ayahku di padang 

belantara.

15 tetapi lihatlah aku berkata 

kepada mereka bahwa: Sebagai-

mana tuhan hidup, dan seba-

gaimana kita hidup, kita tidak 

akan pergi kepada ayah kita di 

padang belantara sampai kita 

telah merampungkan apa yang 

telah tuhan perintahkan ke-

pada kita.

16 Karenanya, marilah kita setia 

dalam menaati perintah-perin-

tah tuhan; oleh karena itu mari-

lah kita pergi ke a tanah warisan 

ayah kita, karena lihatlah dia me-

ninggalkan emas dan perak, dan 

segala macam kekayaan. dan se-

muanya ini telah dia lakukan ka-

rena b perintah tuhan.

17 Karena dia tahu bahwa 

yerusalem mesti a dihancur-

kan, karena kejahatan orang-

orangnya.

18 Karena lihatlah, mereka telah 

a menolak perkataan para nabi. 

Karenanya, jika ayahku akan ber-

diam di tanah itu setelah dia b di-

perintahkan untuk melarikan diri 

 7 c Kej. 18:14; Flp. 4:13; 

1 Ne. 17:3, 50;  

a&P 5:34.

 11 a Neh. 10:34; Kis. 1:26.

 12 a 1 Ne. 3:3; 5:14.

 16 a 1 Ne. 2:4.

  b 1 Ne. 2:2; 4:34.

 17 a 2 taw. 36:16–20;  

yer. 39:1–9;  

1 Ne. 1:13.

 18 a PtS Pemberontakan.

  b 1 Ne. 16:8.

9 1 Nefi 3:19–29

dari tanah itu, lihatlah, dia juga 

akan binasa. Karenanya, mesti-

lah perlu bahwa dia melarikan 

diri dari tanah itu.

19 dan lihatlah, yaitu  kebijak-

sanaan di dalam allah bahwa kita 

hendaknya mendapatkan a ca-

tatan-catatan ini, agar kita bo-

leh memelihara bagi anak-anak 

kita bahasa leluhur kita;

20 dan juga agar kita boleh a me-

melihara bagi mereka perkataan 

yang telah diucapkan oleh mu-

lut semua nabi kudus, yang te-

lah disampaikan kepada mereka 

oleh roh dan kuasa allah, sejak 

dunia dimulai, bahkan hingga 

waktu sekarang ini.

21 dan terjadilah bahwa me-

nurut cara berbahasa ini aku 

membujuk kakak-kakakku, agar 

mereka boleh setia dalam mena-

ati perintah-perintah allah.

22 dan terjadilah bahwa kami 

pergi ke tanah warisan kami, dan 

kami mengumpulkan bersama 

a emas kami, dan perak kami, dan 

benda berharga kami.

23 dan setelah kami mengum-

pulkan benda-benda ini ber-

sama, kami pergi lagi ke rumah 

laban.

24 dan terjadilah bahwa kami 

pergi kepada laban, dan meng-

hasratkannya agar dia mau 

memberikan kepada kami ca-

tatan-catatan yang terukir di 

atas a lempengan-lempengan dari 

kuningan, yang untuknya kami 

akan memberikan kepadanya 

emas kami, dan perak kami, dan 

segala benda berharga kami.

25 dan terjadilah bahwa ketika 

laban melihat harta milik kami, 

dan bahwa itu amat banyak, dia 

a bernafsu terhadapnya, sedemi-

kian rupa sehingga dia menyu-

ruh kami pergi, dan mengutus 

para hambanya untuk membu-

nuh kami, agar dia boleh men-

dapatkan harta milik kami.

26 dan terjadilah bahwa kami 

melarikan diri dari hadapan para 

hamba laban, dan kami diwajib-

kan untuk meninggalkan harta 

milik kami, dan itu jatuh ke da-

lam tangan laban.

27 dan terjadilah bahwa kami 

melarikan diri ke padang belan-

tara, dan para hamba laban ti-

dak menyusul kami, dan kami 

menyembunyikan diri kami 

di dalam rongga sebuah batu 

karang.

28 dan terjadilah bahwa laman 

marah terhadapku, dan juga ter-

hadap ayahku; dan juga lemuel, 

karena dia menyimak perkataan 

laman. Karenanya laman dan 

lemuel mengucapkan banyak 

a perkataan keras kepada kami, 

adik-adik mereka, dan mereka 

menghantam kami bahkan de-

ngan sebuah tongkat.

29 dan terjadilah sewaktu me-

reka menghantam kami dengan 

 19 a Omni 1:17;  

mosia 1:2–6.

 20 a PtS tulisan Suci—

tulisan suci yang 

dilindungi.

 22 a 1 Ne. 2:4.

 24 a 1 Ne. 3:3.

 25 a PtS damba, 

mendambakan.

 28 a 1 Ne. 17:17–18. 

 

101 Nefi 3:30–4:4

tongkat, lihatlah, seorang a ma-

laikat tuhan datang dan ber-

diri di hadapan mereka, dan 

dia berbicara kepada mereka, 

mengatakan: mengapa kamu 

menghantam adikmu dengan 

tongkat? tidakkah kamu tahu 

bahwa tuhan telah memilihnya 

untuk menjadi b penguasa atas 

dirimu, dan ini karena kedurha-

kaanmu? lihatlah kamu hendak-

nya pergi ke yerusalem lagi, dan 

tuhan akan menyerahkan laban 

ke dalam tanganmu.

30 dan setelah a malaikat itu ber-

bicara kepada kami, dia pergi.

31 dan setelah malaikat itu 

pergi, laman dan lemuel mu-

lai lagi a menggerutu, mengata-

kan: Bagaimana mungkin bahwa 

tuhan akan menyerahkan laban 

ke dalam tangan kita? lihatlah, 

dia yaitu  pria yang perkasa, dan 

dia dapat memerintahkan lima 

puluh orang, ya, bahkan dia da-

pat membunuh lima puluh orang; 

maka mengapa tidak kita?

PaSal 4

Nefi membunuh Laban atas perin-

tah Tuhan dan kemudian meng-

amankan lempengan-lempengan 

dari kuningan melalui tipu mus-

lihat—Zoram memilih untuk ber-

gabung dengan keluarga Lehi di 

padang belantara. Kira-kira tahun 

600 – 5 9 2 SM.

dan terjadilah bahwa aku berbi-

cara kepada kakak-kakakku, me-

ngatakan: marilah kita pergi lagi 

ke yerusalem, dan marilah kita 

a setia dalam menaati perintah-

perintah tuhan; karena lihatlah 

dia lebih perkasa daripada selu-

ruh bumi, maka mengapa tidak 

b lebih perkasa daripada laban 

dan lima puluh orangnya, ya, 

atau bahkan daripada berlaksa-

laksa orangnya?

2 Oleh karena itu marilah kita 

pergi; marilah kita a kuat seperti 

b musa; karena dia benar-benar 

berbicara pada perairan c laut 

merah dan itu terbelah ke sana 

dan kemari, dan leluhur kita 

melewatinya, keluar dari pe-

nawanan, di atas tanah kering, 

dan pasukan Firaun mengikuti 

dan terbenam di dalam perairan 

laut merah.

3 Sekarang, lihatlah kamu tahu 

bahwa ini yaitu  benar; dan 

kamu juga tahu bahwa seorang 

a malaikat telah berbicara kepa-

damu; karenanya dapatkah kamu 

ragu? marilah kita pergi; tuhan 

sanggup membebaskan kita, 

bahkan seperti leluhur kita, dan 

menghancurkan laban, bahkan 

seperti orang-orang mesir.

4 Sekarang, ketika aku telah 

 29 a 1 Ne. 4:3; 7:10. 

PtS malaikat.

  b 1 Ne. 2:22.

 30 a 1 Ne. 16:38.

 31 a PtS menggerutu.

4 1 a PtS Berani, Kebera-

nian; iman.

  b 1 Ne. 7:11–12.

 2 a ul. 11:8.

  b PtS musa.

  c Kel. 14:21;  

1 Ne. 17:26;  

mosia 7:19.

 3 a 1 Ne. 3:29–31; 7:10. 

11 1 Nefi 4:5–14

mengucapkan perkataan ini, 

mereka masih geram, dan ma-

sih terus menggerutu; walaupun 

demikian mereka mengikutiku 

sampai kami tiba di luar tembok 

yerusalem.

5 dan itu pada malam hari; dan 

aku menyebabkan bahwa mereka 

menyembunyikan diri mereka di 

luar tembok itu. dan setelah me-

reka menyembunyikan diri me-

reka, aku, Nefi, menyelinap ke 

dalam kota dan pergi menuju 

rumah laban.

6 dan aku a dituntun oleh roh, 

b tidak mengetahui sebelum-

nya apa yang hendaknya aku 

lakukan.

7 Walaupun demikian aku pergi, 

dan sewaktu aku tiba di dekat ru-

mah laban aku melihat seorang 

pria, dan dia telah jatuh ke tanah 

di hadapanku, karena dia dima-

bukkan oleh air anggur.

8 dan ketika aku datang kepa-

danya aku mendapati bahwa itu 

yaitu  laban.

9 dan aku melihat a pedang-

nya, dan aku menariknya dari sa-

rungnya; dan pangkalnya yaitu  

dari emas murni, dan pengerja-

annya amat halus, dan aku meli-

hat bahwa mata pedangnya dari 

baja yang paling berharga.

10 dan terjadilah bahwa aku 

a didesak oleh roh bahwa aku 

hendaknya membunuh laban; 

tetapi aku berkata dalam hatiku: 

tidak pernah pada waktu kapan 

pun telah aku tumpahkan darah 

manusia. dan aku merasa ciut 

dan berkehendak agar aku bo-

leh tidak membunuhnya.

11 dan roh berkata kepadaku 

lagi: lihatlah a tuhan telah me-

nyerahkannya ke dalam ta-

nganmu. ya, dan aku juga tahu 

bahwa dia telah berupaya meng-

ambil nyawaku sendiri; ya, dan 

dia tidak mau menyimak pe-

rintah-perintah tuhan; dan dia 

juga telah b mengambil harta  

milik kami.

12 dan terjadilah bahwa roh 

berkata kepadaku lagi: Bu-

nuhlah dia, karena tuhan te-

lah menyerahkannya ke dalam 

tanganmu;

13 lihatlah tuhan a membu-

nuh yang b jahat untuk mewu-

judkan tujuan-Nya yang benar. 

yaitu  c lebih baik bahwa satu 

orang akan binasa daripada suatu 

bangsa akan merosot dan binasa 

dalam ketidakpercayaan.

14 dan sekarang, ketika aku, 

Nefi, telah mendengar per-

kataan ini, aku ingat firman 

tuhan yang dia firmankan ke-

padaku di padang belantara, 

mengatakan bahwa: a Sejauh be-

nih keturunanmu akan menaati 

 6 a PtS ilham; roh 

Kudus.

  b ibr. 11:8.

 9 a 2 Ne. 5:14;  

a&P 17:1.

 10 a alma 14:11.

 11 a 1 Sam. 17:41–49.

  b 1 Ne. 3:26.

 13 a 1 Ne. 17:33–38;  

a&P 98:31–32.

  b PtS Jahat, 

Kejahatan.

  c alma 30:47.

 14 a Omni 1:6;  

mosia 2:22;  

eter 2:7–12. 

 

121 Nefi 4:15–27

b perintah-perintah-Ku, mereka 

akan c makmur di d tanah yang 

dijanjikan.

15 ya, dan aku juga berpikir 

bahwa mereka tidak dapat me-

naati perintah-perintah tuhan 

menurut hukum musa, kecu-

ali mereka akan memiliki hu-

kum itu.

16 dan aku juga tahu bahwa  

a hukum itu terukir di atas 

lempengan-lempengan dari 

kuningan.

17 dan lagi, aku tahu bahwa 

tuhan telah menyerahkan laban 

ke dalam tanganku karena alasan 

ini—agar aku boleh mendapat-

kan catatan-catatan itu menurut 

perintah-Nya.

18 Oleh karena itu aku mema-

tuhi suara roh, dan menarik 

laban pada rambut kepalanya, 

dan aku memenggal kepalanya 

dengan a pedangnya sendiri.

19 dan setelah aku memenggal 

kepalanya dengan pedangnya 

sendiri, aku mengambil pakaian 

laban dan mengenakannya pada 

tubuhku sendiri; ya, bahkan se-

tiap bagian yang kecil; dan aku 

ikatkan baju zirahnya di sekitar 

auratku.

20 dan setelah aku melaku-

kan ini, aku pergi ke perben-

daharaan laban. dan sewaktu 

aku pergi menuju perbendaha-

raan laban, lihatlah, aku meli-

hat a hamba laban yang memiliki 

kunci perbendaharaan. dan aku  

memerintahkannya dengan suara  

laban, bahwa dia hendaknya  

pergi bersamaku ke dalam per-

bendaharaan.

21 dan dia mengira aku ada-

lah majikannya, laban, karena 

dia melihat pakaian dan juga 

pedang yang terikat di sekitar 

auratku.

22 dan dia berbicara kepadaku 

mengenai para penatua orang 

yahudi, dia mengetahui bahwa 

majikannya, laban, telah ke-

luar pada malam hari di antara 

mereka.

23 dan aku berbicara kepada-

nya seolah-olah yaitu  laban.

24 dan aku juga berbicara ke-

padanya bahwa aku sebaiknya 

membawa ukiran itu, yang ada 

di atas a lempengan-lempengan 

dari kuningan, kepada kakak-

kakakku, yang berada di luar 

tembok.

25 dan aku juga memintanya 

agar dia hendaknya meng-

ikutiku.

26 dan dia, mengira bahwa aku 

berbicara tentang saudara-sau-

dara dari gereja, dan bahwa aku 

yaitu  benar-benar laban yang 

telah aku bunuh, karenanya dia 

mengikutiku.

27 dan dia berbicara kepa-

daku berulang kali mengenai 

para penatua orang yahudi, se-

waktu aku pergi kepada kakak-

 14 b PtS Perintah-Perin-

tah allah.

  c 1 Ne. 2:20.

  d 1 Ne. 17:13–14; 

yakub 2:12.

 16 a PtS hukum musa.

 18 a 1 Sam. 17:51.

 20 a 2 Ne. 1:30.

 24 a 1 Ne. 3:12, 19–24; 

5:10–22. 

 

13 1 Nefi 4:28–37

kakakku, yang berada di luar 

tembok.

28 dan terjadilah bahwa ketika 

laman melihatku dia amat ke-

takutan, dan juga lemuel dan 

Sam. dan mereka melarikan 

diri dari hadapanku; karena me-

reka mengira itu yaitu  laban, 

dan bahwa dia telah membu-

nuhku dan sedang berupaya 

untuk mengambil nyawa me-

reka juga.

29 dan terjadilah bahwa aku 

memanggil mereka, dan me-

reka mendengarku; karenanya 

mereka berhenti melarikan diri 

dari hadapanku.

30 dan terjadilah bahwa ketika 

hamba laban melihat kakak-ka-

kakku dia mulai gemetar, dan 

hampir melarikan diri dari ha-

dapanku dan kembali ke Kota 

yerusalem.

31 dan sekarang, aku, Nefi, 

yang yaitu  pria yang besar per-

awakannya, dan juga telah me-

nerima banyak a kekuatan dari 

tuhan, oleh karena itu aku men-

cengkeram hamba laban itu, dan 

memegangnya, agar dia hendak-

nya tidak melarikan diri.

32 dan terjadilah bahwa aku 

berbicara dengannya, bahwa jika 

dia akan menyimak perkataanku, 

sebagaimana tuhan hidup, dan 

sebagaimana aku hidup, demi-

kian pula bahwa jika dia akan 

menyimak perkataan kami, kami 

akan membiarkannya hidup.

33 dan aku berbicara kepa-

danya, bahkan dengan sebuah 

a sumpah, bahwa dia tidak perlu 

takut; bahwa dia akan menjadi 

orang yang bebas seperti kami 

jika dia akan pergi ke padang 

belantara bersama kami.

34 dan aku juga berbicara ke-

padanya, mengatakan: Pastilah 

tuhan telah a memerintahkan 

kami untuk melakukan hal ini; 

dan tidak akankah kita tekun 

dalam menaati perintah-perin-

tah tuhan? Oleh karena itu, jika 

engkau mau pergi ke padang be-

lantara kepada ayahku engkau 

akan memperoleh tempat ber-

sama kami.

35 dan terjadilah bahwa a Zoram 

menjadi berani karena perkataan 

yang aku ucapkan. Sekarang, 

Zoram yaitu  nama hamba itu; 

dan dia berjanji bahwa dia akan 

pergi ke padang belantara kepada 

ayah kami. ya, dan dia juga ber-

sumpah kepada kami bahwa dia 

akan tinggal bersama kami sejak 

mulai waktu itu.

36 Sekarang, kami berhasrat 

bahwa dia hendaknya tinggal 

bersama kami untuk alasan ini, 

agar orang-orang yahudi boleh 

tidak mengetahui mengenai pe-

larian diri kami ke padang be-

lantara, agar jangan mereka akan 

mengejar kami dan menghancur-

kan kami.

37 dan terjadilah bahwa ketika 

Zoram telah a bersumpah kepada 

 31 a mosia 9:17;  

alma 56:56.

 33 a PtS Sumpah.

 34 a 1 Ne. 2:2; 3:16.

 35 a 1 Ne. 16:7;  

2 Ne. 5:5–6. 

PtS Zoram.

 37 a yos. 9:1–21; Pkh. 5:4. 

PtS Sumpah.

141 Nefi 4:38–5:7

kami, rasa takut kami berhenti 

terhadapnya.

38 dan terjadilah bahwa kami 

membawa lempengan-lem-

pengan dari kuningan dan hamba 

laban, dan berangkat ke padang 

belantara, dan melakukan perja-

lanan ke tenda ayah kami.

PaSal 5

Saria mengeluh terhadap Lehi—

Keduanya bersukacita atas kemba-

linya para putra mereka—Mereka 

mempersembahkan kurban—Lem-

pengan-lempengan dari kuningan 

memuat tulisan Musa dan para 

nabi—Lempengan-lempengan itu 

mengidentifikasi Lehi sebagai ke-

turunan Yusuf—Lehi bernubuat 

mengenai benih keturunannya 

dan pemeliharaan lempengan-

lempengan itu. Kira-kira tahun 

60 0 – 5 9 2 SM.

dan terjadilah bahwa setelah 

kami sampai ke padang belantara 

kepada ayah kami, lihatlah, dia 

dipenuhi dengan sukacita, dan 

juga ibuku, a Saria, amat gembira, 

karena dia benar-benar telah ber-

duka nestapa karena kami.

2 Karena dia telah mengira 

bahwa kami telah binasa di pa-

dang belantara; dan dia juga te-

lah mengeluh terhadap ayahku, 

memberi tahu dia bahwa dia 

yaitu  orang yang cenderung 

berpenglihatan; mengatakan: li-

hatlah engkau telah menuntun 

kami jauh dari tanah warisan 

kita, dan para putraku tidak ada 

lagi, dan kita binasa di padang 

belantara.

3 dan menurut cara berbahasa 

inilah ibuku telah mengeluh ter-

hadap ayahku.

4 dan telah terjadilah bahwa 

ayahku berbicara kepadanya, 

mengatakan: aku tahu bahwa 

aku yaitu  a orang yang cende-

rung berpenglihatan; karena jika 

aku tidak melihat apa yang dari 

allah dalam suatu b penglihatan 

aku tidak akan mengenal keba-

ikan allah, tetapi masih tinggal di 

yerusalem, dan telah binasa ber-

sama saudara-saudaraku.

5 tetapi lihatlah, aku telah men-

dapatkan suatu a tanah yang di-

janjikan, yang dalam hal-hal itu 

aku bersukacita; ya, dan aku 

b tahu bahwa tuhan akan me-

nyelamatkan para putraku dari 

tangan laban, dan membawa 

mereka kembali kepada kita di 

padang belantara.

6 dan menurut cara berbahasa 

ini ayahku, lehi, menghibur 

ibuku, Saria, mengenai kami, se-

mentara kami melakukan per-

jalanan di padang belantara ke 

tanah yerusalem, untuk menda-

patkan catatan tentang orang-

orang yahudi.

7 dan ketika kami telah kem-

bali ke tenda ayahku, lihatlah 

5 1 a PtS Saria.

 4 a 1 Ne. 2:11.

  b 1 Ne. 1:8–13. 

PtS Penglihatan.

 5 a 1 Ne. 2:20;  

18:8, 22–23.  

PtS tanah 

terjanjikan.

  b PtS iman.

15 1 Nefi 5:8–15

sukacita mereka penuh, dan 

ibuku terhibur.

8 dan dia berbicara, mengata-

kan: Sekarang aku tahu dengan 

suatu kepastian bahwa tuhan 

telah a memerintahkan suamiku 

untuk melarikan diri ke padang 

belantara; ya, dan aku juga tahu 

dengan suatu kepastian bahwa 

tuhan telah melindungi para 

putraku, dan membebaskan 

mereka dari tangan laban, dan 

memberikan mereka kuasa yang 

melaluinya mereka dapat b me-

rampungkan apa yang telah 

tuhan perintahkan kepada me-

reka. dan menurut cara berba-

hasa inilah dia berbicara.

9 dan terjadilah bahwa mereka 

amat bersukacita, dan memper-

sembahkan a kurban dan persem-

bahan bakaran kepada tuhan; 

dan mereka b berterima kasih ke-

pada allah israel.

10 dan setelah mereka berte-

rima kasih kepada allah israel, 

ayahku, lehi, mengambil catat-

an-catatan yang terukir di atas 

a lempengan-lempengan dari ku-

ningan, dan dia menyelidikinya 

dari awal.

11 dan dia melihat bahwa itu 

memuat kelima a kitab musa, 

yang memberikan laporan ten-

tang penciptaan dunia, dan 

juga tentang adam dan hawa, 

yang yaitu  orang tua per-

tama kita;

12 dan juga a catatan tentang 

orang-orang yahudi sejak awal, 

bahkan hingga permulaan peme-

rintahan Zedekia, raja yehuda;

13 dan juga nubuat-nubuat para 

nabi kudus, sejak awal, bahkan 

hingga permulaan pemerintahan 

a Zedekia; dan juga banyak nu-

buat yang telah diucapkan oleh 

mulut b yeremia.

14  dan ter jadi lah  bahwa 

ayahku, lehi, juga menemukan  

di atas a lempengan-lempengan 

dari kuningan silsilah leluhur-

nya; karenanya dia tahu bahwa 

dia yaitu  keturunan b yusuf; 

ya, bahkan yusuf itu yang ada-

lah putra c yakub, yang d dijual 

ke mesir, dan yang e dipelihara 

oleh tangan tuhan, agar dia 

boleh menyelamatkan ayah-

nya, yakub, dan seisi rumah-

nya dari binasa oleh bencana 

kelaparan.

15 dan mereka juga a ditun-

tun keluar dari penawanan dan 

 8 a 1 Ne. 2:2.

  b 1 Ne. 3:7.

 9 a mosia 2:3;  

3 Ne. 9:19–20. 

PtS hukum musa.

  b PtS terima Kasih.

 10 a 1 Ne. 4:24, 38; 13:23. 

PtS lempeng-

an-lempengan 

Kuningan.

 11 a 1 Ne. 19:23. 

PtS Pentateus.

 12 a 1 taw. 9:1.  

PtS tulisan Suci.

 13 a 2 raj. 24:18;  

yer. 37:1.

  b ezr. 1:1;  

yer. 36:17–32;  

1 Ne. 7:14;  

hel. 8:20.

 14 a 1 Ne. 3:3, 12. 

PtS lempeng-

an-lempengan 

Kuningan.

  b 2 Ne. 3:4; alma 10:3. 

PtS yusuf, Putra 

yakub.

  c PtS yakub, Putra 

ishak.

  d Kej. 37:29–36.

  e Kej. 45:4–5.

 15 a Kel. 13:17–18;  

am. 3:1–2;  

1 Ne. 17:23–31;  

a&P 103:16–18; 

136:22.

161 Nefi 5:16–6:3

dari tanah mesir, oleh allah yang 

sama itu yang telah memelihara 

mereka.

16 dan demikianlah ayahku, 

lehi, menemukan silsilah lelu-

hurnya. dan laban juga yaitu  

keturunan a yusuf, karenanya dia 

dan leluhurnya telah menyimpan 

catatan-catatan itu.

17 dan sekarang, ketika ayahku 

melihat segala sesuatu ini, dia 

dipenuhi dengan roh, dan mu-

lai bernubuat mengenai benih 

keturunannya—

18 Bahwa lempengan-lem-

pengan dari kuningan ini akan 

tersebar luas ke segala bangsa, 

kaum, bahasa, dan khalayak 

yang yaitu  dari benih ketu-

runannya.

19 Karenanya, dia mengatakan 

bahwa lempengan-lempengan 

dari kuningan ini a tidak akan per-

nah musnah; tidak juga itu akan 

disuramkan lagi oleh waktu. dan 

dia bernubuat banyak hal menge-

nai benih keturunannya.

20 dan terjadilah bahwa sejauh 

itu aku dan ayahku telah menaati 

perintah-perintah dengan apa te-

lah tuhan perintahkan kami.

21 dan kami telah mendapat-

kan catatan-catatan yang telah 

tuhan perintahkan kepada kami, 

dan menyelidikinya dan menda-

pati bahwa itu patut dihasrat-

kan; ya, bahkan amat a berharga 

bagi kami, sedemikian rupa se-

hingga kami dapat b memelihara 

perintah-perintah tuhan bagi 

anak-anak kami.

22 Karenanya, yaitu  kebijak-

sanaan di dalam tuhan bahwa 

kami hendaknya membawanya 

bersama kami, sewaktu kami me-

lakukan perjalanan di padang 

belantara menuju tanah yang 

dijanjikan.

PaSal 6

Nefi menulis mengenai apa yang dari 

Allah—Tujuan Nefi yaitu  untuk 

membujuk orang-orang datang ke-

pada Allah Abraham dan diselamat-

kan. Kira-kira tahun 600 – 5 9 2 SM.

dan sekarang, aku, Nefi, tidak 

memberikan silsilah leluhurku 

pada a bagian ini dari catatanku; 

tidak juga pada waktu kapan 

pun akan aku berikan itu se-

telahnya di atas b lempengan-

lempengan ini yang sedang aku 

tulis; karena itu diberikan da-

lam catatan yang telah disim-

pan oleh c ayahku; karenanya, 

aku tidak menuliskannya dalam 

pekerjaan ini.

2 Karena cukuplah bagiku un-

tuk mengatakan bahwa kami ada-

lah keturunan a yusuf.

3 dan tidaklah masalah bagiku 

bahwa aku berhati-hati dalam 

memberikan laporan yang leng-

kap tentang segala sesuatu dari 

ayahku, karena itu tidak dapat 

 16 a 1 Ne. 6:2.

 19 a alma 37:4–5.

 21 a PtS tulisan Suci—

Nilai tulisan suci.

  b 2 Ne. 25:26.

6 1 a 2 Ne. 4:14–15.

  b 1 Ne. 9:2.

  c 1 Ne. 1:16–17; 19:1–6.

 2 a 1 Ne. 5:14–16.

17 1 Nefi 6:4–7:4

dituliskan di atas a lempeng-

an-lempengan ini, karena aku 

menghasratkan ruang itu agar 

aku boleh menulis mengenai apa 

yang dari allah.

4 Karena kegenapan maksudku 

yaitu  agar aku boleh a membu-

juk orang-orang untuk b datang 

kepada allah abraham, dan 

allah ishak, dan allah yakub, 

dan diselamatkan.

5 Karenanya, apa yang a menye-

nangkan bagi dunia tidaklah aku 

tuliskan, tetapi apa yang menye-

nangkan bagi allah dan bagi me-

reka yang bukan dari dunia.

6 Karenanya, aku akan mem-

beri perintah kepada benih ke-

turunanku, agar mereka tidak 

akan mengisi lempengan-lem-

pengan ini dengan apa yang ti-

dak berharga bagi anak-anak 

manusia.

PaSal 7

Para putra Lehi kembali ke Yerusalem 

dan mengajak Ismael dan seisi ru-

mahnya untuk bergabung dengan 

mereka dalam perjalanan mereka—

Laman dan yang lain memberontak

—Nefi mendesak kakak-kakaknya 

untuk memiliki iman kepada Tuhan

—Mereka mengikatnya dengan tali 

dan merencanakan penghancuran-

nya—Dia dibebaskan melalui kuasa 

iman—Kakak-kakaknya meminta 

pengampunan—Lehi dan rombong-

annya mempersembahkan kurban 

dan persembahan bakaran. Kira-kira 

tahun 600 – 5 9 2 SM.

dan sekarang, aku menghen-

daki agar kamu boleh mengeta-

hui, bahwa setelah ayahku, lehi, 

mengakhiri a bernubuat menge-

nai benih keturunannya, terja-

dilah bahwa tuhan berfirman 

kepadanya lagi, mengatakan 

bahwa tidaklah pantas baginya, 

lehi, bahwa dia akan membawa 

keluarganya saja ke padang be-

lantara; tetapi bahwa para put-

ranya hendaknya mengambil 

para b putri menjadi c istri, agar 

mereka boleh membangkitkan 

benih keturunan bagi tuhan di 

tanah yang dijanjikan.

2 dan terjadilah bahwa tuhan 

a memerintahkannya bahwa 

aku, Nefi, dan kakak-kakakku, 

hendaknya kembali lagi ke ta-

nah yerusalem, dan membawa 

ismael dan keluarganya ke pa-

dang belantara.

3 dan terjadilah bahwa aku, 

Nefi, a kembali, bersama kakak-

kakakku, pergi ke padang belan-

tara untuk pergi ke yerusalem.

4 dan terjadilah bahwa kami 

pergi ke rumah ismael, dan kami 

berkenan dalam pandangan 

ismael, sedemikian rupa se-

hingga kami mengucapkan ke-

padanya firman tuhan.

 3 a yakub 7:27; yarom 

1:2, 14; Omni 1:30.

 4 a yoh. 20:30–31. lihat 

halaman judul Kitab 

mormon.

  b 2 Ne. 9:41, 45, 51.

 5 a 1 tes. 2:4; KKm 1:4.

7 1 a 1 Ne. 5:17–19.

  b 1 Ne. 16:7.

  c PtS Pernikahan.

 2 a 1 Ne. 16:7–8.

 3 a 1 Ne. 3:2–3.

181 Nefi 7:5–14

5 dan terjadilah bahwa tuhan 

melunakkan hati ismael, dan 

juga seisi rumahnya, sedemikian 

rupa sehingga mereka menga-

dakan perjalanan mereka ber-

sama kami ke padang belantara 

ke tenda ayah kami.

6 dan terjadilah bahwa sewaktu 

kami melakukan perjalanan di 

padang belantara, lihatlah laman 

dan lemuel, dan dua dari para 

putri ismael, dan dua a putra 

ismael dan keluarga mereka, 

memberontak terhadap kami; 

ya, terhadapku, Nefi, dan Sam, 

dan ayah mereka, ismael, dan 

istrinya, dan tiga putrinya yang 

lain.

7 dan terjadilah dalam pem-

berontakan itu, mereka ber-

hasrat untuk kembali ke tanah 

yerusalem.

8 dan sekarang, aku, Nefi, a di-

pilukan karena kekerasan hati 

mereka, oleh karena itu aku ber-

bicara kepada mereka, mengata-

kan, ya, bahkan kepada laman 

dan kepada lemuel: lihatlah 

kamu yaitu  kakak-kakakku, 

dan bagaimanakah bahwa kamu 

sedemikian kerasnya dalam ha-

timu, dan sedemikian butanya 

dalam pikiranmu, sehingga kamu 

perlu bahwa aku, adikmu, mesti 

berbicara kepadamu, ya, dan me-

nunjukkan teladan bagimu?

9 Bagaimana mungkin kamu 

telah tidak menyimak firman 

tuhan?

10 Bagaimana mungkin kamu 

telah a melupakan bahwa kamu 

telah melihat seorang malaikat 

tuhan?

11 ya, dan bagaimana mung-

kin kamu telah melupakan hal-

hal besar apa yang telah tuhan 

lakukan bagi kita, dalam a mem-

bebaskan kita dari tangan laban, 

dan juga agar kita mendapatkan 

catatan itu?

12 ya, dan bagaimana mungkin 

kamu telah melupakan bahwa 

tuhan sanggup untuk melaku-

kan segala a sesuatu menurut 

kehendak-Nya, bagi anak-anak 

manusia, jika demikian halnya 

bahwa mereka menjalankan 

b iman kepada-Nya? Karenanya, 

marilah kita setia kepada-Nya.

13 dan jika demikian halnya 

bahwa kita setia kepada-Nya, kita 

akan mendapatkan a tanah yang 

dijanjikan; dan kamu akan me-

ngetahui pada kurun waktu men-

datang bahwa firman tuhan akan 

digenapi mengenai b kehancuran 

yerusalem; karena segala sesu-

atu yang telah tuhan firmankan 

mengenai kehancuran yerusalem 

mestilah digenapi.

14 Karena lihatlah, roh tuhan 

segera berhenti berjuang bersama 

 6 a 2 Ne. 4:10.

 8 a alma 31:2;  

musa 7:41.

 10 a ul. 4:9;  

1 Ne. 3:29; 4:3.

 11 a 1 Ne. 4.

 12 a 1 Ne. 17:50;  

alma 26:12.

  b 1 Ne. 3:7; 15:11.

 13 a 1 Ne. 2:20.  

PtS tanah 

terjanjikan.

  b 2 raj. 25:1–21;  

2 Ne. 6:8; 25:10; 

Omni 1:15;  

hel. 8:20–21. 

 

19 1 Nefi 7:15–21

mereka; karena lihatlah, mereka 

telah a menolak para nabi, dan 

b yeremia telah mereka lemparkan 

ke dalam tahanan. dan mereka 

telah berupaya untuk mengambil 

c nyawa ayahku, sedemikian rupa 

sehingga mereka telah mengha-

launya keluar dari tanah itu.

15 Sekarang, lihatlah, aku ber-

kata kepadamu bahwa jika kamu 

mau kembali ke yerusalem kamu 

juga akan binasa bersama me-

reka. dan sekarang, jika kamu 

memiliki pilihan, pergilah ke ta-

nah itu, dan ingatlah perkataan 

yang aku ucapkan kepadamu, 

bahwa jika kamu pergi kamu juga 

akan binasa; karena demikianlah 

roh tuhan mendesakku agar aku 

hendaknya berbicara.

16 dan terjadilah bahwa ketika 

aku, Nefi, telah mengucapkan 

perkataan ini kepada kakak-

kakakku, mereka marah terha-

dapku. dan terjadilah bahwa 

mereka menghajarku, karena li-

hatlah, mereka amat geram, dan 

mereka a mengikatku dengan tali, 

karena mereka berupaya untuk 

mengambil nyawaku, agar me-

reka boleh meninggalkanku di 

padang belantara untuk dilahap 

oleh binatang buas.

17 tetapi terjadilah bahwa aku 

berdoa kepada tuhan, mengata-

kan: ya tuhan, menurut imanku 

yang ada kepada-mu, maukah 

engkau membebaskanku dari ta-

ngan kakak-kakakku; ya, bahkan 

berilah aku kekuatan agar aku 

boleh a memutuskan ikatan ini 

yang dengannya aku terikat.

18 dan terjadilah bahwa ketika 

aku telah mengatakan perka-

taan ini, lihatlah, ikatan itu ter-

lepas dari tangan dan kakiku, 

dan aku ber