DASAR GEREJA 1

Rabu, 09 Juli 2025

DASAR GEREJA 1


 


Ayat:

Roma 3:10-23

APA ITU DOSA?

Kamus Chamber abad ke-20 memberi definisi dosa sebagai ³PELANGGARAN MORAL ATA8 

KETIDAKSEMP8RNAAN´. Kata ini tidak terkenal di masyarakat dan jarang muncul di koran￾koran atau kesusatraan terkenal. Ketika kata ini disebutkan, dosa sering digunakan untuk 

menyatakan secara tidak langsung pelangaran susila. Bagaimanapun, DOSA diartikan lebih dari 

sekedar itu. Di dalam kenyataannya itu berkaitan dengan setiap aspek dan area kehidupan.

Dengan definisi sederhana, DOSA adalah sebuah PELANGGARAN dan juga sebagai

KETIDAKSEMPURNAAN. Di kondisi berbeda adalah sebuah pelangaran melawan HUKUM 

ALLAH. Seseorang yang melangar HUKUM ALLAH adalah seorang pendosa, dan menghadapi 

penalty dari HUKUM tersebut.

Di dalam masyarakat, barang siapa orang yang melanggar hukum berada dalam masalah: dia tidak 

mempunyai damai. Hampir sama juga, barang siapa yang melanggar melawan HUKUM ALLAH 

juga dalam masalah ± masalah yang serius. Dimana tidak ada damai, sampai pelanggaran itu 

diperbaiki atau dihilangkan.

DOSA adalah sebuah kenyataan hidup yang kita harus jumpai. Untuk seolah-olah dosa itu tidak 

ada atau menghilangkan dosa sebagai sebuah imaginasi dari pikiran adalah untuk menipu diri kita 

sendiri. Kita harus menjadi serius tentang hal ini, karena ini urusan kita semua.

Oleh karena itu, mari kita memberi beberapa waktu untuk mempertimbangkan apakah dosa itu, 

apa yang dosa lakukan kepada kita dan apa yang bias kita lakukan tentang itu. Hal ini akan 

memakan banyak waktu.

DOSA ADALAH SEBUAH PELANGGARAN

Untuk melanggar adalah dengan melewati atau melangkah jauh, untuk masuk ke dalam wilayah 

yang dimaksudkan untuk kita. Beberapa contoh dari ilustrasi kehidupan seharian-hari akan 

menjelaskan.

Kita semua mengetahui dengan lampu merah, (tanda) DILARANG MASUK, BATAS 

KECEPATAN, dan GARIS DUA PUTIH. Setiap ini berdiri dari hukum keterbatasan: hanya itu 

tidak ada yang lain. Para pemotor, apakah kurang berhati-hati, ketidaktahuan atau dengan sengaja, 

siapa melangkah jauh dari batas di dalam perkara-perkara tersebut telah melanggar hukum. Dia 

telah melakukan pelanggaran dan dapat dikenakan tindakan hukum.Dalam hal yang sama, Hukum Allah menempatkan batasan yang pasti dan batasan-batasan 

melebihi yang kita bisa usahakan. Untuk melakukan itu juga menjadi pelangar atau PENDOSA. 

Kita akan sebentar lagi akan melihat kedalam pelanggaran dari Hukum Allah.

DOSA ADALAH SEBUAH KETIDAKSEMPURNAAN

Sebuah ketidaksempurnaan menyatakan secara tidak langsung syarat dari hukum. Seseorang 

³Widak mencapai kepada baWaV iWX.´ BebeUapa conWoh daUi kehidXpan VehaUi-hari, sekali lagi, akan 

memberikan arti yang lebih jelas.

Di beberapa bagian dari Amerika, beberapa jalan raya memiliki sebuah batas minimum 50 mil 

perjam. Siapa mengemudi kendaraan tertangkap mengendarai jalan tersebut melebihi 50 km/jam 

dapat dikenakan tuntutan. Ini adalah ketidaksempurnaan. Contoh-contoh lain dari 

ketidaksempurnaan adalah: mengemudi tanpa lampu pada malam hari, tidak memberi tanda ketika 

berbelok, mengoperasikan radio atau televisi tanpa izin yang sah, kelalaian untuk melaporkan 

pajak penghasilan. Semua ini termasuk kedalam kelas dari ketidaksempurnaan.

Sama dengan hukum Allah: tidak melakukan apa yang diekspektasikan atau diwajibkan adalah 

sebuah DOSA.

AlkiWab membeUiWahX kiWa ³SemXa kejahaWan adalah doVa´ (1 YohaneV 5:17). SeWiap keValahan 

adalah DOSA. Setiap tindakan atau kelakuan yang tidak mencapai kesempurnaan adalah DOSA.

DOSA MULA-MULA

Di dalam pembelajaUan kiWa WenWang ³ManXVia´, kiWa melihaW bahZa Dia Welah mencipWakan di 

dalam gambar dan rupa dari Allah, seorang yang benar, murni dan ciptaan yang tidak bercacat 

cela. Dalam kondisi ini dari kesempurnaan tanpa dosa, Allah menempatkan Adam dan Hawa di 

Taman Eden.

Lalu Allah menempatkan sebuah hukum untuk menguji kesetiaan dan ketaatan. ³Semua pohon 

dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang 

baik dan yang jahat itu, janganlah kau makan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, 

pastilah engkau mati.´ (Kejadian 2:16, 17).

Di dalam Taman datang penguji, Setan. Dia adalah malaikat yang jatuh Lusifer, dan musuh nomer 

1 dari Allah. Dengan cara halus dan licik, dia menyebabkan orang tua pertama kita untuk melangar 

hukum Allah. Keraguan, ketidak puasan, kesombongan, ambisi diri sendiri dan pemberontakan 

adalah langkah membawa kepada kejatuhan Adam dan Hawa.

Pemberontakan ini memecahkan hubungan bahagia antara Allah dan manusia, antara sumber 

kehidupan dan ciptaan. Sejak saat Adam berdosa, kematian masuk dalam manusia, semua manusia. ³Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh 

dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua 

orang telah berbuat dosa´ (Roma 5:12). Ayat ini mengajarkan kita bahwa Adam telah 

mewakilkan semua kaum manusia. Jika dia lulus dalam ujian, semua manusia akan juga lulus 

juga. Tetapi dia gagal dan juga semua umat manusia jatuh dalam dosa. Dosa Adam 

menghubungkan kepada semua umat manusia. Ini dikenal sebagai dosa mula-mula.

Dari tindakan pertama itu dari pemberontakan Adam, melalui benih dosa ini kepada seluruh umat 

manusia bahkan maupun seorang bayi baru lahir sudah tercemar dengan dosa. Raja Daud 

men\adaUi ³doVa mXla-mXla´ ini keWika dia menXliV Ma]mXU 51:5, ³Sebab aku sendiri sadar akan 

pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku.´ Tidak ada ba\i, dikandXng daUi bapak 

dan ibu seorang manusia, lahir tanpa dosa. Dia adalah seorang berdosa dari waktu dikandungan. 

Dia tidak terlahir baik, atau netral seperti beberapa psikolg ajarkan. Ini bukan lingkungan yang 

membuat kita penuh dosa dan buruk. Jika kita hidup didalam lingkungan yang sempurnaan kita 

akan tetap berdosa (penuh dosa). Kita juga tidak bisa menyalahkan hak ini kepada Setan. Kita lahir 

dalam dosa dan akan mati didalam dosa-dosa kita.

Kenyataan dari dosa mula-mula adalah jelas terlihat di dalam kecenderungan alamiah anak 

terhadap iri hati, sifat mudah marah, kebencian dan dusta-dosa masa kecil yang tampak tanpa orang 

tua ajarkan. Dosa mula-mula ini akan diperparah dengan yang dikenal sebagai dosa yang 

disengaja. Seperti seorang bertumbuh menjadi dewasa, dia akan melakukan dosa-dosa dia sendiri 

di atas dosa Adam yang diperhitungkan. 

DOSA ADALAH UNIVERSAL

Alkitab mengatakan: ³Karena semua orang telah berbuat dosa …´ (Roma 3:23). ³TIDAK ADA 

YANG BENAR, SEORANG PUN TIDAK´ (Roma 3:10). Dimana Widak ada pengecXalian. Ban\a 

orang akan tidak setuju dengan pernyataan-pernyatan ini. Sebagian akan merasa sangat terhina dan 

geram pada saran seperti itu.

Ini adalah sifat dasar dari seseorang untuk merasakan bahwa dia (laki-laki) atau dia (perempuan) 

adalah, keVelXUXhann\a ³Widak bXUXk´. Dalam fakWa, kecendeUXngan XnWXk kiWa membandingkan 

GLUL NLWD VHQGLUL GHQJDQ PHUHND \DQJ WHUOLKDW, GL GDODP PDWD NLWD, PHQMDGL ³SHQMDKDW´ GDQ 

³SHQGRVD´. Kita oleh karena itu cenderung menepuk diri kita sendiri dari belakang dan berkata, 

³KiWa paVWi lebih baik daUi meUeka´ aWaX ³kiWa cXkXp baik.´

Penilaian diri semacam ini, bagaimanapun juga, adalah subyektif dan berat sebelah. Jika semua 

orang dibiarkan mengatur standar masing-masing dan menjadi hakim dirinya sendiri, seluruh 

masyarakat akan terjun dalam ketidak beraturan dan pelanggaran hukum. Dimana tidak aka nada 

standar moral dan keadilan. Dimana tidak ada hal yang mutlak. Semua hal akan menjadi relative. 

Itu bisa menjadi benar di satu negara dan salah di negara lain. Standar universal akan menyatakan kepada kita bahwa benar adalah benar dan salah adalah salah tanpa memperhatikan dimana kamu 

tinggal atau di abad mana kamu hidup. Apakah kita punya standar seperti itu? Bisakah manusia 

menetapkan untuk dirinya sendiri standar seperti itu?

Jika kita mau mengerti subyek dari DOSA, kita harus mengadopsi pendekatan yang benar. Kita 

harus memliki standar yang benar dan hakim yang kompeten. Diri kita sendiri tidak bisa 

menetapkan standar kita sendiri dan lalu menjadi hakim atas diri sendiri. Kita telah diciptakan oleh 

Allah, yang adalah suci dan adil. DIA sendiri harus menjadi Standar kita dan hakim kita. Hanya 

DIA yang adalah sempurna bisa menjadi standar kita.

Ketika kita dihakimi oleh Allah berdasarkan standarNya dari kekudusan dan kesempurnaan, 

TIDAK ADA yang bisa mencapai standar yang diharuskan. Kita semua tidak bisa mencapainya.

Kita penuh dosa dan tidak selesai! Dimana tidak ada pengecualian dihadapan ALLAH. 

Mari kita sekarang berlanjut untuk menganalisa dan menilai diri kita sendiri menurut standar 

Allah. Untuk melakukan ini, mari kita mengizinkan diri kita dating di bawah pencarian terang dari 

HUKUM Allah, SEPULUH PERINTAH.

SEPULUH PERINTAH (Keluaran 20:1-17)

1. ³JDQJDQ DGD SDGDPX DOODK ODLQ GL KDGDSDQ-KX´

Ini adalah perintah pertama. ALLAH datang pertama di hidup. DIA adalah PENCIPTA dan 

SUMBER dari kehidupan. DIA juga adalah Allah kita. DIA memerintah bumi dan alam 

semesta, dan semuanya. ³…yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang 

yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.´

(Matius 5:45).

Jika semua kebaikan kita datang dari Dia, hal ini tidak dapat dipertanyakan bahwa kita 

menunjukan rasa syukur kepada Dia di dalam penyembahan, pelayanan dan BERIBADAH? 

DIA sendiri adalah ALLAH, dan tidak ada yang lain. Maka dari itu, DIA sendiri harus 

menerima sepenuhnya dan kesetiaan tertinggi dan cinta. ALLAH harus didahulukan dalam 

kasih kita. DIA HARUS MENDAPAT TEMPAT PERTAMA DI DALAM HATI DAN 

HIDUP KITA. Tidak ada yang lain, dan tidak ada yang lain menempati tempat itu, bahkan 

tidak orang terdekat dan tersayang, seperti bapak atau ibu, suami atau istri, anak laki-laki 

atau anak perempuan (Matius 10:37).

Sungguh suatu pelangaran besar, lalu, untuk siapa saja menyembah berhala-berhala dari 

logam dan kayu, atau mengidolakan seseorang atau sesuatu atau ambisi. Untuk 

menempatkan sesuatu atau seseorang lebih dari cinta dan pengabdian kepada Allah adalah 

melanggar Perintah Pertama. Diantara hal-hal yang jatuh kepada kategori ini, mengambil tempat ALLAH, adalah uang, ambisi, hobi-hobi, kesenangan dan hiburan, dibandingkan 

tuan dari berhala-berhala dan allah-allah palsu, dan roh-roh jahat yang mengambil hati dan 

pikiran manusia.

Dimana SATU ALLAH dan hanya DIA yang harus kita sembah.

2. ³JDQJDQ PHPEXDW EDJLPX SDWXQJ «JDQJDQ VXMXG PHQ\HPEDK NHSDGDQ\D DWDX 

EHULEDGDK NHSDGDQ\D.´

Perintah kedua mengistimewahkan melarang penyembahan berhala dalam segala bentuk. 

³Allah iWX Roh dan baUangViapa men\embah Dia, haUXV men\embah-Nya dalam roh dan 

kebenaran." (Yohanes 4:24).

Manusia dalam pemberontakannya melawan Allah membentuk mereka sendiri, dengan 

imajinasi dari pikiran jahat mereka, tuan dari allah-allah palsu dan berhala-berhala, dan 

mengatur hal-hal ini sebagai obyek dari penyembahan. Kita melihat mereka di kuil, di 

rumah, dan malh di gereja-gereja. Untuk memberi rasa hormat dan penghormatan kepada 

patung dari Perawan Maria, rasul dan orang-orang kudus atau patung yang mana saja adalah 

pelanggaran melawan Perintah ini.

3. ³JDQJDQ PHQ\HEXW QDPD T8HAN, AOODKPX, GHQJDQ VHPEDUDQJDQ.´

Allah kita adalah MAHAKUASA dan PENGUASA TERTINGGI. Semua manusia harus 

memberi penghormatan NAMA KUDUSNYA. Setiap kita menyebut NAMA DIA, kita 

harus melakukannya juga dengan penghormatan tertinggi.

Dimana bebeUapa oUang \ang mengXnakan kaWa ³Allah´ di dalam peUcakapan VeWiap haUi 

sebagai bagian dari kosakata umum, kesembronoan dan pengabaian, terkadang malah 

Vebagai VebXah ³kaWa VXmpah´. Ini adalah bentuk dari melanggar Perintah Ketiga. Ketika 

seseorang menyebut dirinya sendiri seorang Kristen dan tidak mencerminkan karakter dari 

Kristus di dalam hidupnya, dia juga melanggar Perintah ini.

4. ³IQJDWODK GDQ NXGXVNDQODK KDUL SDEDW.´

Allah telah menciptakan segala sesuatu dalam enam hari dan menjalankan sebuah hari 

istirahat di hari ketujuh. Ini adalah PERENCANAAN ilahi dan POLA. Manusia dibentuk 

dalam gambar dan rupa Allah. Kita harus untuk itu menyesuaikan diri kepada RENCANA 

ilahi dan POLA, untuk menjalankan satu hari istirahat di hari ketujuh. Di hari ini, manusia 

ciptaan harus mengabdikan dirinya sendiri untuk mengingat dan melayani Pencipta, Allah.

Orang-orang Kristen menjalankan hari MINGGU sebagai hari ISTIRAHAT dan 

BERIBADAH. ISTIRAHAT berarti penghentian dari semua pekerjan sekuler normal, 

pekerjaan yang mengisi kita pada waktu hari-hari dari seminggu. Pada hari itu, semua

pikiran-pikiran dan aktifitas-aktifitas harus diabdikan kepada TUHAN dan Kerajaan-Nya. 

Kita seharusnya menahan diri, sebanyak yang kita bisa, dari mengerjakan pekerjaan yang 

bisa diselesaikan pada hari-hari lain. Kita juga menahan diri dari kenikmatan diri sendiri dan 

kesenangan-kesenangan. Orang-orang Kristen seharusnya tidak pergi ke pantai atau bermain 

golf atau tenis atau bimbingan belajar pada hari Minggu. Pekerjaan dari kebutuhan (karena 

terpaksa) dan belas kasih diperbolehkan pada keadaan-keadaan yang khusus. Tetapi jika 

orang percaya mempunyai pekerjaan yang mengharuskan untuk dia tidak datang ke gereja 

setiap Hari Tuhan maka dia harus menemukan pekerjaan lain bahkan jika itu berarti 

mendapatkan pekerjaan dengan bayaran lebih rendah.

Jika kita menjalankan HARI TUHAN sebagai HARI ISTIRAHAT kita dari seminggu untuk 

melayani Allah, kita akan menerima berkat istimewah. Seorang Kristen yang berdoa setiap 

hari dan hidup untuk Kristus dari Senin sapai Sabtu akan senang datang ke gereja pada Hari 

Tuhan.

5. ³HRUPDWLODK D\DKPX GDQ LEXPX.´

Orang tua kita di dunia adalah sumber dari kehidupan badaniah, pendukung kita, pelindung 

dan pengasuh. Dari saat kelahiran kita mulai menerima cinta mereka dan kepedulian, 

pengabdian dan perhatian dari setiap tahun dari kebergantungan kita. Hutang ini dari rasa 

terima kasih tidak akan bisa dibayar penuh, paling tidak dalam pengantian secara material. 

Bagaimanapun, meskipun mungkin ini benar, kita harus berusaha menunjukan rasa syukur 

kepada orang tua kita dengan memberikan mereka hak penghormatan, ketaatan, cinta dan 

respek. Di dalam tahun masa tua atau waktu mereka membutuhkan, kita harus melihat untuk 

dukungan yang cukup dan peduli kepada mereka. 

Yang lebih penting adalah fakta bahwa Allah telah memilih orang tua kita untuk kita. Untuk 

memandang rendah mereka atau tidak menghormati mereka adalah seperti berkata kepada 

Allah bahwa Dia membuat sebuah kesalahan dalam memberikan orang tua kita.

Menjalankan dari Perintah ini membawa janji dari hidup Panjang di bumi dan menyatakan 

secara tidak langsung berkat dari Allah dengan hal itu. Israel akan hidup Panjang di Tanah 

Perjanjian.

 

6. ³JDQJDQ PHPEXQXK.´

Setiap kehidupan manusia adalah berharga di mata Allah. Tidak seorang harus olehe karena 

itu melakukan apapun yang menyebabkan luka atau kematian dari sesama manusia. Ini 

termasuk membunuh dan membunuh secara tidak sengaja. Itu tidak termasuk pembelaan diri 

dan saat perangSemenWaUa VXUaW daUi hXkXm beUkaWa, ³Jangan membXnXh´, Uoh iWX mencakXp semua 

pemikiran dari kebencian, kata-kata marah dan perlakuan kedengkian. Jika terlihat bisa 

membunuh, membunuh akan menjadi umum kejadian setiap hari! Sejauh menyangkut Allah 

³Tampilan PembXnXh´ VXdah membXnXh!

7. ³JDQJDQ EHU]LQDK´

Dari awal, ALLAH telah melembagakan pernikahan sebagai satu laki-laki satu perempuan 

pasangan untuk hidup. Adam dan Hawa menempatkan pola ilahi. Didalam ikatan 

pernikahan, setiap orang yang menikah harus menemukan yang tepat, yang sah dan 

memuaskan pemenuhan fungsi sex. Ketika hukum dituruti, unit keluarga didirikan dengan 

kokoh, dimana damai dan harmoni di rumah, dan masyarakat stabil dan kuat.

Disisi lain ketika Perintah ini diabaikan dengan tindakan yang berhubungan dengan sex, lalu 

berkaitan sebagian pihak menderita, rumah tangga terpecah dan masyarakat menjadi tidak 

stabil. Di dalam Alkitab, perzinahan termasuk semua pelangaran-pelangaran dari sebuah 

sifat dasar sexual seperti contoh sex sebelum menikah, sex extra material, homo seksual, 

mastrubasi, pornografi, pelacuran, pikiran tidak murni dan nafsu sexual. 

Sama seperti kita menguhi diri kita sendiri dengan jujur, ah, seberapa jauh kita jatuh dari 

Allah wajibkan! Jika kita bernafsu terhadap sesorang di dalam hati kita kita sudah melakukan 

perzinahan. Yesus berkata di Matius 5:27-28, ³Kamu telah mendengar firman: Jangan 

berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta 

menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.´ Perhatikan dari jenis 

buku-buku, majalah yang kita baca; film yang kita tonton; dan permainan komputer, 

olahraga, tarian yang kita ikuti yang akan menyebabkan kita berbuat dosa.

8. ³JDQJDQ PHQFXUL.´

Keinginan hati untuk mengingini apa yang seseorang miliki adalah terlalu sering, sifat alami 

dari keinginan hati. Ketika keinginan tersebut diwujudkan ke dalam tindakan, itu menjadi 

pencuri di dalam penyamaran yang berbeda seperti contoh menguntil, perampok, pengelapan 

pajak, memberikan uang kembalian kurang, mengambil lebih, metode bisnis yang tajam dan 

tidak bermoral, membayar gaji karyawan kurang, meminjam dengan bermaksud tidak 

membayar, dan lain-lain. Kita mencuri dari Allah ketika kita tidak memberikan kepada Dia 

seperti kita untuk waktu berdoa, menghadiri kebaktian, dan lain-lain. Kita mencuri dari 

oUang lain keWika kiWa malaV dan Widak ³membeUikan kepada KaiVaU apa \ang kepXn\aan 

KaiVaU´! 

Orang-orang Kristen seharusnya mengembalikan paling sedikit sepuluh persen dari 

pemasukan mereka kepada Allah, MEMBERI dari segala hadiah yang baik seperti sebuah ekspresi dari cinta untuk Allah. Barang siapa gagal melakukannya bersalah dalam merampok 

Allah (Malakhi 3:8). Mereka seharusnya juga belajar untuk memberi orang tua mereka. 

9. ³JDQJDQ PHQJXFDSNDQ VDNVL GXVWD WHQWDQJ VHVDPDPX.´

³KejXjXUan adalah kebijakan WeUbaik´, peUkaWaan dahXlX kala. PeUkaWaan kiWa haUXV menjadi 

³Ya, Ya, dan Tidak, Tidak´ (Matius 5:37). Apapun yang lebih dari itu ini adalah jahat. 

Dimana harus selalu menjadi sebuah hati nurani yang seperti kristal yang bersih dalam 

percakapan kita, tanpa pemalsuan, distorsi, melebih-lebihkan atau memberikan kesan palsu. 

Perintah ini mewajibkan kita menjadi orang yang jujur, pernyataan kita yang akurat dan 

motivasi-motivasi yang tulus. 

10. ³JDQJDQ PHQJLQJLQL.´

Keinginan yang tidak sah dari pencarian barang yang bukan kepunyaan kita hadir di dalam 

setiap hati. Itu mungkin barang tetangga kita, kontrak-kontrak bisnis, atau istri. Ketika 

keinginan ini jadi tindakan, hal ini muncul dalam bentuk dari pencuri, menjual dengan harga 

lebih rendah, dan pezinah.

Firman Allah berkata, ³Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan 

besar. (1 Timotius 6:6). Mari kita belajar untuk merasa cukup. Juga, mari kita menempatkan 

prioritas yang benar. ³Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka 

semuanya itu akan ditambahkan kepadamu´ (Matius 6:33). Kita seharusnya tidak 

mengingini benda-benda dari dunia ini. Kita seharusnya hanya mengingini karunia-karunia 

dari Allah (1 Korintus 12:31).

Sesuatu kejujuran dan pengujian murni diri sendiri di dalam terang Perintah kudus Allah 

akan hanya menunjukan how utterly penuh dosa dan tidak bersihnya kita. Rasul Paulus 

mengakui Xngkapan WeUbaik kejaWXhan daUi VeWiap mahlXk hidXp ³Sebab bukan apa yang aku 

kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, 

yaitu yang jahat, yang aku perbuat´ (Roma 7:19).

Sungguh, DOSA adalah sebuah pengalaman universal.

INI ADALAH KONSEKUENSI-KONSEKUENSI

1. Dosa mengakibatkan konflik dengan Allah

Setelah Adam dan Hawa telah berdosa, mereka tidak bisa lagi bertemu Allah. Bahkan 

sebelum Allah memanggil mereka untuk muncul di hadapanNya, mereka sudah tahu bahwa 

mereka pendosa-pendosa. Mereka menyadari keterlanjangan mereka. Mereka bersembunyi dari Allah. Sungguh rasa bersalah dari dosa bangkit di dalam hati-hati mereka sebelum ada 

yang menuduh mereka.

2. Dosa mengakibatkan konflik di dalam diri

Seperti racun yang mematikan, dosa meracuni seluruh system kita. Hati-hati kita menjadi 

bernoda dengan dosa, sifat dasar kita menjadi korup. Kita tidak bisa melakukan sesuatu yang 

kita ingin lakukan. Kita dibebani dengan hati nurani yang bersalah. Dimana tidak ada damai.

3. Dosa mengakibatkan konflik dengan orang lain

Ketika dosa berkuasa dalam hati, diri sendiri menjadi yang terpenting dan hubungan dengan 

orang lain menjadi rusak. Konflik-konflik dan perselisihan perpecahan di rumah, di 

masyarakat dan antar bangsa. Efek dari konflik semacam ini terlihat di pergolakan domestik, 

kerusuhan industri dan peperangan.

Banyak orang menipu diri mereka sendiri, berfikir bahwa kematian adalah akhir dari 

segalanya, dan perilaku yang salah dari hidup akan terlupakan. Tidak juga, karena Firman 

Allah beUkaWa, ³Dan Vama VepeUWi manXVia diWeWapkan XnWXk maWi han\a VaWX kali Vaja, dan 

VeVXdah iWX dihakimi.´ (IbUani 9:27). HaUi penghakiman akan daWang. SemXa pendoVa￾pendosa akan pergi ke neraka jika mereka mati dalam dosa mereka tanpa dosa-dosa mereka 

diampuni atau diambil dari mereka.

INI ADALAH PERBAIKAN

Pada dasarnya DOSA adalah sebuah PELANGGARAN melawan ALLAH. Maka dari itu, hanya 

Allah bisa menyelesaikan atau menghapus pelanggaran itu. Dengan diri kita sendiri, kita tidak bisa 

berniaW ³mempeUbaiki´ aWaX ³membXaW benaU´ dengan Allah. AlkiWab beUkaWa bahZa kiWa Widak 

punya kekuatan. Semua usaha-usaha kita bertujuan untuk kejatuhan: malah terbaik dari kita tidak 

cukup baik, kebenaran kita seperti kain kotor (Yesaya 64:6). 

Dimana tidak ada jalan tetapi Allah untuk melangkah menolong manusia-manusia yang telah jatuh. 

³KaUena ZakWX kiWa maVih lemah, KUiVWXV Welah maWi XnWXk kiWa oUang-orang durhaka pada waktu 

yang ditentukan oleh Allah. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena 

KUiVWXV Welah maWi XnWXk kiWa, keWika kiWa maVih beUdoVa.´ (Roma 5:6, 8).

Dimana tidak ada lain yang cukup baiak

Untuk membayar harga dari dosa;

Hanya Dia yang bisa membuka pagar dari surga,

dan membiarkan kita masuk.



Tidak seperti agama-agama yang ada di dunia, Kekristenan ditemukan, bukan berasal dari sebuah 

sistem atau ideology atau kode etik atau manusia itu sendiri, tetapi dalam Pribadi, Yesus Kristus, 

yang adalah Allah seutuhnya dan manusia seutuhnya. Yesus sangat unik dalam kelahiran-Nya, 

kehidupan-Nya, pengajaran-Nya, pekerjaan-Nya, dan kematian-Nya. Tidak ada satupun pendiri 

dari agama di dunia yang mempunyai catatan seperti DIA. Tentunya, jika kita memikirkan semua 

orang yang paling besar, paling berkuasa, dan paling bijaksana yang pernah hidup, tidak ada 

satupun yang memiliki catatan bahkan jauh dari karakteristik yang dimiliki Kristus.

DIA TETAP ADA SENDIRI DALAM SEGALA SEJARAH

SANGAT UNIK, TIDAK TERBANDINGI, ILAHI

Yesus Kristus adalah fondasi di mana kekristenan dibangun. Dia adalah BATU KARANG yang 

tanpa DIA tidak ada bangunan di atasnya. Marilah kita mempertimbangkan kehidupan-Nya dan 

pekerjaan-Nya seperti yang telah dicatat di dalam Alkitab.

KEHIDUPAN DAN PEKERJAANNYA

1. KELAHIRAN-NYA melalui Perawan Maria seperti yang mengenapi nubuatan di 

PeUjanjian Lama: ³Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu 

pertanda: Sesungguhnya, seorang perawan muda mengandung dan akan melahirkan 

seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Immanuel´ (Yesaya 7:14) yang artinya 

ALLAH BESERTA KITA (Matius 1:23). Kelahiran-Nya adalah supernatural, bukan atas 

kehendak manusia, tetapi kuasa dari Allah (Lukas 1:35).

2. PENGETAHUAN-NYA menakjubkan semua yang mendengarkan-Nya. Pada umurnya 

yang ke-12, Dia bergaul dengan para ahli di bait Allah dan ³semua orang yang mendengar 

Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya´ (Lukas 

2:47). Khotbah yang paling terkenal-Nya adalah khotbah di Bukit yang membuat 

pendengaUn\a WakjXb dan heUan. Telah WeUcaWaW bahZa ³takjublah orang banyak itu 

mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak 

seperti ahli-ahli Taurat mereka. (Matius 7:28-29). [penekanan ditambahkan].

Keunikkan dari pengetahuan dan hikmat rohani-Nya seharusnya bertentangan dengan fakta 

bahwa Yesus telah dibesarkan oleh keluarga tukang kayu sederhana. Sejauh seperti yang 

dicatat di Alkitab, Dia tidak pernah mengikuti sekolah ilmu tinggi mana pun. Dia tahu 

segalanya sejak semula

3. PENGAJARAN DAN PENGAKUAN-NYA ± pengajaran-pengajaran dan pengakuan￾pengakuan Yesus adalah berpusat pada Allah (theo-centric) dan pada dirinya sendiri (self￾centred) pada saat yang sama, tidak sama dengan guru-guru yang lain. Pemimpin agama 

besar dunia menunjukkan kepada seseorang atau sesuatu yang lebih tinggi. Yesus menarik 

orang-orang kepada-Nya. Pernyataan-pernyataan-Nya jelas membuktikan ini:

"Aku adalah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan 

barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi´ (Yohanes 6:35).

"Aku adalah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam 

kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup" (Yohanes 8:12).

³Aku adalah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk 

dan keluar dan menemukan padang rumput´ (Yohanes 10:9).

³Aku adalah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba￾dombanya´ (Yohanes 10:11).

"Aku adalah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup 

walaupun ia sudah mati´ (Yohanes 11:25).

"Aku adalah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada 

Bapa, kalau tidak melalui Aku´(Yohanes 14:6).

"Aku adalah pokok anggur yang benar ´(Yohanes 15:1).

Manusia di dunia akan mengatakan pengakuan-pengakuan ini: ³Semua itu luar biasa! 

Bagaimana mungkin bisa?´ Tuhan kita memberi jawaban dengan kata-kata-Nya sendiri. 

³…Untuk manusia hal itu tidak mungkin, tetapi bukan demikian untuk Allah´ (Markus 

10:27) [penekanan ditambahkan]

Kutipan-kutipan di atas hanyalah contoh-contoh dari banyak pernyataan-pernyataan yang 

dibuat oleh Yesus Kristus. Semua itu adalah perkataan-perkataan yang hanya bisa diucapkan 

dengan otoritas ilahi, yang di mana adalah otoritas Yesus, yang mana kita akan pelajari 

sebentar lagi.

4. KEILAHIAN-NYA ± APAKAH YESUS ITU ALLAH? ± Dalam pelajaran sebelumnya 

tentang Allah, kita telah belajar bahwa ALLAH menyatakan diri-Nya sendiri kepada 

manusia di dalam Putra-Nya Yesus Kristus, Pribadi kedua dari ALLAH TRITUNGGAL. 

Jika Yesus dari Nazaret ini, Putra Manusia adalah juga Putra Allah, maka Ia harus 

memberikan bukti yang jelas dan meyakinkan untuk terakhir. Dan jika bukti itu jelas ada,

maka dalam segala kejujuran intelektual, kita harus mengakui bahwa YESUS KRISTUS 

ADALAH ALLAH.

Seorang yang sungguh-sungguh mencari kebenaran yang membaca Injil seluruhnya tidak 

akan gagal untuk melihat YESUS KRISTUS adalah ALLAH dengan tiga alasan utama:

a. PERKATAAN-PERKATAAN-NYA

b. PEKERJAAN-PEKERJAAN-NYA

c. KEBANGKITAN-NYA

a. PERKATAAN-PERKATAAN-NYA

Perkataan seseorang memberikan suatu pandangan mengenai kepribadian dan 

karakternya. Kata-kata yang diucapkan oleh Yesus dan yang tercatat di kitab Injil 

mempunyai arti yang sangat penting. Semua itu menyatakan Hati dan Pikiran-Nya. 

Baca dan renungkan pernyataan-pernyataan ini:

1) ³Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!" (Matius 4:7). Dengan kata-kata 

ini, Yesus menghardik Setan yang mencobai-Nya.

2) "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

(Yohanes 8:58). Untuk membantah orang Yahudi, kata-kata Tuhan membuktikan 

keilahian-Nya dan membeberkan ketidakpercayaan mereka. Yesus membuat 

semuanya jelas bahwa Ia adalah Yang Kekal dan Yang ada sebelum segala sesuatu, 

Allah Abraham.

3) ³Aku dan Bapaku adalah satu´ (YohaneV 10:30). ³«Barangsiapa telah melihat 

Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu 

kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam 

Aku?´ (YohaneV 14:9-10). Dalam pengajarannya kepada murid-murid-Nya, Yesus 

tidak meninggalkan keraguan apapun di dalam pikiran mereka bahwa : IA adalah 

ALLAH yang mereka sembah.

Kutipan-kutipan ini dan banyak lagi bagian-bagian alkitab membuatnya sangat jelas 

tentang bagaimana kita mengerti tentang KEMANUSIAN YESUS. Mengetahui 

tentang-NYA adalah mengetahui ALLAH; melihat-NYA adalah melihat 

ALLAH; percaya kepada-NYA adalah percaya kepada ALLAH.

Mungkin ada sebagian orang menolak dan berargumentasi bahwa pernyataan￾pernyataan ini adalah pernyataan-pernyataan yang tak berdasar dan sembarangan. 

Penolakan tersebut bisa diterima jika saja YESUS tidak membuktikan KATA-KATA￾NYA dengan PEKERJAAN-PEKERJAAN-NYA. Karena jika IA tidak ada

sesuatupun untuk membuktikan keilahianNYa, maka perkataan-perkataan ini hanyalah 

perkataan kosong.

Marilah kita secara singkat mempertimbangkan PEKERJAAN-PEKERJAAN-NYA 

dan bagaimana semua itu membuktikan keilahian-Nya.

b. PEKERJAAN-PEKERJAANNYA.

Jika Yesus adalah ALLAH, seperti yang IA akui, maka PEKERJAAN￾PEKERJAANNYA harus SUPERNATURAL (diluar hal yang biasa) dan 

SUPERHUMAN (diluar kemampuan manusia). Perbuatan-perbuatan itu merupakan 

kenyataan yang luar biasa, bersifat rohani dan ilahi, sesuatu yang ada di luar nalar dan 

pengertian manusia.

Kita sudah menyinggung pengajaran-pengajaran-Nya. Semua yang telah mendengar￾Nya menjadi takjub. Pengajaran-Nya bukan berasal dari dunia ini: tidak ada orang 

biasa yang memiliki hikmat seperti itu yang bisa mengatakan hal-hal yang Ia katakan. 

ALLAH saja yang bisa memiliki pikiran-pikiran itu dan menjabarkan perkataan￾perkataan tersebut.

Dengan mujizat-mujizar-Nya, Yesus mendemontrasikan kuasa-Nya sebagai Tuhan 

atas Kehidupan dan Tuan dari dunia fisik dan rohani. Apakah seharusnya semua 

ini mengejutkan banyak orang, saat Yesus mengubah air menjadi jus anggur

(Yohanes 2:1-11), memberi makan 5000 orang (Matius 14:17-21) atau berjalan di 

Laut Galilea (Matius 9:27; 20:30), saat yang lumpuh berjalan (Matius 11:5, 15:31; 

Lukas 7:22), yang kusta menjadi tahir (Lukas 17:12), dan yang telah mati 

dibangkitkan (Yohanes 11; Markus 5:22-43)? Angin dan laut taat kepada-Nya

(Lukas 8:25) dan roh jahat juga (Markus 1:27).

Manusia menuntut untuk dapat melihat ³Wanda-Wanda´ dan ³keajaiban-keajaiban´, aWaX 

mereka tidak akan percaya. Tetapi saat mereka melihat itu semua, mereka tetapi tidak 

percaya, karena mengeraskan hati mereka. Maka Tuhan kita menyatakan kepada 

VemXa \ang mencaUi JXUX SelamaW: ³Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam 

Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan￾pekerjaan itu sendiri. (Yohanes 14:11) [penekanan ditambahkan]. Jika manusia tidak 

dapat diyakinkan dengan PEKERJAAN-PEKERJAAN dari Yesus, maka tidak ada 

yang bisa merubah pendapatnya.KEBANGKITANNYA.

Dari semua mujizat dan tanda yang telah tercatat di dalam Injil, kebangkitan dari 

Tuhan Yesus adalah yang terbesar. Tidak pernah sebelum dan sesudah ada kejadian 

seperti ini. Untuk seorang manusia mengakui bahwa ia akan menyerahkan nyawanya 

untuk orang lain adalah tidak mudah, namun itu telah terjadi, walaupun jarang sekali. 

Tetapi untuk seseorang menyerahkan nyawa-Nya untuk musuh-musuh-Nya adalah hal 

yang tidak pernah terdengar sama sekali! Namun, itulah yang Yesus Kristus telah 

lakukan! Tetapi bukan hanya itu saja. Dia mengaku dan juga mengumumkan bahwa Ia 

akan bangkit kembali dari kematian. Itu meninggikan Kristus kepada keunikan 

tertinggi, Dia sebagai ALLAH-MANUSIA, hanya Ia yang miliki.

Dalam pengorbanan-N\a di aWaV ka\X Valib, YeVXV mengaWakan ³Aku memberikan 

nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorangpun mengambilnya dari pada￾Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa 

memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali" (Yohanes 10:17-18).

Maka, Kebangkitan Yesus membuktikan DIA sebagai yang sangat unik dari PUTRA 

ALLAH, ALLAH di dalam DAGING, datang ke bumi sebagai PUTRA MANUSIA 

untuk menebus manusia yang jatuh dalam dosa kembali kepada ALLAH.

JIKA KRISTUS ADALAH ALLAH, bukankah seharusnya semua manusia 

mengakui-NYA dan MENYEMBAH-NYA?

KEMATIAN-NYA

Kehidupan dan pekerjaan KRISTUS tidaklah lengkap tanpa kisah KEMATIANNYA. Satu tujuan 

utama dari kedatangan-Nya ke dunia adalah untuk menyelamatkan manusia yang jatuh dalam dosa 

dan menebXV cipWaan \ang WeUhilang. ³Karena Putra Manusia juga datang bukan untuk dilayani, 

melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak 

orang." (Markus 10:45).

Jadi pada saat-saat sebelum kematiaanNya mendekat, jiwa-Nya sangat menderita. ³Sekarang jiwa￾Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, 

sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.´ (Yohanes 12:27).

Kematian Yesus adalah pusat dari pemberitaan Injil. Ini adalah jantung dari RENCANA 

KESELAMATAN ALLAH untuk MANUSIA YANG TELAH TERJATUH (DALAM 

DOSA).

RENCANA ALLAH AKAN KESELAMATAN

Di dalam bab mengenai DOSA, kita mencatat bahwa dengan kejatuhan Adam, seluruh umat 

manusia jatuh ke dalam kutuk kematian. ³Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam 

dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada 

semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa´ (Roma 5:12).

Karena dosa Adam, terbentuklah jurang dan jarak antara manusia dan Allah. Hubungan manusia 

yang semula ada dengan Allah telah putus selamanya. Dia menjadi terasing, terpisah, bermusuhan 

dengan Allah, hancur dan tersesat. Tetapi manusia adalah ciptaan terbaik Allah, yang diciptakan 

dari gambar dan rupa Allah, dan Allah tidak akan mengijinkan Setan untuk merampas umat 

manusia dari-Nya. Alkitab menyingkapkan bahwa Allah telah mengetahui segala sesuatu 

termasuk ketidaktaatan Adam dan Ia memegang kendali penuh sepanjang masa. Allah tidak 

pernah lalai: untuk Allah tidak ada yang mengejutkan-Nya.

Jadi Allah sudah mempunyai RENCANA KESELAMATAN bahkan sebelum Penciptaan. 

Semua itu telah terencana baik dan menyeluruh, bagaimana rencana jahat Setan bisa ditiadakan, 

dengan kemaWian \ang Uela daUi YeVXV KUiVWXV, Anak Domba Allah, ³yang tak bernoda dan tak 

bercacat. Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan...´ (1 PeWUXV 1:19-20).

RENCANA ini telah dikabarkan segera setelah kejatuhan, bahwa ketika Adam dan Hawa 

maVih ada di Taman Eden. ³Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan 

ini, antara benihmu dan benihnya; benihnya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan 

meremukkan tumitnya." (Kejadian 3:15). KUiVWXV, ³benih peUempXan´ \ang akan daWang akan 

meremukan kepala Setan: Ia akan meremukkan dan menghancurkan musuh dari jiwa kita.

Kenyataan bahwa RENCANA ALLAH memerlukan YESUS untuk menyerahkan hidup-Nya

sebagai harga untuk menebus dosa sangatlah jelas. Seluruh Perjanjian Lama kita melihat hal ini 

menjadi tema utama yang dijelaskan berulang-ulang dalam Sistem Imamat atas pengorbanan 

binatang untuk pengampunan dosa yang dikehendaki Allah. Korban penghapus dosa dan 

korban bakaran adalah dua contoh dari korban-korban yang harus dibawa orang Yahudi ketika 

mereka berdosa. Korban Domba Paskah pada awal Keluaran ketika Allah menyelamatkan umat￾Nya dari perbudakan di Mesir adalah contoh yang indah yang mengambarkan pengorbanan 

Yesus, Paksah kita, untuk menyelamatkan umat manusia dari perbudakan dosa yang mematikan.

Nabi-nabi Perjanjian Lama melihat ke depan Keselamatan dari Allah. Catatan yang terbaik dapat 

ditemukan di Yesaya 53 yang berbicara mengenai kedatangan Yesus sebagai hamba menderita dan 

Korban Domba Allah, ³kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.Tetapi dia tertikam oleh karena 

pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita ..Tetapi TUHAN berkehendak 

meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus 

salah.´ (Yesaya 53:4,5,10).


RENCANA ALLAH DALAM TINDAKAN

Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya, Yohanes Pembaptis mengumumkan kemunculan-Nya: 

³Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia´ (YohaneV 1:29). [penekanan 

ditambahkan]

Tuhan kita sendiri tidak pernah muncul keraguan mengenai misi-Nya di bumi sebagai Domba 

Allah yang dikorbankan. Dari waktu ke waktu Dia mengingatkan murid-murid-Nya akan 

kematian-N\a \ang akan daWang ³bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak 

penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan 

dibangkitkan pada hari ketiga.´ (Matius 16:21)

Pada hari pengorbananNya mendekat, ³Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke 

Yerusalem´ (Lukas 9:51). Tidak ada yang memaksa-Nya untuk menyerahkan nyawaNya. ³Tidak 

seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku 

sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang 

Kuterima dari Bapa-Ku." (Yohanes 10:18) [penekanan diberikan].

Pada Perjamuan Terakhir, Tuhan kita menginstitusikan Sakramen atas tubuh yang terpecah dan 

daUah \ang WeUcXUah iWX, ³sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak

orang untuk pengampunan dosa´ (MaWiXV 26:28). [Penekanan diberikan] Yesus menyerahkan diri￾Nya kepada ketertundukannya kepada kehendak Bapa dan meminum cawan pahit atas kematian 

di kayu salib.

KASIH ALLAH DITUNJUKKAN DI ATAS KAYU SALIB

Walaupun KRISTUS adalah pribadi yang menderita di atas kayu salib sebagai penanggung 

dosa kita, akan tetapi ALLAH Bapa bukannya tidak ada peran dalam karya penebusan yang 

besar ini. Bagaimana ini terjadi masihlah menjadi misteri, tetapi Alkitab mengatakan bahwa 

ALLAH mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus (2 Korintus 5:19). Kemudian, 

³akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, 

ketika kita masih berdosa.´ (Roma 5:8).

Di atas kayu salib, kita melihat keadilan, rahmat, dan kasih ALLAH bertemu dalam pribadi 

Tuhan Yesus Kristus.


KEMENANGAN DI ATAS KAYU SALIB

Kematian Kristus di atas kayu salib adalah jantung dari Injil. Anak domba Allah yang tidak 

bercacat sama sekali telah memberikan hidup-Nya sebagai jaminan untuk banyak orang

(Markus 10:45). Kristus ³telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang￾orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah´ (1 PeWUXV 3:18). ³Dia yang tidak 

mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan 

oleh Allah.´ (2 KoUinWXV 5:21). ³Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu 

salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya 

kamu telah sembuh.´ (1 Petrus 2:24).

Ketaatan Kristus kepada kehendak Bapa mendapatkan kemenangan yang besar atas dosa dan 

kematian. ³Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai 

mati, bahkan sampai mati di kayu salib.´ (Filipi 2:8). ³Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu 

orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua 

orang menjadi orang benar´ (Roma 5:19). [Penekanan diberikan]

Dengan kematian-Nya di kayu salib, Kristus menghapus halangan yang memisahkan manusia dari 

Allah. Saat dimana Dia berteriak ³THODK VHOHVDL!´ dan ³di dalam tanganMu kuserahkan 

Q\DZDKX´ dan tabir bait Allah terbelah menjadi dua dari atas kebawah, membuka jalan 

masuk ke hadapan Allah yang kudus untuk semua yang datang kepadaNya melalui Yesus 

Kristus saja. Kristus telah membukakan jalan ke Surga untuk semua orang berdosa yang 

mau menerima Dia sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

BERKAT-BERKAT DARI SALIB

Kepada semua yang percaya, ada ³kehidXpan \ang dihaUapkan´. Harapan Iman kepada Yang Telah 

Disalib memberikan kehidupan (Yohanes 3:14-15).

Kita dibenarkan melalui darah-Nya dan telah diselamatkan dari murka (Roma 5:9).

Kita diperdamaikan dengan Allah dengan kematian-Nya (Roma 5:10).

Dahulu kita adalah orang luar, orang asing, jauh dari Allah. Sekarang, melalui darah Kristus kita 

dijadikan dekat, dan menjadi warga dan anggota dari keluarga Allah (Efesus 2:12-19).

Dahulu kita adalah musuh-musuh, sekarang kita diperdamaikan, menjadi teman dan anak-anak

dari Allah yang maha kudus. (Kolose 1:21).




KUASA DARI SALIB

Ketika Yesus naik ke surga, Ia meninggalkan para Rasul untuk melanjutkan pekerjaan, untuk 

mengajarkan seluruh bangsa dan menjadikan lebih banyak murid-murid. Pesan yang mereka bawa 

XnWXk ke XjXng bXmi adalah ³YeVXV KUiVWXV dan Dia \ang diValib´ (1 KoUinWXV 2:2). KhoWbah aWaV 

Valib dan KUiVWXV \ang diValib adalah ³KekXaWan/kXaVa Allah dan hikmaW Allah´ (1 Korintus 1:24).

Oh, apakah Juruselamatku telah berdarah?

Dan apakah Penguasaku telah mati?

Akankah Dia memberikan kepala-Nya yang kudus

untuk cacing seperti aku?

Apakah itu untuk segala dosa yang telah kulakukan,

Dia menderita di atas salib?

Sangat kasihan! Anugerah yang tak dikenal!

Dan kasih yang diluar nalar!




Teks:

1 Korintus 15:12-22;

Yohanes 2:19-21

KEBANGKITAN Yesus Kristus membuat Kekristenan unik, karena di antara semua agama 

hanya YESUS yang pernah hidup dan bangkit dari kematian. KEBANGKITAN YESUS 

KRISTUS memperkuat semua dokrin iman Kristen. Di sisi lain, jika KEBANGKITAN tidak 

terbukti, maka semua doktrin iman Kristen kehilangan kredibilitasnya, iman kita tak ada gunanya, 

khotbah kita salah, dan kita masih dalam dosa-dosa kita.

KRISTUS MENUBUATKAN KEBANGKITANYA SENDIRI

Pada pelajaran kita yang lalu, kita melihat bahwa missi Tuhan datang ke dunia dalah untuk 

mempersembahkan Dirinya sebagai korban untuk dosa kita. Kapanpun dia berbicara tentang 

kematianya, Dia juga menubuatkan kebangkitannya pada hari ketiga. Dia melakukan ini pada 

awal pelayananNya (Yohanes 2: 19-21). Sekali dia membandingkan kematian dan 

kebangkitanNya dengan Yunus yang tiga hari tiga malam berada di perut ikan besar (Matius 

12:40). SeWelah ³pengakXan beVaU ³PeWUXV, TXhan kiWa beUbicaUa VecaUa Uinci WenWang kemaWian dan 

kebangkitanNya (Matius 16:21; Markus 8:31; Lukas 9:22). Demikian pula, Dia merujuk pada 

peristiwa-peristiwa ini saat Transfigurasi (Matius 17:9,23; Markus 9:9,10,31). Sebagaimana Dia 

mendekati Yerusalem, sekali lagi Tuhan kita memprediksi kebangkitanNya (Matius 20:19).

Jika nubuat-nubuat ini tidak terjadi dan Kristus mati dan tetap terkubur di dalam kuburan, maka 

semua pengajarannya akan binasa bersama dengan Dia.

KEBANGKITAN KRISTUS: FAKTA atau FIKSI?

Pertanyaan tentang kebangkitan Kristus ini sangat penting, seluruh gereja kristen berdiri atau 

jatuh bersamanya. Alasannya adalah tanpa kebangkitan Yesus Kristus kita semua akan masih 

berada dalam dosa-dosa kita. Dosa kita masih belum diampuni. Kematian masih berkuasa atas 

setiap orang berdosa. Kita menuju Neraka, setiap kita tanpa terkecuali. Karena itu mari kita 

memeriksa fakta-fakta Alkitabiah, dan menjadi jelas dalam pemikiran kita bahwa kebangkitan 

berdasarkan ³EDQ\DN EXNWL-EXNWL VHPSXUQD´ (Kisah Para Rasul 1:3).

Fakta-fakta kebangkitan secara meyakinkan di tentukan oleh tujuh dokumen dan peristiwa￾peristiwa berurutan.


1. HARI PERTAMA: YESUS MATI DAN DIKUBURKAN

Kelihatanya hampir tidak perlu membuat kasus tentang kematian fisik Tuhan kita, Namun 

demikian, XnWXk menghilangkan ³VZoon WheoU\´ (WeoUi \ang mengaWakan bahZa YeVXV Widak 

mati tapi pingsan) dan berbagai perkataan bodoh, mari kita menegaskan dengan jelas fatkta 

kematianNya.

Saksi mata tidak meninggalkan ruang keraguan untuk kita. Para tentara, yang tugasnya 

adalah untuk memastikan orang-orang yang disalibkan telah meninggal sebelum mayatnya 

diijinkan untuk dibawa turun, menemukan bahwa Yesus telah mati, jadi tidak perlu 

mematahkan kakinya. Tapi satu di antara tentara-tentara memastikan kematiannya dengan 

menobak lambungnya, dan segera mengalir keluar darah dan air dari lambung Kristus 

(Yohanes 19:33,34), ini menegaskan bahwa Krisstus benar-benar mati!

Selanjutnya, penguburan Tuhan kita oleh dua murid rahasia, Yusuf dari Arimatea dan 

Nikodemus. Dia mengambil mayatnya dan membalutnya dengan kain linen serta mur dan 

gaharu yang sekitar seratus pound beratnya menurut tradisi Yahudi. Dan membaringkannya 

di kuburan baru di dekat sebuah taman (Yohanes 19:38-42). Ini adalah Jumat Agung malam.

2. HARI KEDUA: KUBURANYA DI MATERAI DAN DIJAGA

Pada hari Sabtu, hari setelah penguburan, imam kepala dan orang Farisi datang kepada 

gubernur Pilatus, meminta agar kubur Yesus: ³Karena itu perintahkanlah untuk menjaga 

kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-muridNya mungkin datang untuk 

mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat, Ia telah bangkit dari antara orang mati…´

(Matius 27:64).

Izin yang diperlukan telah diberikan, mereka pergi dan memateraikan pintu masuk dengan 

baWX dan menempaWkan penjaga XnWXk menjaga kXbXU iWX (MaWiXV 27:66). SeoUang ³Penjaga´ 

dapat berarti menempatkan sebanyak mungkin penjaga yang diperlukan untuk memastikan 

kubur Kristus diamankan dengan aman. Secara manusia tidak mungkin seorangpun dapat 

masuk kedalam kubur karena penjaga-penjaga ini ada disana dengan hukuman mati di atas 

kepala mereka jika mereka gagal melaksanakan tugasnya. 

Jadi, ketika tubuh Tuhan kita yang dibalsem dan dibaringkan dengan balutan kain lenan di 

dalam kubur, penjaga bersenjata menjaga di luar. Ini adalah hari Sabtu.

3. HARI KETIGA: KUBURANYA KOSONG

Di kitab Injil, kita mempunyai catatan tersendiri tentang apa yang terjadi pada minggu pagi 

³haUi keWiga´ (Cf. MaWiXV 28:1; MaUkXV 6:1, LXkaV 24:1, YohaneV 20:1). keWika ZaniWa-wanita 

tertentu sampai ke kubur saat menyingsingnya fajar dengan membawa rempah-rempah

hendak mengurapi mayat Tuhan, mereka terkejut melihat batu besar terguling dan mayat 

Tuhan hilang! Kain kafan dan kain peluh yang membungkus kepala tergeletak tidak tergangu 

di atas batu tempat mayat itu dibaringkan. Murid-murid tertentu yang datang kemudian juga 

menyaksikan hal yang sama.

Yohanes 20:1-9, ³Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, 

pergilah Maria magdalena kekubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. 

Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan 

berkata kepada mereka: ³Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu 

dimana Ia diletakkan. Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. 

Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada 

Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain 

kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka datanglah Simon 

Petrus juga menyusul dia dan masuk kedalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak 

di tanah, sedangkan kain peluh yang tadinya ada di atas kepala Yesus itu terletak dekat 

kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung. Maka 

masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya 

dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi kitab suci yang mengatakan, 

bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.´

4. KESAKSIAN MALAIKAT-MALAIKAT

Penjaga yang ditempatkan oleh imam-iman dan orang-orang farisi, atas perintah Pilatus 

untuk menjaga kubur itu mereka seperti orang-orang mati. Matius 28:1-4, ³Setelah hari 

Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria 

Magdalena dan Maria yang lain menengok kubur itu. Maka terjadilah gempa bumi yang 

hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan 

menggulingkannya lalu duduk di atasnya. Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih 

bagaikan salju, dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang 

mati.´

Didalam kuburan ada dua malaikat yang menggumumkan fakta bahwa Yesus telah bangkit 

dari kematian dengan berkata: ³Mengapa kamu mencari dia yang hidup, di antara orang 

mati? Ia tidak ada disini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, 

ketika ia masih di Galilea, yaitu bahwa Putra manusia haris diserahkan ketangan orang￾orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga´ (Lukas 24:5,6,7).

5. YESUS MENAMPAKKAN DIRI

Injil mencatat sepuluh penampakan Tuhan kita secara terpisah yang bangkit kepada 

murid-mXUid dan ³VakVi-VakVi \ang dipilih´ lainn\a ( \aiWX MaUia MaUia Magdalena, dXa 

orang perempuan yang kembali dari kubur, Petrus, dua orang murid dalam perjalanan ke

Emaus, kepada kesepuluh murid di ruang atas pada malam paskah pertama, kepada kesebelas 

murid di tempat yang sama seminggu kemudian, kepada lebih dari 500 saudara pada satu 

waktu, Yakobus, kepada beberapa murid di tepi danau Galilea, dan kepada orang percaya 

yang berkumpul di bukit Zaitun pada hari kenaikan, dan terakhir kepada rasul Paulus.)

1 Korintus 15:4-8, ³dan bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada 

hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci, dan bahwa ia telah menampakkan diri kepada 

Kefas, dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya. Sesudah itu Ia menampakkan diri 

kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus, kebanyakkan mereka masih hidup sampai 

sekarang, tetapi diantaranya telah meninggal, selanjutnya Ia menampakkan diri kepada 

Yakobus, kemudian kepada semua rasul, dan yang paling akhir dari semuanya Ia 

menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.´

Dalam semua hal ini, Yesus muncul secara jasmani dan mengesankan fakta ini kepada 

murid-murid (Lukas 24:39, 40; Yohanes 20:27). Tidak diragukan jika Dia memiliki tubuh. 

Sedikitnya ada satu kesempatan Dia makan. Namun, dia memiliki tubuh supernatural. Dia 

dapat menembus hambatan fisik secara leluasa dan tanpa halangan: kain kafan dan pintu 

yang tertutup bukan hambatan terhadapat gerakannya. Dia dapat secara spontan muncul dan 

menghilang (Lukas 24:31,36).

Lukas 24:39-42, ³Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku; Aku sendirilah ini; raba Aku dan 

lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada￾Ku. Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. Dan 

ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada 

mereka, adakah makanan padamu di sini? Lalu mereka memberikan kedanya-Nya sepotong 

ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.´

Dari catatan kitab Injil dan surat rasul Paulus, kita dapat menyimpulkan bahwa tubuh 

kebangkiWan YeVXV adalah VeVXaWX \ang VXpeUnaWXUal \aiWX WXbXh ³mXlia´, \ang juga akan 

menjadi tubuh kebangkitan kita dia masa yang akan datang. Dalam tubuh kebangkitannya 

yang mulia, Yesus naik ke surga. Dengan tubuh yang sama, Dia akan kembali ke bumi 

satu hari nanti.

6. MURID-MURID DIUBAHKAN

Ketika penyaliban Yesus membuat murid-murid pada kondisi takut dan berduka, 

penampakkan diri-Nya menyebabkan perubahan secara instant, mendalam dan permanen. 

Kepengecetun memberi tempat bagi keberanian yang bertahan selama bertahun- tahun 

sampai saat kemartiran. Gerombolan orang Galilea yang tak kenal takut pergi kemana saja, 

melawan semua penentang dengan memberitakan injil kebangkitan Tuhan. Upah mereka 

adalah kesusahan, penganiayaan, dipenjarakan, segala bentuk penderitaan, pengasingan dan 

termasuk kematian.Khotbah mereka dihadiri dengan kuasa besar dan kesuksesan. Orang banyak dimenangkan 

untuk Yesus Kristus di Yerusalem dan Yudea, dan seluruh wilayah Mediterania. Kuasa 

seperti itu tidak mungkin terjadi jika Yesus telah binasa di dalam kubur. Bagian dari kitab 

Kisah Para Rasul berikut adalah satu dari banyak bagian yang mendemonstrasikan 

keberanian murid-murid Kristus SETELAH kebangkitan Kristus.

Kisah Para Rasul 5:26-33, ³Maka pergilah kepala pengawal serta orang-orangnya ke bait 

Allah, lalu mengambil kedua rasul itu, tetapi tidak dengan kekerasan, karena mereka takut, 

kalau-kalau orang banyak melempari mereka. Mereka membawa keduanya dan 

menghadapkan mereka kepada Mahkama Agama. Imam besar mulai menanyai mereka, 

katanya: Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, 

kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan 

darah orang itu kepada kami. Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: Kita 

harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia. Allah nenek moyang kita telah 

membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh. Dialah 

yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan 

Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa. Dan kami 

adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada 

semua orang yang menaati Dia. Mendengar perkataan itu sangat tertusuklah hati mereka 

dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu.´

7. INSTITUSI HARI TUHAN

Penting untuk dicatat bahwa penampakan diri Tuhan, kapan pun harinya disebutkan, adalah 

pada hari pertama di minggu itu. Hari ibadah untuk gereja di Perjanjian Baru kemudian 

menjadi hari pertama, sedangkan di Perjanjian Lama pada hari ke tujuh. Hari ini telah disebut 

naman\a ³Hari nya Tuhan´ dan jXga adalah haUi dimana TXhan menampakkan diri 

kepada Yohanes di pulau Patmos. Dari semua catatan yang ada, kemudian, kita 

menemukan bahwa gereja kristen memperingati hari Minggu sebagai hari ibadah dan 

istirahat (Matius 28:1, Markus 16:2,9, Lukas 24:1, Yohanes 20:1,19, Kisah Para Rasul 20:7; 

1 Korintus 16:2).

Dari catatan sebelumnya, kita mempunyai jaminan penuh bahwa Tuhan kita tidak hanya mati 

sesuai dengan kitab suci, tapi Dia juga bangkit dari kematian pada hari ketiga sesuai dengan 

Kitab Suci dan Dia adalah kepala gereja.

KiVah PaUa RaVXl 20:7, ³Dan pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul 

untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena 

ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung 

sampai tengah malam.´










Teks:

2 Timotius 3:16, Mazmur 119:89; 105:130, 2 Petrus 1:20-21,

Mazmur 12:6-7, Matius 5:18; 24:35, Markus 13:31,

Lukas 21:33, Wahyu 22:18-19

I. APA YANG DIKATAKAN BEBERAPA ORANG HEBAT

TENTANG ALKITAB

1. Abraham Lincoln:

Saya percaya Alkitab adalah hadiah terbaik yang diberikan Allah kepada manusia. Semua 

yang baik dari juruselamat dunia diberitahukan kepada kita melalui buku ini.

2. George Washington

Mustahil untuk memerintah dunia dengan benar tanpa ALLAH dan ALKITAB.

3. Charles Dickens

Perjanjian Baru adalah buku terbaik yang pernah atau yang akan dikenal di dunia.

4. Sir Isaac Newton

Ada lebih banyak tanda-tanda otentik dalam ALKITAB dari pada sejarah duniawi lainnya.

5. Sir Winston Churchill

³BaWX kaUang kiWab VXci \ang Wak WeUWembXV´. Kami menolak dengan cemoohan VemXa miWoV 

yang dipelajari dan dikerjakan bahwa Musa hanyalah tokoh legendaris. Kami percaya bahwa 

pandangan yang paling ilmiah, yang terbaru dan konsepsi rasionalistik, akan menemukan 

kepuasan penuh dalam mengambil Alkitab secara harfiah dan dalam mengidentifikasi salah 

satu manusia terhebat dengan lompatan paling maju yang pernah dibuat dalam sejarah 

manusia.

Kita yakin bahwa semua kejadian-kejadian, nama-nama, tempat-tempat dan tempat- tempat

kejadian persis seperti yang ditetapkan sesuai dengan kitab suci. Alkitab ditulis oleh Allah sendiri 

melalui pengilhaman. Alkitab telah dijaga dengan sempurna oleh Allah sendiri sepanjang zaman 

and tanpa kesalahan sehingga umat Allah dengan percaya diri dapat selalu mengatakan bahwa 

mereka mempunyai Firman Tuhan yang diilhamkan dan sempurna hari ini dan seterusnya.



ISI ALKITAB

PERJANJIAN LAMA - 39 BUKU

1. BUKU SEJARAH - ³KebangkiWan dan kejaWXhan BangVa YahXdi´

1. Kejadian (Buku permulaan)

2. Keluaran (Keluarnya bangsa Israel dari Mesir)

3. Immamat (Kehidupan rohani bangsa Israel di bawah kepemimpinan imam - imam)

4. Bilangan (Penghitungan bangsa Israel dalam pengembaraan mereka di padang gurun)

5. Ulangan (Pemberian hukum yang kedua kali)

6. Yosua (Penaklukan tanah perjanjian di bawah kepemimpinan Yosua)

7. Hakim- Hakim (Bangsa Israel di bawah kepemimpinan hakim-hakim)

8. Rut (Garis keturunan kerajaan)

9. 1 Samuel (Israel memilih raja pertamanya)

10. 2 Samuel (Israel dibawah pemerintahan raja-raja)

11. 1 Raja-Raja (Israel terpecah di bawah pemerintahan raja-raja)

12. 2 Raja-Raja (Israel dibawa kepembuangan di bawah pemerintahan raja-raja)

13. 1 Tawarikh (Catatan sejarah kerajaan selatan)

14. 2 Tawarikh (Catatan sejarah kerajaan selatan)

15. Ezra (Kembalinya bangsa Yahudi dari pembuangan)

16. Nehemia (Pembangunan kembali tembok kota)

17. Ester (Tangan Tuhan dalam urusan bangsa)

B. BUKU PUISI - ³SaWUa Pada Zaman KeemaVan BangVa´

18. Ayub (Penderitaan seorang saleh)

19. Mazmur (Puji-pujian orang Yahudi, untuk hiburan, dorongan dan ibadah)

20. Amsal (perkataan-perkataan bijaksana raja Salomo)

21. Pengkhotbah (pengkhotbah merenungkan masalah-masalah hidup)

22. Kidung Agung (puji-pujian bermutu tinggi)

23. Ratapan (Ratapan Yeremia setelah kehancuran Yerusalem)

C. BUKU NABI-NABI - ³SaVWUa Pada HaUi-HaUi Gelap´

24. Yesaya

25. Yeremia 

26. Yehezkiel 

27. Daniel 

Nabi-Nabi Besar (empat)


28. Hosea

29. Yoel

30. Amos 

31. Obaja

32. Yunus

33. Mikha

34. Nahum

35. Habakuk

36. Zefanya 

37. Hagai

38. Zakharia

39. Maleakhi 

PERJANJIAN BARU ± 27 Buku

D. INJIL - ³KabaU Baik TenWang Raja dan KeUajaanN\a)

1. Matius

2. Markus

3. Lukas

4. Yohanes

E. KISAH PARA RASUL - ³DaWanglah KeUajaanMX´

5. Kisah Para Rasul atau Roh Kudus

F. SURAT-SURAT-³PengajaUan-Pengajaran Lebih Lanjut dan Prinsip-Prinsip Kerajaan 

Allah´

6. Roma

7. 1 Korintus

8. 2 Korintus

9. Galatia

10. Efesus

11. Filipi

12. Kolose

13. 1 Tesalonika

14. 2 Tesalonika

15. 1 Timotius

16. 2 Timotius

17. Titus

18. Filemon


19. Ibrani

20. Yakobus

21. 1 Petrus

22. 2 Petrus

23. 1 Yohanes

24. 2 Yohanes

25. 3 Yohanes

26. Yudas

G. WAHYU (Akhir zaman) - ³Hal-Hal \ang HaUXV SegeUa TeUjadi´

27. Wahyu

III. APA ITU ALKITAB?

ALKITAB adalah FIRMAN ALLAH. Tanpa salah, diilhamkan secara sempurna dan 

dipelihara secara sempurna sepanjang zaman untuk kita oleh Allah.

ALKITAB adalah catatan hubungan ALLAH dengan manusia, dari awal hingga kesudahan segala 

sesuatu. Alkitab menceritakan penciptaan manusia, kejatuhan dan penebusan. Alkitab 

mengungkapkan RENCANA ALLAH tentang KESELAMATAN untuk manusia. Alkitab 

mengungkapkan KEHENDAK ALLAH untuk kamu dan saya. Allah menyatakan Dirinya sendiri 

kepada manusia berdosa.

Pesan Perjanjian Lama adalah: Juru Selamat akan datang! Perjanjian Baru mengatakan: Juru 

Selamat sudah datang! Keduanya mengatakan: Juru Selamat akan datang kembali!

ALKITAB mempunyai solusi untuk semua masalah-masalah dunia yang kompleks dan tak 

terselesaikan. Alkitab mempunyai solusi untuk masalahmu - semuanya, tanpa terkecuali.

ALKITAB ADALAH FIRMAN HIDUP KEKAL

IV. BAGAIMANA ALKITAB DITULIS?

PENGARANGNYA ADALAH ALLAH SENDIRI (Doktrin Inspirasi)

Ketika manusia adalah agen yang bertanggungjawab dalam menulis buku-buku pada Alkitab, 

PENGARANGNYA atau PEMIKIR UTAMA dari ALKITAB adalah ALLAH SENDIRI.

Biarkan FIRMAN TUHAN menyatakan (Otoritas Tertinggi)

³Sebab Widak peUnah nXbXaW dihaVilkan oleh kehendak manXVia; tetapi oleh dorongan Roh Kudus 

orang-orang berbicara atas nama Allah´ (2 PeWUXV 1:21)

³Semua tulisan diilhamkan oleh Allah«´ (2 TimoWiXV 3:16)



1 TeValonika 2:13 men\aWakan, ³dan kaUena iWX kami Widak pXWXV-putusnya mengucap syukur juga 

kepada Allah, sebab kamu telah menerima Firman Allah yang kami beritakan itu, bukan 

sebagai perkataan manusia, tetapi- dan memang sungguh-sungguh demikian- sebagai 

Firman Allah, \ang bekeUja jXga dalam kamX \ang peUca\a.´

Dalam penulisan kitab Wahyu, TUHAN YESUS menunjuk rasul Yohanes dengan perkataan: 

³KaUena iWX WXliVkanlah apa \ang Welah kaXlihaW, baik \ang WeUjadi VekaUang maXpXn \ang akan 

WeUjadi VeVXdah ini.´ (Wah\X 1:19)

Apa dasar yang yang ada untuk mengatakan bahwa pengarang ALKITAB adalah ALLAH 

SENDIRI? Pertanyaan bagus! Mari kita beri jawaban yang masuk akal.

ALKITAB memiliki 66 BUKU

Ditulis oleh 40 orang,

Dalam berbagai perjalanan hidup yang berbeda

selama 60 generasi dan 1.600 tahun

Di tempat-tempat yang terpisah

Di 3 benua (Asia, Afrika, Eropa)

Dalam 3 bahasa (Ibrani, Aram, Yunani)

Tapi ketika 66 buku diletakkan bersama sebagai ALKITAB, mereka membentuk satu volume 

yang harmonis, menceritakan satu cerita: KASIH ALLAH UNTUK MANUSIA BERDOSA. 

Hanya ada satu tema dari awal hingga akhir, tanpa pertentangan atau area yang saling 

bertentangan. HANYA SATU BUKU YANG HARMONIS- BUKU ILAHI!

Bagaimana ini mungkin, kecuali untuk fakta ini: dibalik banyak juru tulis ada SATU 

PENGARANG, ALLAH.

KaUena iWX melalXi AlkiWab, ³Beginilah FiUman TXhan«´ beUXlang-ulang kali.

Kemudian secara kontras, mari kita mempertimbangkan preposisi ini. Misalkan kita memanggil 

10 penulis pada generasi kita, semua dalam satu perjalanan hidup, di satu tempat, pada waktu yang 

sama, dan dalam satu bahasa, untuk menulis secara tersendiri terhadap beberapa subjek yang 

kontroversial, menurutmu, apa yang akan menjadi hasilnya?

Apakah kamu berpikir akan ada kesepakatan dan harmoni ketika sepuluh esai atau buku diletakkan 

bersama? Hasilnya akan sangat mungkin, pandangan yang berbeda dan saling bertentangan. Kita 

bisa menyebutnya semacam literatur campur aduk.

Mempertimbangkan cara Alkitab ditulis, tidak ada penjelasan lain selain ini: PENGARANGNYA 

ADALAH ALLAH SENDIRI, melampaui semua penjelasan penjelasan ini, untuk percaya adalah 

masalah IMAN.

V. BANTAHAN-BANTAHAN TENTANG ALKITAB

Sampai sekitar 200 tahun yang lalu, Alkitab diterima tanpa pertanyaan sebagai FIRMAN ALLAH 

YANG SEMPURNA DAN TAK BERCACAT. Sejak saat itu, namun, yang disebut ahli teologi, 

arkeolog dan profesor seminari mulai menebar keraguan tentang bagian tertentu di Alkitab, secara 

khusus, semua catatan tentang mujizat dan kejadian supernatural contohnya Penciptaan, Air bah, 

Menyeberangi laut Teberau oleh bangsa Israel, runtuhnya Yerikho di Perjanjian Lama, dan 

mujizat-mujizat Yesus dan lainya baik di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, kebangkitan dan 

kenaikanNya di Perjanjian Baru. Ini sebagian besar disebabkan penemuan humanistik yang disebut 

Redaksi dan Teks Kritik yang muncul pada abad ke sembilan belas. Orang - orang liberal ini 

menyerang Firman Tuhan dari kepengarangan Alkitab sampai kepada isi Alkitab itu sendiri 

dengan spekulasi mereka yang tak bertuhan dan berpusat pada manusia dengan mengatakan bahwa 

Alkitab mempunyai kesalahan. 

Padahal sebelumnya Alkitab diterima sebagai FIRMAN ALLAH secara total, sekarang para 

VaUjana dan pengkUiWik modeUn mengaWakan bahZa AlkiWab ³mengandXng FiUman Allah´, Vehingga 

menyuntikkan keraguan dan menyiratkan bahwa Alkitab juga mengandung hal-hal lain di samping 

Firman Tuhan. Sarjana- sarjana dari sekolah liberal modernis mempertahankan bahwa sebagian 

beVaU iVi AlkiWab adalah ³miWoV-miWoV´ dan ³legenda-legenda´, Vedangkan bagian lain \ang Widak 

sesuai dengan ilmu pengetahuan modern dianggap sebagai kesalahan.

Kita tidak akan membahas terlalu banyak bantahan-bantahan terhadap Alkitab, tapi kita hanya 

akan membahas beberapa yang lebih umum.

1. ³AONLWDE NHWLQJJDODQ ]DPDQ´

Ini menyiratkan bahwa Alkitab sudah ketinggalan zaman dan mungkin tidak relevan untuk 

manusia di zaman modern.

UnWXk banWahan ini kiWa menjaZab demikian: FIRMAN TUHAN mXngkin ³WXa´- Alkitab 

berasal dari dua puluh hingga tiga puluh abad yang lalu. Namun, FIRMAN ALLAH tidak 

menua. Alkitab tetap selalu segar, relevan dan baru. Alkitab memiliki solusi untuk setiap 

permasalahan manusia, sekarang atau 3.000 tahun yang lalu. MAzmur 19:7-11, ³Taurat 

Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan Tuhan itu teguh, memberikan hikmat 

kepada orang yang tak berpengalaman. Titah Tuhan tepat, menyukakan hati; perintah 

Tuhan itu murni, membuat mata bercahaya. Takut akan Tuhan itu suci tetap ada untuk 

selama-lamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil semuanya, lebih indah dari pada 

emas, bahkan dari pada emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah. Lagipula hamba-Mu diperingatkan oleh semuanya itu, dan orang 

yang berpegang padanya mendapat upah yang besar.´

Padahal buku-buku pelajaran, khususnya subjek ilmiah, menjadi ketinggalan zaman dan tak 

dapat digunakan setelah beberapa tahun saja (kecuali mereka menjalani revisi berkala), 

Alkitab tetap sama- tidak berubah dan tidak akan berubah dari semula sampai sekarang￾HANYA SATU EDISI SAJA

Untuk mengatakan bahwa Alkitab ketinggalan zaman hanya menunjukkan ketidaktahuan 

dan ketidakpercayaan seseorang.

2. ³AONLWDE PHQJDQGXQJ EDQ\DN NHVDODKDQ´

Ini adalah tuduhan serius dan jika dibuktikan berarti kejatuhan dari Alkitab. Alkitab tidak 

lagi dapat dianggap sebagai FIRMAN TUHAN. Mari kita memeriksa pernyataan ini.

Apa ³kesalahan´ \ang dimakVXd pengkUiWik? UnWXk melabel bagian-bagian yang 

beUWenWangan dengan ³pendapaW ilmiah´ Vebagai ³keValahan´ adalah Widak benaU dan VangaW 

picik. PendapaW ³ilmiah´ modeUn berubah secara terus menerus dan pengetahuan ilmiah 

sangat terbatas. Ketika sains dapat belajar, mengamati dan mengukur fenomena fisik saat 

ini, tidak ada cara untuk menggunakan metode-metode yang sama untuk kejadian yang 

terjadi dahulu kala, atau peristiwa rohani atau supernatural.

Empat puluh tahun yang lalu, Harry Rimmer dari New York menawarkan hadiah uang yang 

banyak kepada siapa saja yang dapat membuktikan di pengadilan bahwa ada kesalahan 

dalam Alkitab. Dia mempekerjakan seorang pengacara Kristen James E Bennett untuk 

membela kasusnya. Ketika hadiahnya diumumkan di koran, banyak musuh Alkitab 

mengajukan klaim mereka. Kasus mereka didengar dihadapan hakim di pengadilan.

Meskipun banyak tuduhan dan serangan terhadap FIRMAN TUHAN, tidak seorang pun 

dapat membuktikan bahwa ada bahkan satu saja kesalahan dalam Alkitab. Tidak seorang 

pun mendapatkan hadiah!

TipXan halXV meUeka WeUmaVXk peUn\aWaan VepeUWi. ³keValahan-kesalahan ini sedikit, hanya 

melibatkan nama-nama orang dan tempat-tempat, dan angka-angka yang tidak 

mempengaruhi keselamatan seseorang. Karena itu tidak apa-apa memiliki Alkitab dengan 

keValahan di WanganmX.´ PendapaW \ang beUpXVaW pada manXVia Vemacam ini Welah menjadi 

alat si jahat selama berabad-abad. Mereka terus menerus dipakai hari ini karena 

effektivitasnya. Jangan dibodohi oleh pendapat yang berpusat pada manusia ini. Ingat bahwa 

alasan atau pendapat apapun yang berpusat pada manusia tidak berasal dari Allah, karena 

Allah selalu berpusat pada Allah.Allah yang sempurna telah memberikan kepada kita Alkitab yang sempurna. Allah yang 

sempurna juga telah memelihara Alkitab yang sempurna secara sempurna untuk kita 

sepanjang zaman. Jika Firman Tuhan memiliki kesalahan tidak peduli betapa kecil, doktrin 

pengilhaman dan karakter Allah akan hancur dan manusia dalam bahaya kehilangan 

imannya.

Ketika pendapat-pendapat manusia dan spekulasi ilmiah terus berubah, seperti lautan pasang 

dan surut. Alkitab bertahan di segala zaman, TEGUH dan TIDAK GOYAH, seperti BATU 

GIBRALTAR.

³Untuk selama-lamanya, ya Tuhan, Firman-Mu tetap teguh di VoUga.´ (Ma]mXU 119:89)

³Janji Tuhan adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan 

dalam dapur peleburan di tanah. Engkau, Tuhan, yang akan menepatinya, engkau akan 

menjaga kami senantiasa terhadap angkatan ini´(Mazmur 12:6-7).

³Karena Aku berkata kepadamu: sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, 

satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum taurat, sebelum semuanya 

terjadi´ (Matius 5:18).

³langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu´ (Matius 24:35).

3. ³AONLWDE WLGDN LOPLDK´

Ketika Alkitab bukan buku pelajaran sains (tidak dimaksudkan untuk menjadi seperti itu), 

tidak ada satupun pernyataan Alkitab yang berhubungan dengan topik ilmiah apapun yang 

pernah ditemukan sebagai kesalahan. 

Sebaliknya, Alkitab menyatakan banyak fakta ilmiah berabad-abad sebelum ilmuan 

menemukannya. Di sini ada beberapa contoh.

a. Hingga ditemukannya teleskop pada abad ke 17, astronom biasa menghitung bintang￾bintang (Plotemy menghitung 1056, Kepler menghitung 1005).

Lebih dari 2000 tahun yang lalu, AlkiWab VXdah men\aWakan: ³VepeUWi WenWaUa langiW Widak 

WeUbilang´ (YeUemia 33:22).

b. Manusia purba tidak mempunyai pengetahuan tentang ³DSD \DQJ PHQRSDQJ EXPL´

Orang Yunani biasa berpikir bahwa dunia diangkat oleh seorang yang sangat kuat 

³AWlaV´. OUang India mengambaUkan bXmi diWopang oleh empaW gajah.Dahulu kala (lebih dari 3000 tahun yang lalu) FIRMAN TUHAN berkata: Dia 

mengantungkan bumi pada kehampaan (Ayub 26:7). beberapa tahun terakhir, 

penjelajah luar angkasa dan satelit di orbit memberikan kita gambar yang indah tentang 

bXmi kiWa ³mengapXng´ di UXang angkaVa, Widak beUganWXng pada apa pXn.

c. Hingga Columbus berlayar keliling dunia pada abad ke 15, manusia sering berpikir 

bahwa bumi adalah datar.

Lebih dari 2000 tahun sebelumnya, AlkiWab beUkaWa WenWang Allah: ³Dia beUWahWa di aWaV 

bulatan bXmi´ (YeVa\a 40:22)

KiWa biVa melangkah lebih jaXh dalam ³membXaW kaVXV XnWXk AlkiWab´ Wapi VXnggXh Widak peUlX 

melakukan itu. Bagi banyak orang, pikiran seseorang, setelah dibuat, diatur untuk selamanya, dan 

banyak penjelasan tidak akan mengubahnya.

Tuhan berfirman kepada manusia dan manusia: ³Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, 

dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah Firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi, 

demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu´ (Yesaya 

55:8-9).

Faktanya mereka yang mengkritik Alkitab adalah mereka yang memiliki pengetahuan paling 

sedikit tentang Alkitab! Jika Allah kita tidak dapat membuat mujizat-mujizat, tapi terbatas oleh 

hukum fisik seperti manusia, maka DIA bukan ALLAH. Tapi DIA adalah PENCIPTA dan 

PERBUATANYA termasuk SUPERNATURAL dan MANUSIA SUPER.

Tidak ada yang dapat menyelami pengertianNya. Alkitab mencatat untuk kita PERBUATAN￾PERBUATAN ALLAH YANG BERKUASA.

VI. APA YANG PENDIRIAN GEREJA B-P KITA TENTANG ALKITAB?

PELINDUNG INJIL GEREJA B-P CALVARY PANDAN: VPP

Pendeta senior Dr. Tow menerbitkan ini pada buletin mingguan gereja pada 1 Januari 2006: Puji 

Tuhan, setelah penantian akan Tuhan, Dia telah memampukan saya mengkonsep sebuah 

pernyataan untuk Calvary Pandan (pemimpin dan anggota) yang akan memimpin kita kepada 

³padang beUXmpXW hijaX dan aiU \ang Wenang.´

Pembaca, berdoa saat anda merenungkan hal ini ³12 SRLQ PHUQ\DWDDQ´

1. Semua putra reformasi sejaWi peUca\a: ³OUang benaU akan hidXp oleh iman dan iman WimbXl 

daUi pendengaUan oleh FiUman KUiVWXV´ (Roma 1:17; 10:17). din\aWakan dengan caUa lain, 

³KaUena kamX Welah dilahiUkan kembali bXkan daUi benih \ang fana, WeWapi FiUman TXhan 

tetap untuk selama-laman\a. Inilah FiUman \ang diVampaikan injil kepada kamX´ (1 PeWUXV 

1:23,25)2. Sebagai putra reformasi sejati kita percaya bahwa Firman Tuhan yang tidak fana dan tetap 

Velaman\a Vama dengan ³tidak bercacat´ (Wanpa keValahan) dan ³sempurna´ (Widak dapaW 

melakukan kesalahan).

3. Sejak berdirinya, Gereja Calvary Alkitab Presbyterian telah menulis dalam konstitusinya 

percaya pada Firman Allah yang tidak bercacat dan sempurna (artikel 4.2.1):

Kita percaya pada keilahian, pengilhaman kata demi kata secara lengkap dari kitab 

suci dalam bahasa asli, tanpa cacat dan sempurna, dan, sebagai Firman Allah, 

otoritas tertinggi dalam iman dan hidup;

4. Dalam ³artikel iman´ ini ³kiWab VXci dalam bahaVa aVli´ mengacX pada Valinan aVli FiUman 

TXhan \ang dikenal dengan ³autographs,´ \ang VeiUing ZakWX Welah aus/ usang tidak ada 

lagi.

5. Kitab suci yang kita pakai hari ini adalah King James Version (KJV, KJB), Alkitab yang 

dihormati dan dicintai saat Reformasion, dimana kita mengacu pada konstitusi kita 4.2.1, 

kita memakai KJV atau KJB sebagai Firman Tuhan, tidak ³bercacat dan sempurna.´

6. MelalXi bXah kiWa WahX pohonn\a: KJV adalah bXah \ang dihaVilkan daUi pohon ³naVkah 

VXmbeU´ aWaX MSS (ManXVkUip). kiWa peUca\a bahZa FiUman TXhan Widak beUcacaW dan 

sempurna, sebagaimana yang direpsesentasikan oleh KJB telah dihasilkan dari naskah teks 

aWaX MSS aWaX ³ApogUaf´ (Valinan aXWogUaf) \ang Wanpa cacaW dan VempXUna.

7. Pertanyaan: Dapatkah kita mengidentifikasi teks ini?

8. Jawab: Tentu. Tuhan kita tidak meninggalkan dirinya sendiri tanpa saksi, tapi memelihara 

dengan sempurna MSS: Masoretic Hebrew Old Testament Text (naskah Perjanjian Lama 

IbUani MaVoUeWic), NaVkah PeUjanjian BaUX \ang ³diWeUima´ (Te[WXV RecepWXV). DaUi naVkah 

yang dipelihara sempurna ini Firman Tuhan diilhamkan, tanpa cacat, sempurna, 

menghasilkan KJB.

9. Apa itu VPP?

V adalah ³9HUEDO,´ artinya ³NDWD GHPL NDWD´ (Kamus Websters)

P adalah ³POHQDU\,´ aUWin\a ³NRPSOLW DWDX PXWODN´ (Kamus Websters)

P adalah ³PUHVHUYDWLRQ.´ artinya ³GLMDJD GDUL NHUXVDNDQ DWDX HUURU´

10. ³9PP NLWDE VXFL´ mengacu pada pemeliharaan supernatural Allah selama berabad-abad 

(Pengakuan Iman Westminster pasal 1, VIII; lihat juga Mazmur 12:6,7; Matius 5:18, 

24:35; 1 Pet 1:25) menjaga pengiriman naskah oleh juru tulis dan penyalin, sehingga tubuh

naskah (Masoretic Hebrew Old Testament dan Recieved Greek New Testament) telah 

dijaga mXUni Vebagai ³pohon yang baik´ membeUi kiWa ³buah yang baik,´ \aiWX KJB.

11. Sebagaimana serangan terhadap Firman Tuhan semakin hebat, umat beriman Tuhan yang 

tersisa juga meningkatkan dan memperkuat kesetiaan mereka kepada Firman Tuhan yang 

tanpanya seluruh fondasi injil akan runtuh.

12. Gereja Alkitab Presbyterian Calvary Pandan menjunjung tinggi Firman Tuhan yang 

diilhamkan dan dipelihara dengan ³tali tiga jalinan´ \ang Widak dapat diputuskan, yaitu:

a. Konstitusi 4.2.1

b. VPP Firman Tuhan

c. KJB, Alkitab Reformasi

KiWa memegang ³pandangan WeUWinggi´ daUi KiWab SXci. KiWa Widak mengklaim XnWXk mengeUWi 

setiap bagian KITAB. Ada bagian yang tidak kita pahami sepenuhnya. Tentang ini, kita katakan 

³kiWa Widak WahX.´ BebeUapa bagian mXngkin membingXngkan. Tapi bXkan beUaUWi ALKITAB Valah. 

Hanya pemahaman kita yang tidak lengkap.

Martin Luther, Reformer abad ke enam belas, percaya dan mengajarkan bahwa Alkitab sempurna 

di semua bagiannya. Luther mengutip surat Agustinus kepada Jerome yang mana dia menulis,

³Saya telah belajar melakukan ini; untuk hanya memegang buku-buku yang disebut kitab suci 

dengan hormat dan akhirnya saya percaya bahwa tidak ada satupun penulis yang pernah berbuat 

salah.´

Luther mendukung pandangan Agustinus dan dia menyatakan: ³Kitab suci tidak dapat salah. 

Sudah pasti bahwa isi kitab suci tidak dapat tidak setuju satu dengan lain. Tidak mungkin bahwa 

kitab suci bertentangan dengan dirinya sendiri, itu hanya nampak pada orang munafik yang tidak 

berperasaan dan keras kepala.´

Ketika Luther menemukan perbedaan atau pertentangan yang berkaitan tentang kronologi, dia 

menolak memihak ³meUeka \ang beUkaWa AlkiWab WeUbXkWi Valah.´

LXWheU beUkaWa ³Saya menyimpulkan hal itu dengan pengakuan yang rendah hati tentang 

ketidaktahuan saya karena hanya Roh Kudus yang mengetahui dan memahami segala 

VHVXDWX.´

VII. PERYATAAN TENTANG PEMELIHARAAN TEKSTUAL OLEH MAJELIS 

GEREJA ALKITAB PRESBYTERIAN CALVARY PANDAN (April 2006)*

1. Kami menegaskan kepatuhan kami yang tak tergoyahkan terhadap konstitusi gereja 4.2.1, 

percaya bahwa Allah telah memberi kita Firman yang diilhaminya dalam bahasa asli, tanpa 

cacat dan sempurna.

2. Kami percaya bahwa naskah kitab suci yang mencerminkan kualitas Firman yang 

dihembuskan Tuhan adalah Hebrew Masoretic Text (Naskah Ibrani Masoretic)1 dan The 

Greek Recieved Text (Naskah Yunani yang Diterima)2. Naskah-naskah kitab suci ini adalah 

yang paling setia, otentik, suci, murni, benar, tidak bercacat, dapat dipercaya, unggul, 

membuktikan diri sendiri, penting, mudah dipahami, menafsirkan diri sendiri, berwibawa, 

dan tanpa cacat (Mazmur 19:7-9, Mazmur 119). Akibatnya mereka diterima sebagai Firman 

Tuhan (Ezra 7:14; Nehemia 8:8; Daniel 9:2; 2 Petrus 1:19) dan pembacaan yang benar pada 

bagian mana pun harus dicari dalam naskah ini.

3. Kami menjunjung tinggi versi resmi King James sebagai Firman Tuhan - paling baik, paling 

setia, paling akurat, terjemahan paling indah dari Alkitab dalam bahasa Inggris, dan 

menggunakannya saja sebagai naskah utama kami dalam pembacaan publik, khotbah, dan 

pengajaran Alkitab Bahasa Inggris.

4. Kami menjunjung tinggi The Chinese Union Version (CUV/ Versi persatuan bahasa 

Mandarin) sebagai Firman Tuhan - paling baik, paling setia, paling akurat, terjemahan paling 

indah dari Alkitab dalam bahasa Mandarin, dan menggunakannya saja sebagai naskah utama 

kami dalam pembacaan publik, khotbah, dan pengajaran Alkitab Bahasa Mandarin.

5. Kami dengan tegas percaya bahwa satu-satunya keaamanan nyata bagi masa depan gereja 

bXkan pada ³pemelihaUaa´ WXliVan diaWaV keUWaV aWaX lain\a, Wapi keVeWian pada FiUman \ang 

ditulis secara permanen dalam hati mereka yang memimpin umat Allah pada setiap generasi, 

memelihara mereka setia dalam pelayanan.


Kita harus rendah hati jika kita ingin mengerti FIRMAN TUHAN, dan kita juga harus BERDOA 

agaU ROH KUDUS menjadi GURU kiWa. ³Singkapkanlah maWakX, VXpa\a akX memandang 

keajaiban-keajaiban dari Taurat-MX´ (Ma]mXU 119:18).

PUISI TENTANG ALKITAB

Dalam jilid yang menakjubkan ini terletak

Misteri dari misteri-misteri

Paling bahagia mereka dari umat manusia

yang kepadanya Allah berikan anugerah

Untuk membaca, takut, berharap, berdoa,

Untuk mengangkat kail, untuk menemukan jalan

Dan lebih baik mereka tidak pernah dilahirkan

Yang membaca dengan keraguan, atau membaca dengan mengejek

-Sir Walter Scott-

³FiUman-MX iWX peliWa bagi kakikX dan WeUang bagi jalankX´ (Ma]mXU 119:105).

Semoga terang ini menyinari jalanmu setiap hari!




















Kejadian 1:1 Keluaran 20:1-6

Mazmur 19:1 Roma 1:18-25

Yohanes 1:1-5

Ketika kita membicarakan tentang Allah, kita harus melakukannya dengan penuh hormat dan 

takut, karena kita sedang membicarakan tentang PENCIPTA YANG BESAR dari alam semesta 

dan segala yang ada. Kita adalah makhluk yang lemah dan terbatas yang diciptakan oleh-NYA. 

Pengertian kita adalah sangatlah terbatas. Kita tidak bisa tahu segala sesuatu tentang Allah kecuali 

DIA berkenan untuk menyatakan kepada kita. Ini adalah kondisi pertama dan dasar yang kita 

harus mengakui jika kita ingin berhasil dalam pencarian untuk mengenal-NYA.

Allah bertahta di surga. Ia bersemayam di dalam terang yang tak terhampiri (1 Timotius 6:16). 

ALLAH ITU ROH. Kita tidak dapat melihat-NYA dengan mata jasmani kita. Akan tetapi, terdapat 

cukup bukti untuk kita agar kita tahu Allah itu ada. Allah tidak perlu membuktikan keberadaan￾Nya sendiri. Namun, tidak menjadi alasan untuk manusia tidak tahu bahwa DIA ADA, karena DIA 

telah menyatakan DIRINYA SENDIRI.

Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah 

menyatakannya kepada mereka. Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan￾