DASAR GEREJA 1
Ayat:
Roma 3:10-23
APA ITU DOSA?
Kamus Chamber abad ke-20 memberi definisi dosa sebagai ³PELANGGARAN MORAL ATA8
KETIDAKSEMP8RNAAN´. Kata ini tidak terkenal di masyarakat dan jarang muncul di korankoran atau kesusatraan terkenal. Ketika kata ini disebutkan, dosa sering digunakan untuk
menyatakan secara tidak langsung pelangaran susila. Bagaimanapun, DOSA diartikan lebih dari
sekedar itu. Di dalam kenyataannya itu berkaitan dengan setiap aspek dan area kehidupan.
Dengan definisi sederhana, DOSA adalah sebuah PELANGGARAN dan juga sebagai
KETIDAKSEMPURNAAN. Di kondisi berbeda adalah sebuah pelangaran melawan HUKUM
ALLAH. Seseorang yang melangar HUKUM ALLAH adalah seorang pendosa, dan menghadapi
penalty dari HUKUM tersebut.
Di dalam masyarakat, barang siapa orang yang melanggar hukum berada dalam masalah: dia tidak
mempunyai damai. Hampir sama juga, barang siapa yang melanggar melawan HUKUM ALLAH
juga dalam masalah ± masalah yang serius. Dimana tidak ada damai, sampai pelanggaran itu
diperbaiki atau dihilangkan.
DOSA adalah sebuah kenyataan hidup yang kita harus jumpai. Untuk seolah-olah dosa itu tidak
ada atau menghilangkan dosa sebagai sebuah imaginasi dari pikiran adalah untuk menipu diri kita
sendiri. Kita harus menjadi serius tentang hal ini, karena ini urusan kita semua.
Oleh karena itu, mari kita memberi beberapa waktu untuk mempertimbangkan apakah dosa itu,
apa yang dosa lakukan kepada kita dan apa yang bias kita lakukan tentang itu. Hal ini akan
memakan banyak waktu.
DOSA ADALAH SEBUAH PELANGGARAN
Untuk melanggar adalah dengan melewati atau melangkah jauh, untuk masuk ke dalam wilayah
yang dimaksudkan untuk kita. Beberapa contoh dari ilustrasi kehidupan seharian-hari akan
menjelaskan.
Kita semua mengetahui dengan lampu merah, (tanda) DILARANG MASUK, BATAS
KECEPATAN, dan GARIS DUA PUTIH. Setiap ini berdiri dari hukum keterbatasan: hanya itu
tidak ada yang lain. Para pemotor, apakah kurang berhati-hati, ketidaktahuan atau dengan sengaja,
siapa melangkah jauh dari batas di dalam perkara-perkara tersebut telah melanggar hukum. Dia
telah melakukan pelanggaran dan dapat dikenakan tindakan hukum.Dalam hal yang sama, Hukum Allah menempatkan batasan yang pasti dan batasan-batasan
melebihi yang kita bisa usahakan. Untuk melakukan itu juga menjadi pelangar atau PENDOSA.
Kita akan sebentar lagi akan melihat kedalam pelanggaran dari Hukum Allah.
DOSA ADALAH SEBUAH KETIDAKSEMPURNAAN
Sebuah ketidaksempurnaan menyatakan secara tidak langsung syarat dari hukum. Seseorang
³Widak mencapai kepada baWaV iWX.´ BebeUapa conWoh daUi kehidXpan VehaUi-hari, sekali lagi, akan
memberikan arti yang lebih jelas.
Di beberapa bagian dari Amerika, beberapa jalan raya memiliki sebuah batas minimum 50 mil
perjam. Siapa mengemudi kendaraan tertangkap mengendarai jalan tersebut melebihi 50 km/jam
dapat dikenakan tuntutan. Ini adalah ketidaksempurnaan. Contoh-contoh lain dari
ketidaksempurnaan adalah: mengemudi tanpa lampu pada malam hari, tidak memberi tanda ketika
berbelok, mengoperasikan radio atau televisi tanpa izin yang sah, kelalaian untuk melaporkan
pajak penghasilan. Semua ini termasuk kedalam kelas dari ketidaksempurnaan.
Sama dengan hukum Allah: tidak melakukan apa yang diekspektasikan atau diwajibkan adalah
sebuah DOSA.
AlkiWab membeUiWahX kiWa ³SemXa kejahaWan adalah doVa´ (1 YohaneV 5:17). SeWiap keValahan
adalah DOSA. Setiap tindakan atau kelakuan yang tidak mencapai kesempurnaan adalah DOSA.
DOSA MULA-MULA
Di dalam pembelajaUan kiWa WenWang ³ManXVia´, kiWa melihaW bahZa Dia Welah mencipWakan di
dalam gambar dan rupa dari Allah, seorang yang benar, murni dan ciptaan yang tidak bercacat
cela. Dalam kondisi ini dari kesempurnaan tanpa dosa, Allah menempatkan Adam dan Hawa di
Taman Eden.
Lalu Allah menempatkan sebuah hukum untuk menguji kesetiaan dan ketaatan. ³Semua pohon
dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang
baik dan yang jahat itu, janganlah kau makan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya,
pastilah engkau mati.´ (Kejadian 2:16, 17).
Di dalam Taman datang penguji, Setan. Dia adalah malaikat yang jatuh Lusifer, dan musuh nomer
1 dari Allah. Dengan cara halus dan licik, dia menyebabkan orang tua pertama kita untuk melangar
hukum Allah. Keraguan, ketidak puasan, kesombongan, ambisi diri sendiri dan pemberontakan
adalah langkah membawa kepada kejatuhan Adam dan Hawa.
Pemberontakan ini memecahkan hubungan bahagia antara Allah dan manusia, antara sumber
kehidupan dan ciptaan. Sejak saat Adam berdosa, kematian masuk dalam manusia, semua manusia. ³Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh
dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua
orang telah berbuat dosa´ (Roma 5:12). Ayat ini mengajarkan kita bahwa Adam telah
mewakilkan semua kaum manusia. Jika dia lulus dalam ujian, semua manusia akan juga lulus
juga. Tetapi dia gagal dan juga semua umat manusia jatuh dalam dosa. Dosa Adam
menghubungkan kepada semua umat manusia. Ini dikenal sebagai dosa mula-mula.
Dari tindakan pertama itu dari pemberontakan Adam, melalui benih dosa ini kepada seluruh umat
manusia bahkan maupun seorang bayi baru lahir sudah tercemar dengan dosa. Raja Daud
men\adaUi ³doVa mXla-mXla´ ini keWika dia menXliV Ma]mXU 51:5, ³Sebab aku sendiri sadar akan
pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku.´ Tidak ada ba\i, dikandXng daUi bapak
dan ibu seorang manusia, lahir tanpa dosa. Dia adalah seorang berdosa dari waktu dikandungan.
Dia tidak terlahir baik, atau netral seperti beberapa psikolg ajarkan. Ini bukan lingkungan yang
membuat kita penuh dosa dan buruk. Jika kita hidup didalam lingkungan yang sempurnaan kita
akan tetap berdosa (penuh dosa). Kita juga tidak bisa menyalahkan hak ini kepada Setan. Kita lahir
dalam dosa dan akan mati didalam dosa-dosa kita.
Kenyataan dari dosa mula-mula adalah jelas terlihat di dalam kecenderungan alamiah anak
terhadap iri hati, sifat mudah marah, kebencian dan dusta-dosa masa kecil yang tampak tanpa orang
tua ajarkan. Dosa mula-mula ini akan diperparah dengan yang dikenal sebagai dosa yang
disengaja. Seperti seorang bertumbuh menjadi dewasa, dia akan melakukan dosa-dosa dia sendiri
di atas dosa Adam yang diperhitungkan.
DOSA ADALAH UNIVERSAL
Alkitab mengatakan: ³Karena semua orang telah berbuat dosa …´ (Roma 3:23). ³TIDAK ADA
YANG BENAR, SEORANG PUN TIDAK´ (Roma 3:10). Dimana Widak ada pengecXalian. Ban\a
orang akan tidak setuju dengan pernyataan-pernyatan ini. Sebagian akan merasa sangat terhina dan
geram pada saran seperti itu.
Ini adalah sifat dasar dari seseorang untuk merasakan bahwa dia (laki-laki) atau dia (perempuan)
adalah, keVelXUXhann\a ³Widak bXUXk´. Dalam fakWa, kecendeUXngan XnWXk kiWa membandingkan
GLUL NLWD VHQGLUL GHQJDQ PHUHND \DQJ WHUOLKDW, GL GDODP PDWD NLWD, PHQMDGL ³SHQMDKDW´ GDQ
³SHQGRVD´. Kita oleh karena itu cenderung menepuk diri kita sendiri dari belakang dan berkata,
³KiWa paVWi lebih baik daUi meUeka´ aWaX ³kiWa cXkXp baik.´
Penilaian diri semacam ini, bagaimanapun juga, adalah subyektif dan berat sebelah. Jika semua
orang dibiarkan mengatur standar masing-masing dan menjadi hakim dirinya sendiri, seluruh
masyarakat akan terjun dalam ketidak beraturan dan pelanggaran hukum. Dimana tidak aka nada
standar moral dan keadilan. Dimana tidak ada hal yang mutlak. Semua hal akan menjadi relative.
Itu bisa menjadi benar di satu negara dan salah di negara lain. Standar universal akan menyatakan kepada kita bahwa benar adalah benar dan salah adalah salah tanpa memperhatikan dimana kamu
tinggal atau di abad mana kamu hidup. Apakah kita punya standar seperti itu? Bisakah manusia
menetapkan untuk dirinya sendiri standar seperti itu?
Jika kita mau mengerti subyek dari DOSA, kita harus mengadopsi pendekatan yang benar. Kita
harus memliki standar yang benar dan hakim yang kompeten. Diri kita sendiri tidak bisa
menetapkan standar kita sendiri dan lalu menjadi hakim atas diri sendiri. Kita telah diciptakan oleh
Allah, yang adalah suci dan adil. DIA sendiri harus menjadi Standar kita dan hakim kita. Hanya
DIA yang adalah sempurna bisa menjadi standar kita.
Ketika kita dihakimi oleh Allah berdasarkan standarNya dari kekudusan dan kesempurnaan,
TIDAK ADA yang bisa mencapai standar yang diharuskan. Kita semua tidak bisa mencapainya.
Kita penuh dosa dan tidak selesai! Dimana tidak ada pengecualian dihadapan ALLAH.
Mari kita sekarang berlanjut untuk menganalisa dan menilai diri kita sendiri menurut standar
Allah. Untuk melakukan ini, mari kita mengizinkan diri kita dating di bawah pencarian terang dari
HUKUM Allah, SEPULUH PERINTAH.
SEPULUH PERINTAH (Keluaran 20:1-17)
1. ³JDQJDQ DGD SDGDPX DOODK ODLQ GL KDGDSDQ-KX´
Ini adalah perintah pertama. ALLAH datang pertama di hidup. DIA adalah PENCIPTA dan
SUMBER dari kehidupan. DIA juga adalah Allah kita. DIA memerintah bumi dan alam
semesta, dan semuanya. ³…yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang
yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.´
(Matius 5:45).
Jika semua kebaikan kita datang dari Dia, hal ini tidak dapat dipertanyakan bahwa kita
menunjukan rasa syukur kepada Dia di dalam penyembahan, pelayanan dan BERIBADAH?
DIA sendiri adalah ALLAH, dan tidak ada yang lain. Maka dari itu, DIA sendiri harus
menerima sepenuhnya dan kesetiaan tertinggi dan cinta. ALLAH harus didahulukan dalam
kasih kita. DIA HARUS MENDAPAT TEMPAT PERTAMA DI DALAM HATI DAN
HIDUP KITA. Tidak ada yang lain, dan tidak ada yang lain menempati tempat itu, bahkan
tidak orang terdekat dan tersayang, seperti bapak atau ibu, suami atau istri, anak laki-laki
atau anak perempuan (Matius 10:37).
Sungguh suatu pelangaran besar, lalu, untuk siapa saja menyembah berhala-berhala dari
logam dan kayu, atau mengidolakan seseorang atau sesuatu atau ambisi. Untuk
menempatkan sesuatu atau seseorang lebih dari cinta dan pengabdian kepada Allah adalah
melanggar Perintah Pertama. Diantara hal-hal yang jatuh kepada kategori ini, mengambil tempat ALLAH, adalah uang, ambisi, hobi-hobi, kesenangan dan hiburan, dibandingkan
tuan dari berhala-berhala dan allah-allah palsu, dan roh-roh jahat yang mengambil hati dan
pikiran manusia.
Dimana SATU ALLAH dan hanya DIA yang harus kita sembah.
2. ³JDQJDQ PHPEXDW EDJLPX SDWXQJ «JDQJDQ VXMXG PHQ\HPEDK NHSDGDQ\D DWDX
EHULEDGDK NHSDGDQ\D.´
Perintah kedua mengistimewahkan melarang penyembahan berhala dalam segala bentuk.
³Allah iWX Roh dan baUangViapa men\embah Dia, haUXV men\embah-Nya dalam roh dan
kebenaran." (Yohanes 4:24).
Manusia dalam pemberontakannya melawan Allah membentuk mereka sendiri, dengan
imajinasi dari pikiran jahat mereka, tuan dari allah-allah palsu dan berhala-berhala, dan
mengatur hal-hal ini sebagai obyek dari penyembahan. Kita melihat mereka di kuil, di
rumah, dan malh di gereja-gereja. Untuk memberi rasa hormat dan penghormatan kepada
patung dari Perawan Maria, rasul dan orang-orang kudus atau patung yang mana saja adalah
pelanggaran melawan Perintah ini.
3. ³JDQJDQ PHQ\HEXW QDPD T8HAN, AOODKPX, GHQJDQ VHPEDUDQJDQ.´
Allah kita adalah MAHAKUASA dan PENGUASA TERTINGGI. Semua manusia harus
memberi penghormatan NAMA KUDUSNYA. Setiap kita menyebut NAMA DIA, kita
harus melakukannya juga dengan penghormatan tertinggi.
Dimana bebeUapa oUang \ang mengXnakan kaWa ³Allah´ di dalam peUcakapan VeWiap haUi
sebagai bagian dari kosakata umum, kesembronoan dan pengabaian, terkadang malah
Vebagai VebXah ³kaWa VXmpah´. Ini adalah bentuk dari melanggar Perintah Ketiga. Ketika
seseorang menyebut dirinya sendiri seorang Kristen dan tidak mencerminkan karakter dari
Kristus di dalam hidupnya, dia juga melanggar Perintah ini.
4. ³IQJDWODK GDQ NXGXVNDQODK KDUL SDEDW.´
Allah telah menciptakan segala sesuatu dalam enam hari dan menjalankan sebuah hari
istirahat di hari ketujuh. Ini adalah PERENCANAAN ilahi dan POLA. Manusia dibentuk
dalam gambar dan rupa Allah. Kita harus untuk itu menyesuaikan diri kepada RENCANA
ilahi dan POLA, untuk menjalankan satu hari istirahat di hari ketujuh. Di hari ini, manusia
ciptaan harus mengabdikan dirinya sendiri untuk mengingat dan melayani Pencipta, Allah.
Orang-orang Kristen menjalankan hari MINGGU sebagai hari ISTIRAHAT dan
BERIBADAH. ISTIRAHAT berarti penghentian dari semua pekerjan sekuler normal,
pekerjaan yang mengisi kita pada waktu hari-hari dari seminggu. Pada hari itu, semua
pikiran-pikiran dan aktifitas-aktifitas harus diabdikan kepada TUHAN dan Kerajaan-Nya.
Kita seharusnya menahan diri, sebanyak yang kita bisa, dari mengerjakan pekerjaan yang
bisa diselesaikan pada hari-hari lain. Kita juga menahan diri dari kenikmatan diri sendiri dan
kesenangan-kesenangan. Orang-orang Kristen seharusnya tidak pergi ke pantai atau bermain
golf atau tenis atau bimbingan belajar pada hari Minggu. Pekerjaan dari kebutuhan (karena
terpaksa) dan belas kasih diperbolehkan pada keadaan-keadaan yang khusus. Tetapi jika
orang percaya mempunyai pekerjaan yang mengharuskan untuk dia tidak datang ke gereja
setiap Hari Tuhan maka dia harus menemukan pekerjaan lain bahkan jika itu berarti
mendapatkan pekerjaan dengan bayaran lebih rendah.
Jika kita menjalankan HARI TUHAN sebagai HARI ISTIRAHAT kita dari seminggu untuk
melayani Allah, kita akan menerima berkat istimewah. Seorang Kristen yang berdoa setiap
hari dan hidup untuk Kristus dari Senin sapai Sabtu akan senang datang ke gereja pada Hari
Tuhan.
5. ³HRUPDWLODK D\DKPX GDQ LEXPX.´
Orang tua kita di dunia adalah sumber dari kehidupan badaniah, pendukung kita, pelindung
dan pengasuh. Dari saat kelahiran kita mulai menerima cinta mereka dan kepedulian,
pengabdian dan perhatian dari setiap tahun dari kebergantungan kita. Hutang ini dari rasa
terima kasih tidak akan bisa dibayar penuh, paling tidak dalam pengantian secara material.
Bagaimanapun, meskipun mungkin ini benar, kita harus berusaha menunjukan rasa syukur
kepada orang tua kita dengan memberikan mereka hak penghormatan, ketaatan, cinta dan
respek. Di dalam tahun masa tua atau waktu mereka membutuhkan, kita harus melihat untuk
dukungan yang cukup dan peduli kepada mereka.
Yang lebih penting adalah fakta bahwa Allah telah memilih orang tua kita untuk kita. Untuk
memandang rendah mereka atau tidak menghormati mereka adalah seperti berkata kepada
Allah bahwa Dia membuat sebuah kesalahan dalam memberikan orang tua kita.
Menjalankan dari Perintah ini membawa janji dari hidup Panjang di bumi dan menyatakan
secara tidak langsung berkat dari Allah dengan hal itu. Israel akan hidup Panjang di Tanah
Perjanjian.
6. ³JDQJDQ PHPEXQXK.´
Setiap kehidupan manusia adalah berharga di mata Allah. Tidak seorang harus olehe karena
itu melakukan apapun yang menyebabkan luka atau kematian dari sesama manusia. Ini
termasuk membunuh dan membunuh secara tidak sengaja. Itu tidak termasuk pembelaan diri
dan saat perangSemenWaUa VXUaW daUi hXkXm beUkaWa, ³Jangan membXnXh´, Uoh iWX mencakXp semua
pemikiran dari kebencian, kata-kata marah dan perlakuan kedengkian. Jika terlihat bisa
membunuh, membunuh akan menjadi umum kejadian setiap hari! Sejauh menyangkut Allah
³Tampilan PembXnXh´ VXdah membXnXh!
7. ³JDQJDQ EHU]LQDK´
Dari awal, ALLAH telah melembagakan pernikahan sebagai satu laki-laki satu perempuan
pasangan untuk hidup. Adam dan Hawa menempatkan pola ilahi. Didalam ikatan
pernikahan, setiap orang yang menikah harus menemukan yang tepat, yang sah dan
memuaskan pemenuhan fungsi sex. Ketika hukum dituruti, unit keluarga didirikan dengan
kokoh, dimana damai dan harmoni di rumah, dan masyarakat stabil dan kuat.
Disisi lain ketika Perintah ini diabaikan dengan tindakan yang berhubungan dengan sex, lalu
berkaitan sebagian pihak menderita, rumah tangga terpecah dan masyarakat menjadi tidak
stabil. Di dalam Alkitab, perzinahan termasuk semua pelangaran-pelangaran dari sebuah
sifat dasar sexual seperti contoh sex sebelum menikah, sex extra material, homo seksual,
mastrubasi, pornografi, pelacuran, pikiran tidak murni dan nafsu sexual.
Sama seperti kita menguhi diri kita sendiri dengan jujur, ah, seberapa jauh kita jatuh dari
Allah wajibkan! Jika kita bernafsu terhadap sesorang di dalam hati kita kita sudah melakukan
perzinahan. Yesus berkata di Matius 5:27-28, ³Kamu telah mendengar firman: Jangan
berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta
menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.´ Perhatikan dari jenis
buku-buku, majalah yang kita baca; film yang kita tonton; dan permainan komputer,
olahraga, tarian yang kita ikuti yang akan menyebabkan kita berbuat dosa.
8. ³JDQJDQ PHQFXUL.´
Keinginan hati untuk mengingini apa yang seseorang miliki adalah terlalu sering, sifat alami
dari keinginan hati. Ketika keinginan tersebut diwujudkan ke dalam tindakan, itu menjadi
pencuri di dalam penyamaran yang berbeda seperti contoh menguntil, perampok, pengelapan
pajak, memberikan uang kembalian kurang, mengambil lebih, metode bisnis yang tajam dan
tidak bermoral, membayar gaji karyawan kurang, meminjam dengan bermaksud tidak
membayar, dan lain-lain. Kita mencuri dari Allah ketika kita tidak memberikan kepada Dia
seperti kita untuk waktu berdoa, menghadiri kebaktian, dan lain-lain. Kita mencuri dari
oUang lain keWika kiWa malaV dan Widak ³membeUikan kepada KaiVaU apa \ang kepXn\aan
KaiVaU´!
Orang-orang Kristen seharusnya mengembalikan paling sedikit sepuluh persen dari
pemasukan mereka kepada Allah, MEMBERI dari segala hadiah yang baik seperti sebuah ekspresi dari cinta untuk Allah. Barang siapa gagal melakukannya bersalah dalam merampok
Allah (Malakhi 3:8). Mereka seharusnya juga belajar untuk memberi orang tua mereka.
9. ³JDQJDQ PHQJXFDSNDQ VDNVL GXVWD WHQWDQJ VHVDPDPX.´
³KejXjXUan adalah kebijakan WeUbaik´, peUkaWaan dahXlX kala. PeUkaWaan kiWa haUXV menjadi
³Ya, Ya, dan Tidak, Tidak´ (Matius 5:37). Apapun yang lebih dari itu ini adalah jahat.
Dimana harus selalu menjadi sebuah hati nurani yang seperti kristal yang bersih dalam
percakapan kita, tanpa pemalsuan, distorsi, melebih-lebihkan atau memberikan kesan palsu.
Perintah ini mewajibkan kita menjadi orang yang jujur, pernyataan kita yang akurat dan
motivasi-motivasi yang tulus.
10. ³JDQJDQ PHQJLQJLQL.´
Keinginan yang tidak sah dari pencarian barang yang bukan kepunyaan kita hadir di dalam
setiap hati. Itu mungkin barang tetangga kita, kontrak-kontrak bisnis, atau istri. Ketika
keinginan ini jadi tindakan, hal ini muncul dalam bentuk dari pencuri, menjual dengan harga
lebih rendah, dan pezinah.
Firman Allah berkata, ³Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan
besar. (1 Timotius 6:6). Mari kita belajar untuk merasa cukup. Juga, mari kita menempatkan
prioritas yang benar. ³Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka
semuanya itu akan ditambahkan kepadamu´ (Matius 6:33). Kita seharusnya tidak
mengingini benda-benda dari dunia ini. Kita seharusnya hanya mengingini karunia-karunia
dari Allah (1 Korintus 12:31).
Sesuatu kejujuran dan pengujian murni diri sendiri di dalam terang Perintah kudus Allah
akan hanya menunjukan how utterly penuh dosa dan tidak bersihnya kita. Rasul Paulus
mengakui Xngkapan WeUbaik kejaWXhan daUi VeWiap mahlXk hidXp ³Sebab bukan apa yang aku
kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki,
yaitu yang jahat, yang aku perbuat´ (Roma 7:19).
Sungguh, DOSA adalah sebuah pengalaman universal.
INI ADALAH KONSEKUENSI-KONSEKUENSI
1. Dosa mengakibatkan konflik dengan Allah
Setelah Adam dan Hawa telah berdosa, mereka tidak bisa lagi bertemu Allah. Bahkan
sebelum Allah memanggil mereka untuk muncul di hadapanNya, mereka sudah tahu bahwa
mereka pendosa-pendosa. Mereka menyadari keterlanjangan mereka. Mereka bersembunyi dari Allah. Sungguh rasa bersalah dari dosa bangkit di dalam hati-hati mereka sebelum ada
yang menuduh mereka.
2. Dosa mengakibatkan konflik di dalam diri
Seperti racun yang mematikan, dosa meracuni seluruh system kita. Hati-hati kita menjadi
bernoda dengan dosa, sifat dasar kita menjadi korup. Kita tidak bisa melakukan sesuatu yang
kita ingin lakukan. Kita dibebani dengan hati nurani yang bersalah. Dimana tidak ada damai.
3. Dosa mengakibatkan konflik dengan orang lain
Ketika dosa berkuasa dalam hati, diri sendiri menjadi yang terpenting dan hubungan dengan
orang lain menjadi rusak. Konflik-konflik dan perselisihan perpecahan di rumah, di
masyarakat dan antar bangsa. Efek dari konflik semacam ini terlihat di pergolakan domestik,
kerusuhan industri dan peperangan.
Banyak orang menipu diri mereka sendiri, berfikir bahwa kematian adalah akhir dari
segalanya, dan perilaku yang salah dari hidup akan terlupakan. Tidak juga, karena Firman
Allah beUkaWa, ³Dan Vama VepeUWi manXVia diWeWapkan XnWXk maWi han\a VaWX kali Vaja, dan
VeVXdah iWX dihakimi.´ (IbUani 9:27). HaUi penghakiman akan daWang. SemXa pendoVapendosa akan pergi ke neraka jika mereka mati dalam dosa mereka tanpa dosa-dosa mereka
diampuni atau diambil dari mereka.
INI ADALAH PERBAIKAN
Pada dasarnya DOSA adalah sebuah PELANGGARAN melawan ALLAH. Maka dari itu, hanya
Allah bisa menyelesaikan atau menghapus pelanggaran itu. Dengan diri kita sendiri, kita tidak bisa
berniaW ³mempeUbaiki´ aWaX ³membXaW benaU´ dengan Allah. AlkiWab beUkaWa bahZa kiWa Widak
punya kekuatan. Semua usaha-usaha kita bertujuan untuk kejatuhan: malah terbaik dari kita tidak
cukup baik, kebenaran kita seperti kain kotor (Yesaya 64:6).
Dimana tidak ada jalan tetapi Allah untuk melangkah menolong manusia-manusia yang telah jatuh.
³KaUena ZakWX kiWa maVih lemah, KUiVWXV Welah maWi XnWXk kiWa oUang-orang durhaka pada waktu
yang ditentukan oleh Allah. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena
KUiVWXV Welah maWi XnWXk kiWa, keWika kiWa maVih beUdoVa.´ (Roma 5:6, 8).
Dimana tidak ada lain yang cukup baiak
Untuk membayar harga dari dosa;
Hanya Dia yang bisa membuka pagar dari surga,
dan membiarkan kita masuk.
Tidak seperti agama-agama yang ada di dunia, Kekristenan ditemukan, bukan berasal dari sebuah
sistem atau ideology atau kode etik atau manusia itu sendiri, tetapi dalam Pribadi, Yesus Kristus,
yang adalah Allah seutuhnya dan manusia seutuhnya. Yesus sangat unik dalam kelahiran-Nya,
kehidupan-Nya, pengajaran-Nya, pekerjaan-Nya, dan kematian-Nya. Tidak ada satupun pendiri
dari agama di dunia yang mempunyai catatan seperti DIA. Tentunya, jika kita memikirkan semua
orang yang paling besar, paling berkuasa, dan paling bijaksana yang pernah hidup, tidak ada
satupun yang memiliki catatan bahkan jauh dari karakteristik yang dimiliki Kristus.
DIA TETAP ADA SENDIRI DALAM SEGALA SEJARAH
SANGAT UNIK, TIDAK TERBANDINGI, ILAHI
Yesus Kristus adalah fondasi di mana kekristenan dibangun. Dia adalah BATU KARANG yang
tanpa DIA tidak ada bangunan di atasnya. Marilah kita mempertimbangkan kehidupan-Nya dan
pekerjaan-Nya seperti yang telah dicatat di dalam Alkitab.
KEHIDUPAN DAN PEKERJAANNYA
1. KELAHIRAN-NYA melalui Perawan Maria seperti yang mengenapi nubuatan di
PeUjanjian Lama: ³Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu
pertanda: Sesungguhnya, seorang perawan muda mengandung dan akan melahirkan
seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Immanuel´ (Yesaya 7:14) yang artinya
ALLAH BESERTA KITA (Matius 1:23). Kelahiran-Nya adalah supernatural, bukan atas
kehendak manusia, tetapi kuasa dari Allah (Lukas 1:35).
2. PENGETAHUAN-NYA menakjubkan semua yang mendengarkan-Nya. Pada umurnya
yang ke-12, Dia bergaul dengan para ahli di bait Allah dan ³semua orang yang mendengar
Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya´ (Lukas
2:47). Khotbah yang paling terkenal-Nya adalah khotbah di Bukit yang membuat
pendengaUn\a WakjXb dan heUan. Telah WeUcaWaW bahZa ³takjublah orang banyak itu
mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak
seperti ahli-ahli Taurat mereka. (Matius 7:28-29). [penekanan ditambahkan].
Keunikkan dari pengetahuan dan hikmat rohani-Nya seharusnya bertentangan dengan fakta
bahwa Yesus telah dibesarkan oleh keluarga tukang kayu sederhana. Sejauh seperti yang
dicatat di Alkitab, Dia tidak pernah mengikuti sekolah ilmu tinggi mana pun. Dia tahu
segalanya sejak semula
3. PENGAJARAN DAN PENGAKUAN-NYA ± pengajaran-pengajaran dan pengakuanpengakuan Yesus adalah berpusat pada Allah (theo-centric) dan pada dirinya sendiri (selfcentred) pada saat yang sama, tidak sama dengan guru-guru yang lain. Pemimpin agama
besar dunia menunjukkan kepada seseorang atau sesuatu yang lebih tinggi. Yesus menarik
orang-orang kepada-Nya. Pernyataan-pernyataan-Nya jelas membuktikan ini:
"Aku adalah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan
barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi´ (Yohanes 6:35).
"Aku adalah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam
kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup" (Yohanes 8:12).
³Aku adalah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk
dan keluar dan menemukan padang rumput´ (Yohanes 10:9).
³Aku adalah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi dombadombanya´ (Yohanes 10:11).
"Aku adalah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup
walaupun ia sudah mati´ (Yohanes 11:25).
"Aku adalah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada
Bapa, kalau tidak melalui Aku´(Yohanes 14:6).
"Aku adalah pokok anggur yang benar ´(Yohanes 15:1).
Manusia di dunia akan mengatakan pengakuan-pengakuan ini: ³Semua itu luar biasa!
Bagaimana mungkin bisa?´ Tuhan kita memberi jawaban dengan kata-kata-Nya sendiri.
³…Untuk manusia hal itu tidak mungkin, tetapi bukan demikian untuk Allah´ (Markus
10:27) [penekanan ditambahkan]
Kutipan-kutipan di atas hanyalah contoh-contoh dari banyak pernyataan-pernyataan yang
dibuat oleh Yesus Kristus. Semua itu adalah perkataan-perkataan yang hanya bisa diucapkan
dengan otoritas ilahi, yang di mana adalah otoritas Yesus, yang mana kita akan pelajari
sebentar lagi.
4. KEILAHIAN-NYA ± APAKAH YESUS ITU ALLAH? ± Dalam pelajaran sebelumnya
tentang Allah, kita telah belajar bahwa ALLAH menyatakan diri-Nya sendiri kepada
manusia di dalam Putra-Nya Yesus Kristus, Pribadi kedua dari ALLAH TRITUNGGAL.
Jika Yesus dari Nazaret ini, Putra Manusia adalah juga Putra Allah, maka Ia harus
memberikan bukti yang jelas dan meyakinkan untuk terakhir. Dan jika bukti itu jelas ada,
maka dalam segala kejujuran intelektual, kita harus mengakui bahwa YESUS KRISTUS
ADALAH ALLAH.
Seorang yang sungguh-sungguh mencari kebenaran yang membaca Injil seluruhnya tidak
akan gagal untuk melihat YESUS KRISTUS adalah ALLAH dengan tiga alasan utama:
a. PERKATAAN-PERKATAAN-NYA
b. PEKERJAAN-PEKERJAAN-NYA
c. KEBANGKITAN-NYA
a. PERKATAAN-PERKATAAN-NYA
Perkataan seseorang memberikan suatu pandangan mengenai kepribadian dan
karakternya. Kata-kata yang diucapkan oleh Yesus dan yang tercatat di kitab Injil
mempunyai arti yang sangat penting. Semua itu menyatakan Hati dan Pikiran-Nya.
Baca dan renungkan pernyataan-pernyataan ini:
1) ³Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!" (Matius 4:7). Dengan kata-kata
ini, Yesus menghardik Setan yang mencobai-Nya.
2) "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
(Yohanes 8:58). Untuk membantah orang Yahudi, kata-kata Tuhan membuktikan
keilahian-Nya dan membeberkan ketidakpercayaan mereka. Yesus membuat
semuanya jelas bahwa Ia adalah Yang Kekal dan Yang ada sebelum segala sesuatu,
Allah Abraham.
3) ³Aku dan Bapaku adalah satu´ (YohaneV 10:30). ³«Barangsiapa telah melihat
Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu
kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam
Aku?´ (YohaneV 14:9-10). Dalam pengajarannya kepada murid-murid-Nya, Yesus
tidak meninggalkan keraguan apapun di dalam pikiran mereka bahwa : IA adalah
ALLAH yang mereka sembah.
Kutipan-kutipan ini dan banyak lagi bagian-bagian alkitab membuatnya sangat jelas
tentang bagaimana kita mengerti tentang KEMANUSIAN YESUS. Mengetahui
tentang-NYA adalah mengetahui ALLAH; melihat-NYA adalah melihat
ALLAH; percaya kepada-NYA adalah percaya kepada ALLAH.
Mungkin ada sebagian orang menolak dan berargumentasi bahwa pernyataanpernyataan ini adalah pernyataan-pernyataan yang tak berdasar dan sembarangan.
Penolakan tersebut bisa diterima jika saja YESUS tidak membuktikan KATA-KATANYA dengan PEKERJAAN-PEKERJAAN-NYA. Karena jika IA tidak ada
sesuatupun untuk membuktikan keilahianNYa, maka perkataan-perkataan ini hanyalah
perkataan kosong.
Marilah kita secara singkat mempertimbangkan PEKERJAAN-PEKERJAAN-NYA
dan bagaimana semua itu membuktikan keilahian-Nya.
b. PEKERJAAN-PEKERJAANNYA.
Jika Yesus adalah ALLAH, seperti yang IA akui, maka PEKERJAANPEKERJAANNYA harus SUPERNATURAL (diluar hal yang biasa) dan
SUPERHUMAN (diluar kemampuan manusia). Perbuatan-perbuatan itu merupakan
kenyataan yang luar biasa, bersifat rohani dan ilahi, sesuatu yang ada di luar nalar dan
pengertian manusia.
Kita sudah menyinggung pengajaran-pengajaran-Nya. Semua yang telah mendengarNya menjadi takjub. Pengajaran-Nya bukan berasal dari dunia ini: tidak ada orang
biasa yang memiliki hikmat seperti itu yang bisa mengatakan hal-hal yang Ia katakan.
ALLAH saja yang bisa memiliki pikiran-pikiran itu dan menjabarkan perkataanperkataan tersebut.
Dengan mujizat-mujizar-Nya, Yesus mendemontrasikan kuasa-Nya sebagai Tuhan
atas Kehidupan dan Tuan dari dunia fisik dan rohani. Apakah seharusnya semua
ini mengejutkan banyak orang, saat Yesus mengubah air menjadi jus anggur
(Yohanes 2:1-11), memberi makan 5000 orang (Matius 14:17-21) atau berjalan di
Laut Galilea (Matius 9:27; 20:30), saat yang lumpuh berjalan (Matius 11:5, 15:31;
Lukas 7:22), yang kusta menjadi tahir (Lukas 17:12), dan yang telah mati
dibangkitkan (Yohanes 11; Markus 5:22-43)? Angin dan laut taat kepada-Nya
(Lukas 8:25) dan roh jahat juga (Markus 1:27).
Manusia menuntut untuk dapat melihat ³Wanda-Wanda´ dan ³keajaiban-keajaiban´, aWaX
mereka tidak akan percaya. Tetapi saat mereka melihat itu semua, mereka tetapi tidak
percaya, karena mengeraskan hati mereka. Maka Tuhan kita menyatakan kepada
VemXa \ang mencaUi JXUX SelamaW: ³Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam
Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaanpekerjaan itu sendiri. (Yohanes 14:11) [penekanan ditambahkan]. Jika manusia tidak
dapat diyakinkan dengan PEKERJAAN-PEKERJAAN dari Yesus, maka tidak ada
yang bisa merubah pendapatnya.KEBANGKITANNYA.
Dari semua mujizat dan tanda yang telah tercatat di dalam Injil, kebangkitan dari
Tuhan Yesus adalah yang terbesar. Tidak pernah sebelum dan sesudah ada kejadian
seperti ini. Untuk seorang manusia mengakui bahwa ia akan menyerahkan nyawanya
untuk orang lain adalah tidak mudah, namun itu telah terjadi, walaupun jarang sekali.
Tetapi untuk seseorang menyerahkan nyawa-Nya untuk musuh-musuh-Nya adalah hal
yang tidak pernah terdengar sama sekali! Namun, itulah yang Yesus Kristus telah
lakukan! Tetapi bukan hanya itu saja. Dia mengaku dan juga mengumumkan bahwa Ia
akan bangkit kembali dari kematian. Itu meninggikan Kristus kepada keunikan
tertinggi, Dia sebagai ALLAH-MANUSIA, hanya Ia yang miliki.
Dalam pengorbanan-N\a di aWaV ka\X Valib, YeVXV mengaWakan ³Aku memberikan
nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorangpun mengambilnya dari padaKu, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa
memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali" (Yohanes 10:17-18).
Maka, Kebangkitan Yesus membuktikan DIA sebagai yang sangat unik dari PUTRA
ALLAH, ALLAH di dalam DAGING, datang ke bumi sebagai PUTRA MANUSIA
untuk menebus manusia yang jatuh dalam dosa kembali kepada ALLAH.
JIKA KRISTUS ADALAH ALLAH, bukankah seharusnya semua manusia
mengakui-NYA dan MENYEMBAH-NYA?
KEMATIAN-NYA
Kehidupan dan pekerjaan KRISTUS tidaklah lengkap tanpa kisah KEMATIANNYA. Satu tujuan
utama dari kedatangan-Nya ke dunia adalah untuk menyelamatkan manusia yang jatuh dalam dosa
dan menebXV cipWaan \ang WeUhilang. ³Karena Putra Manusia juga datang bukan untuk dilayani,
melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak
orang." (Markus 10:45).
Jadi pada saat-saat sebelum kematiaanNya mendekat, jiwa-Nya sangat menderita. ³Sekarang jiwaKu terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak,
sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.´ (Yohanes 12:27).
Kematian Yesus adalah pusat dari pemberitaan Injil. Ini adalah jantung dari RENCANA
KESELAMATAN ALLAH untuk MANUSIA YANG TELAH TERJATUH (DALAM
DOSA).
RENCANA ALLAH AKAN KESELAMATAN
Di dalam bab mengenai DOSA, kita mencatat bahwa dengan kejatuhan Adam, seluruh umat
manusia jatuh ke dalam kutuk kematian. ³Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam
dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada
semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa´ (Roma 5:12).
Karena dosa Adam, terbentuklah jurang dan jarak antara manusia dan Allah. Hubungan manusia
yang semula ada dengan Allah telah putus selamanya. Dia menjadi terasing, terpisah, bermusuhan
dengan Allah, hancur dan tersesat. Tetapi manusia adalah ciptaan terbaik Allah, yang diciptakan
dari gambar dan rupa Allah, dan Allah tidak akan mengijinkan Setan untuk merampas umat
manusia dari-Nya. Alkitab menyingkapkan bahwa Allah telah mengetahui segala sesuatu
termasuk ketidaktaatan Adam dan Ia memegang kendali penuh sepanjang masa. Allah tidak
pernah lalai: untuk Allah tidak ada yang mengejutkan-Nya.
Jadi Allah sudah mempunyai RENCANA KESELAMATAN bahkan sebelum Penciptaan.
Semua itu telah terencana baik dan menyeluruh, bagaimana rencana jahat Setan bisa ditiadakan,
dengan kemaWian \ang Uela daUi YeVXV KUiVWXV, Anak Domba Allah, ³yang tak bernoda dan tak
bercacat. Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan...´ (1 PeWUXV 1:19-20).
RENCANA ini telah dikabarkan segera setelah kejatuhan, bahwa ketika Adam dan Hawa
maVih ada di Taman Eden. ³Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan
ini, antara benihmu dan benihnya; benihnya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan
meremukkan tumitnya." (Kejadian 3:15). KUiVWXV, ³benih peUempXan´ \ang akan daWang akan
meremukan kepala Setan: Ia akan meremukkan dan menghancurkan musuh dari jiwa kita.
Kenyataan bahwa RENCANA ALLAH memerlukan YESUS untuk menyerahkan hidup-Nya
sebagai harga untuk menebus dosa sangatlah jelas. Seluruh Perjanjian Lama kita melihat hal ini
menjadi tema utama yang dijelaskan berulang-ulang dalam Sistem Imamat atas pengorbanan
binatang untuk pengampunan dosa yang dikehendaki Allah. Korban penghapus dosa dan
korban bakaran adalah dua contoh dari korban-korban yang harus dibawa orang Yahudi ketika
mereka berdosa. Korban Domba Paskah pada awal Keluaran ketika Allah menyelamatkan umatNya dari perbudakan di Mesir adalah contoh yang indah yang mengambarkan pengorbanan
Yesus, Paksah kita, untuk menyelamatkan umat manusia dari perbudakan dosa yang mematikan.
Nabi-nabi Perjanjian Lama melihat ke depan Keselamatan dari Allah. Catatan yang terbaik dapat
ditemukan di Yesaya 53 yang berbicara mengenai kedatangan Yesus sebagai hamba menderita dan
Korban Domba Allah, ³kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.Tetapi dia tertikam oleh karena
pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita ..Tetapi TUHAN berkehendak
meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus
salah.´ (Yesaya 53:4,5,10).
RENCANA ALLAH DALAM TINDAKAN
Ketika Yesus memulai pelayanan-Nya, Yohanes Pembaptis mengumumkan kemunculan-Nya:
³Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia´ (YohaneV 1:29). [penekanan
ditambahkan]
Tuhan kita sendiri tidak pernah muncul keraguan mengenai misi-Nya di bumi sebagai Domba
Allah yang dikorbankan. Dari waktu ke waktu Dia mengingatkan murid-murid-Nya akan
kematian-N\a \ang akan daWang ³bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak
penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan
dibangkitkan pada hari ketiga.´ (Matius 16:21)
Pada hari pengorbananNya mendekat, ³Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke
Yerusalem´ (Lukas 9:51). Tidak ada yang memaksa-Nya untuk menyerahkan nyawaNya. ³Tidak
seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku
sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang
Kuterima dari Bapa-Ku." (Yohanes 10:18) [penekanan diberikan].
Pada Perjamuan Terakhir, Tuhan kita menginstitusikan Sakramen atas tubuh yang terpecah dan
daUah \ang WeUcXUah iWX, ³sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak
orang untuk pengampunan dosa´ (MaWiXV 26:28). [Penekanan diberikan] Yesus menyerahkan diriNya kepada ketertundukannya kepada kehendak Bapa dan meminum cawan pahit atas kematian
di kayu salib.
KASIH ALLAH DITUNJUKKAN DI ATAS KAYU SALIB
Walaupun KRISTUS adalah pribadi yang menderita di atas kayu salib sebagai penanggung
dosa kita, akan tetapi ALLAH Bapa bukannya tidak ada peran dalam karya penebusan yang
besar ini. Bagaimana ini terjadi masihlah menjadi misteri, tetapi Alkitab mengatakan bahwa
ALLAH mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus (2 Korintus 5:19). Kemudian,
³akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita,
ketika kita masih berdosa.´ (Roma 5:8).
Di atas kayu salib, kita melihat keadilan, rahmat, dan kasih ALLAH bertemu dalam pribadi
Tuhan Yesus Kristus.
KEMENANGAN DI ATAS KAYU SALIB
Kematian Kristus di atas kayu salib adalah jantung dari Injil. Anak domba Allah yang tidak
bercacat sama sekali telah memberikan hidup-Nya sebagai jaminan untuk banyak orang
(Markus 10:45). Kristus ³telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orangorang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah´ (1 PeWUXV 3:18). ³Dia yang tidak
mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan
oleh Allah.´ (2 KoUinWXV 5:21). ³Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu
salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya
kamu telah sembuh.´ (1 Petrus 2:24).
Ketaatan Kristus kepada kehendak Bapa mendapatkan kemenangan yang besar atas dosa dan
kematian. ³Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai
mati, bahkan sampai mati di kayu salib.´ (Filipi 2:8). ³Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu
orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua
orang menjadi orang benar´ (Roma 5:19). [Penekanan diberikan]
Dengan kematian-Nya di kayu salib, Kristus menghapus halangan yang memisahkan manusia dari
Allah. Saat dimana Dia berteriak ³THODK VHOHVDL!´ dan ³di dalam tanganMu kuserahkan
Q\DZDKX´ dan tabir bait Allah terbelah menjadi dua dari atas kebawah, membuka jalan
masuk ke hadapan Allah yang kudus untuk semua yang datang kepadaNya melalui Yesus
Kristus saja. Kristus telah membukakan jalan ke Surga untuk semua orang berdosa yang
mau menerima Dia sebagai Tuhan dan Juru Selamat.
BERKAT-BERKAT DARI SALIB
Kepada semua yang percaya, ada ³kehidXpan \ang dihaUapkan´. Harapan Iman kepada Yang Telah
Disalib memberikan kehidupan (Yohanes 3:14-15).
Kita dibenarkan melalui darah-Nya dan telah diselamatkan dari murka (Roma 5:9).
Kita diperdamaikan dengan Allah dengan kematian-Nya (Roma 5:10).
Dahulu kita adalah orang luar, orang asing, jauh dari Allah. Sekarang, melalui darah Kristus kita
dijadikan dekat, dan menjadi warga dan anggota dari keluarga Allah (Efesus 2:12-19).
Dahulu kita adalah musuh-musuh, sekarang kita diperdamaikan, menjadi teman dan anak-anak
dari Allah yang maha kudus. (Kolose 1:21).
KUASA DARI SALIB
Ketika Yesus naik ke surga, Ia meninggalkan para Rasul untuk melanjutkan pekerjaan, untuk
mengajarkan seluruh bangsa dan menjadikan lebih banyak murid-murid. Pesan yang mereka bawa
XnWXk ke XjXng bXmi adalah ³YeVXV KUiVWXV dan Dia \ang diValib´ (1 KoUinWXV 2:2). KhoWbah aWaV
Valib dan KUiVWXV \ang diValib adalah ³KekXaWan/kXaVa Allah dan hikmaW Allah´ (1 Korintus 1:24).
Oh, apakah Juruselamatku telah berdarah?
Dan apakah Penguasaku telah mati?
Akankah Dia memberikan kepala-Nya yang kudus
untuk cacing seperti aku?
Apakah itu untuk segala dosa yang telah kulakukan,
Dia menderita di atas salib?
Sangat kasihan! Anugerah yang tak dikenal!
Dan kasih yang diluar nalar!
Teks:
1 Korintus 15:12-22;
Yohanes 2:19-21
KEBANGKITAN Yesus Kristus membuat Kekristenan unik, karena di antara semua agama
hanya YESUS yang pernah hidup dan bangkit dari kematian. KEBANGKITAN YESUS
KRISTUS memperkuat semua dokrin iman Kristen. Di sisi lain, jika KEBANGKITAN tidak
terbukti, maka semua doktrin iman Kristen kehilangan kredibilitasnya, iman kita tak ada gunanya,
khotbah kita salah, dan kita masih dalam dosa-dosa kita.
KRISTUS MENUBUATKAN KEBANGKITANYA SENDIRI
Pada pelajaran kita yang lalu, kita melihat bahwa missi Tuhan datang ke dunia dalah untuk
mempersembahkan Dirinya sebagai korban untuk dosa kita. Kapanpun dia berbicara tentang
kematianya, Dia juga menubuatkan kebangkitannya pada hari ketiga. Dia melakukan ini pada
awal pelayananNya (Yohanes 2: 19-21). Sekali dia membandingkan kematian dan
kebangkitanNya dengan Yunus yang tiga hari tiga malam berada di perut ikan besar (Matius
12:40). SeWelah ³pengakXan beVaU ³PeWUXV, TXhan kiWa beUbicaUa VecaUa Uinci WenWang kemaWian dan
kebangkitanNya (Matius 16:21; Markus 8:31; Lukas 9:22). Demikian pula, Dia merujuk pada
peristiwa-peristiwa ini saat Transfigurasi (Matius 17:9,23; Markus 9:9,10,31). Sebagaimana Dia
mendekati Yerusalem, sekali lagi Tuhan kita memprediksi kebangkitanNya (Matius 20:19).
Jika nubuat-nubuat ini tidak terjadi dan Kristus mati dan tetap terkubur di dalam kuburan, maka
semua pengajarannya akan binasa bersama dengan Dia.
KEBANGKITAN KRISTUS: FAKTA atau FIKSI?
Pertanyaan tentang kebangkitan Kristus ini sangat penting, seluruh gereja kristen berdiri atau
jatuh bersamanya. Alasannya adalah tanpa kebangkitan Yesus Kristus kita semua akan masih
berada dalam dosa-dosa kita. Dosa kita masih belum diampuni. Kematian masih berkuasa atas
setiap orang berdosa. Kita menuju Neraka, setiap kita tanpa terkecuali. Karena itu mari kita
memeriksa fakta-fakta Alkitabiah, dan menjadi jelas dalam pemikiran kita bahwa kebangkitan
berdasarkan ³EDQ\DN EXNWL-EXNWL VHPSXUQD´ (Kisah Para Rasul 1:3).
Fakta-fakta kebangkitan secara meyakinkan di tentukan oleh tujuh dokumen dan peristiwaperistiwa berurutan.
1. HARI PERTAMA: YESUS MATI DAN DIKUBURKAN
Kelihatanya hampir tidak perlu membuat kasus tentang kematian fisik Tuhan kita, Namun
demikian, XnWXk menghilangkan ³VZoon WheoU\´ (WeoUi \ang mengaWakan bahZa YeVXV Widak
mati tapi pingsan) dan berbagai perkataan bodoh, mari kita menegaskan dengan jelas fatkta
kematianNya.
Saksi mata tidak meninggalkan ruang keraguan untuk kita. Para tentara, yang tugasnya
adalah untuk memastikan orang-orang yang disalibkan telah meninggal sebelum mayatnya
diijinkan untuk dibawa turun, menemukan bahwa Yesus telah mati, jadi tidak perlu
mematahkan kakinya. Tapi satu di antara tentara-tentara memastikan kematiannya dengan
menobak lambungnya, dan segera mengalir keluar darah dan air dari lambung Kristus
(Yohanes 19:33,34), ini menegaskan bahwa Krisstus benar-benar mati!
Selanjutnya, penguburan Tuhan kita oleh dua murid rahasia, Yusuf dari Arimatea dan
Nikodemus. Dia mengambil mayatnya dan membalutnya dengan kain linen serta mur dan
gaharu yang sekitar seratus pound beratnya menurut tradisi Yahudi. Dan membaringkannya
di kuburan baru di dekat sebuah taman (Yohanes 19:38-42). Ini adalah Jumat Agung malam.
2. HARI KEDUA: KUBURANYA DI MATERAI DAN DIJAGA
Pada hari Sabtu, hari setelah penguburan, imam kepala dan orang Farisi datang kepada
gubernur Pilatus, meminta agar kubur Yesus: ³Karena itu perintahkanlah untuk menjaga
kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-muridNya mungkin datang untuk
mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat, Ia telah bangkit dari antara orang mati…´
(Matius 27:64).
Izin yang diperlukan telah diberikan, mereka pergi dan memateraikan pintu masuk dengan
baWX dan menempaWkan penjaga XnWXk menjaga kXbXU iWX (MaWiXV 27:66). SeoUang ³Penjaga´
dapat berarti menempatkan sebanyak mungkin penjaga yang diperlukan untuk memastikan
kubur Kristus diamankan dengan aman. Secara manusia tidak mungkin seorangpun dapat
masuk kedalam kubur karena penjaga-penjaga ini ada disana dengan hukuman mati di atas
kepala mereka jika mereka gagal melaksanakan tugasnya.
Jadi, ketika tubuh Tuhan kita yang dibalsem dan dibaringkan dengan balutan kain lenan di
dalam kubur, penjaga bersenjata menjaga di luar. Ini adalah hari Sabtu.
3. HARI KETIGA: KUBURANYA KOSONG
Di kitab Injil, kita mempunyai catatan tersendiri tentang apa yang terjadi pada minggu pagi
³haUi keWiga´ (Cf. MaWiXV 28:1; MaUkXV 6:1, LXkaV 24:1, YohaneV 20:1). keWika ZaniWa-wanita
tertentu sampai ke kubur saat menyingsingnya fajar dengan membawa rempah-rempah
hendak mengurapi mayat Tuhan, mereka terkejut melihat batu besar terguling dan mayat
Tuhan hilang! Kain kafan dan kain peluh yang membungkus kepala tergeletak tidak tergangu
di atas batu tempat mayat itu dibaringkan. Murid-murid tertentu yang datang kemudian juga
menyaksikan hal yang sama.
Yohanes 20:1-9, ³Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap,
pergilah Maria magdalena kekubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.
Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan
berkata kepada mereka: ³Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu
dimana Ia diletakkan. Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.
Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada
Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain
kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka datanglah Simon
Petrus juga menyusul dia dan masuk kedalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak
di tanah, sedangkan kain peluh yang tadinya ada di atas kepala Yesus itu terletak dekat
kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung. Maka
masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya
dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi kitab suci yang mengatakan,
bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.´
4. KESAKSIAN MALAIKAT-MALAIKAT
Penjaga yang ditempatkan oleh imam-iman dan orang-orang farisi, atas perintah Pilatus
untuk menjaga kubur itu mereka seperti orang-orang mati. Matius 28:1-4, ³Setelah hari
Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria
Magdalena dan Maria yang lain menengok kubur itu. Maka terjadilah gempa bumi yang
hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan
menggulingkannya lalu duduk di atasnya. Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih
bagaikan salju, dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang
mati.´
Didalam kuburan ada dua malaikat yang menggumumkan fakta bahwa Yesus telah bangkit
dari kematian dengan berkata: ³Mengapa kamu mencari dia yang hidup, di antara orang
mati? Ia tidak ada disini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu,
ketika ia masih di Galilea, yaitu bahwa Putra manusia haris diserahkan ketangan orangorang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga´ (Lukas 24:5,6,7).
5. YESUS MENAMPAKKAN DIRI
Injil mencatat sepuluh penampakan Tuhan kita secara terpisah yang bangkit kepada
murid-mXUid dan ³VakVi-VakVi \ang dipilih´ lainn\a ( \aiWX MaUia MaUia Magdalena, dXa
orang perempuan yang kembali dari kubur, Petrus, dua orang murid dalam perjalanan ke
Emaus, kepada kesepuluh murid di ruang atas pada malam paskah pertama, kepada kesebelas
murid di tempat yang sama seminggu kemudian, kepada lebih dari 500 saudara pada satu
waktu, Yakobus, kepada beberapa murid di tepi danau Galilea, dan kepada orang percaya
yang berkumpul di bukit Zaitun pada hari kenaikan, dan terakhir kepada rasul Paulus.)
1 Korintus 15:4-8, ³dan bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada
hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci, dan bahwa ia telah menampakkan diri kepada
Kefas, dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya. Sesudah itu Ia menampakkan diri
kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus, kebanyakkan mereka masih hidup sampai
sekarang, tetapi diantaranya telah meninggal, selanjutnya Ia menampakkan diri kepada
Yakobus, kemudian kepada semua rasul, dan yang paling akhir dari semuanya Ia
menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.´
Dalam semua hal ini, Yesus muncul secara jasmani dan mengesankan fakta ini kepada
murid-murid (Lukas 24:39, 40; Yohanes 20:27). Tidak diragukan jika Dia memiliki tubuh.
Sedikitnya ada satu kesempatan Dia makan. Namun, dia memiliki tubuh supernatural. Dia
dapat menembus hambatan fisik secara leluasa dan tanpa halangan: kain kafan dan pintu
yang tertutup bukan hambatan terhadapat gerakannya. Dia dapat secara spontan muncul dan
menghilang (Lukas 24:31,36).
Lukas 24:39-42, ³Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku; Aku sendirilah ini; raba Aku dan
lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada padaKu. Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. Dan
ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada
mereka, adakah makanan padamu di sini? Lalu mereka memberikan kedanya-Nya sepotong
ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.´
Dari catatan kitab Injil dan surat rasul Paulus, kita dapat menyimpulkan bahwa tubuh
kebangkiWan YeVXV adalah VeVXaWX \ang VXpeUnaWXUal \aiWX WXbXh ³mXlia´, \ang juga akan
menjadi tubuh kebangkitan kita dia masa yang akan datang. Dalam tubuh kebangkitannya
yang mulia, Yesus naik ke surga. Dengan tubuh yang sama, Dia akan kembali ke bumi
satu hari nanti.
6. MURID-MURID DIUBAHKAN
Ketika penyaliban Yesus membuat murid-murid pada kondisi takut dan berduka,
penampakkan diri-Nya menyebabkan perubahan secara instant, mendalam dan permanen.
Kepengecetun memberi tempat bagi keberanian yang bertahan selama bertahun- tahun
sampai saat kemartiran. Gerombolan orang Galilea yang tak kenal takut pergi kemana saja,
melawan semua penentang dengan memberitakan injil kebangkitan Tuhan. Upah mereka
adalah kesusahan, penganiayaan, dipenjarakan, segala bentuk penderitaan, pengasingan dan
termasuk kematian.Khotbah mereka dihadiri dengan kuasa besar dan kesuksesan. Orang banyak dimenangkan
untuk Yesus Kristus di Yerusalem dan Yudea, dan seluruh wilayah Mediterania. Kuasa
seperti itu tidak mungkin terjadi jika Yesus telah binasa di dalam kubur. Bagian dari kitab
Kisah Para Rasul berikut adalah satu dari banyak bagian yang mendemonstrasikan
keberanian murid-murid Kristus SETELAH kebangkitan Kristus.
Kisah Para Rasul 5:26-33, ³Maka pergilah kepala pengawal serta orang-orangnya ke bait
Allah, lalu mengambil kedua rasul itu, tetapi tidak dengan kekerasan, karena mereka takut,
kalau-kalau orang banyak melempari mereka. Mereka membawa keduanya dan
menghadapkan mereka kepada Mahkama Agama. Imam besar mulai menanyai mereka,
katanya: Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata,
kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan
darah orang itu kepada kami. Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: Kita
harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia. Allah nenek moyang kita telah
membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh. Dialah
yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan
Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa. Dan kami
adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada
semua orang yang menaati Dia. Mendengar perkataan itu sangat tertusuklah hati mereka
dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu.´
7. INSTITUSI HARI TUHAN
Penting untuk dicatat bahwa penampakan diri Tuhan, kapan pun harinya disebutkan, adalah
pada hari pertama di minggu itu. Hari ibadah untuk gereja di Perjanjian Baru kemudian
menjadi hari pertama, sedangkan di Perjanjian Lama pada hari ke tujuh. Hari ini telah disebut
naman\a ³Hari nya Tuhan´ dan jXga adalah haUi dimana TXhan menampakkan diri
kepada Yohanes di pulau Patmos. Dari semua catatan yang ada, kemudian, kita
menemukan bahwa gereja kristen memperingati hari Minggu sebagai hari ibadah dan
istirahat (Matius 28:1, Markus 16:2,9, Lukas 24:1, Yohanes 20:1,19, Kisah Para Rasul 20:7;
1 Korintus 16:2).
Dari catatan sebelumnya, kita mempunyai jaminan penuh bahwa Tuhan kita tidak hanya mati
sesuai dengan kitab suci, tapi Dia juga bangkit dari kematian pada hari ketiga sesuai dengan
Kitab Suci dan Dia adalah kepala gereja.
KiVah PaUa RaVXl 20:7, ³Dan pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul
untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena
ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung
sampai tengah malam.´
Teks:
2 Timotius 3:16, Mazmur 119:89; 105:130, 2 Petrus 1:20-21,
Mazmur 12:6-7, Matius 5:18; 24:35, Markus 13:31,
Lukas 21:33, Wahyu 22:18-19
I. APA YANG DIKATAKAN BEBERAPA ORANG HEBAT
TENTANG ALKITAB
1. Abraham Lincoln:
Saya percaya Alkitab adalah hadiah terbaik yang diberikan Allah kepada manusia. Semua
yang baik dari juruselamat dunia diberitahukan kepada kita melalui buku ini.
2. George Washington
Mustahil untuk memerintah dunia dengan benar tanpa ALLAH dan ALKITAB.
3. Charles Dickens
Perjanjian Baru adalah buku terbaik yang pernah atau yang akan dikenal di dunia.
4. Sir Isaac Newton
Ada lebih banyak tanda-tanda otentik dalam ALKITAB dari pada sejarah duniawi lainnya.
5. Sir Winston Churchill
³BaWX kaUang kiWab VXci \ang Wak WeUWembXV´. Kami menolak dengan cemoohan VemXa miWoV
yang dipelajari dan dikerjakan bahwa Musa hanyalah tokoh legendaris. Kami percaya bahwa
pandangan yang paling ilmiah, yang terbaru dan konsepsi rasionalistik, akan menemukan
kepuasan penuh dalam mengambil Alkitab secara harfiah dan dalam mengidentifikasi salah
satu manusia terhebat dengan lompatan paling maju yang pernah dibuat dalam sejarah
manusia.
Kita yakin bahwa semua kejadian-kejadian, nama-nama, tempat-tempat dan tempat- tempat
kejadian persis seperti yang ditetapkan sesuai dengan kitab suci. Alkitab ditulis oleh Allah sendiri
melalui pengilhaman. Alkitab telah dijaga dengan sempurna oleh Allah sendiri sepanjang zaman
and tanpa kesalahan sehingga umat Allah dengan percaya diri dapat selalu mengatakan bahwa
mereka mempunyai Firman Tuhan yang diilhamkan dan sempurna hari ini dan seterusnya.
ISI ALKITAB
PERJANJIAN LAMA - 39 BUKU
1. BUKU SEJARAH - ³KebangkiWan dan kejaWXhan BangVa YahXdi´
1. Kejadian (Buku permulaan)
2. Keluaran (Keluarnya bangsa Israel dari Mesir)
3. Immamat (Kehidupan rohani bangsa Israel di bawah kepemimpinan imam - imam)
4. Bilangan (Penghitungan bangsa Israel dalam pengembaraan mereka di padang gurun)
5. Ulangan (Pemberian hukum yang kedua kali)
6. Yosua (Penaklukan tanah perjanjian di bawah kepemimpinan Yosua)
7. Hakim- Hakim (Bangsa Israel di bawah kepemimpinan hakim-hakim)
8. Rut (Garis keturunan kerajaan)
9. 1 Samuel (Israel memilih raja pertamanya)
10. 2 Samuel (Israel dibawah pemerintahan raja-raja)
11. 1 Raja-Raja (Israel terpecah di bawah pemerintahan raja-raja)
12. 2 Raja-Raja (Israel dibawa kepembuangan di bawah pemerintahan raja-raja)
13. 1 Tawarikh (Catatan sejarah kerajaan selatan)
14. 2 Tawarikh (Catatan sejarah kerajaan selatan)
15. Ezra (Kembalinya bangsa Yahudi dari pembuangan)
16. Nehemia (Pembangunan kembali tembok kota)
17. Ester (Tangan Tuhan dalam urusan bangsa)
B. BUKU PUISI - ³SaWUa Pada Zaman KeemaVan BangVa´
18. Ayub (Penderitaan seorang saleh)
19. Mazmur (Puji-pujian orang Yahudi, untuk hiburan, dorongan dan ibadah)
20. Amsal (perkataan-perkataan bijaksana raja Salomo)
21. Pengkhotbah (pengkhotbah merenungkan masalah-masalah hidup)
22. Kidung Agung (puji-pujian bermutu tinggi)
23. Ratapan (Ratapan Yeremia setelah kehancuran Yerusalem)
C. BUKU NABI-NABI - ³SaVWUa Pada HaUi-HaUi Gelap´
24. Yesaya
25. Yeremia
26. Yehezkiel
27. Daniel
Nabi-Nabi Besar (empat)
28. Hosea
29. Yoel
30. Amos
31. Obaja
32. Yunus
33. Mikha
34. Nahum
35. Habakuk
36. Zefanya
37. Hagai
38. Zakharia
39. Maleakhi
PERJANJIAN BARU ± 27 Buku
D. INJIL - ³KabaU Baik TenWang Raja dan KeUajaanN\a)
1. Matius
2. Markus
3. Lukas
4. Yohanes
E. KISAH PARA RASUL - ³DaWanglah KeUajaanMX´
5. Kisah Para Rasul atau Roh Kudus
F. SURAT-SURAT-³PengajaUan-Pengajaran Lebih Lanjut dan Prinsip-Prinsip Kerajaan
Allah´
6. Roma
7. 1 Korintus
8. 2 Korintus
9. Galatia
10. Efesus
11. Filipi
12. Kolose
13. 1 Tesalonika
14. 2 Tesalonika
15. 1 Timotius
16. 2 Timotius
17. Titus
18. Filemon
19. Ibrani
20. Yakobus
21. 1 Petrus
22. 2 Petrus
23. 1 Yohanes
24. 2 Yohanes
25. 3 Yohanes
26. Yudas
G. WAHYU (Akhir zaman) - ³Hal-Hal \ang HaUXV SegeUa TeUjadi´
27. Wahyu
III. APA ITU ALKITAB?
ALKITAB adalah FIRMAN ALLAH. Tanpa salah, diilhamkan secara sempurna dan
dipelihara secara sempurna sepanjang zaman untuk kita oleh Allah.
ALKITAB adalah catatan hubungan ALLAH dengan manusia, dari awal hingga kesudahan segala
sesuatu. Alkitab menceritakan penciptaan manusia, kejatuhan dan penebusan. Alkitab
mengungkapkan RENCANA ALLAH tentang KESELAMATAN untuk manusia. Alkitab
mengungkapkan KEHENDAK ALLAH untuk kamu dan saya. Allah menyatakan Dirinya sendiri
kepada manusia berdosa.
Pesan Perjanjian Lama adalah: Juru Selamat akan datang! Perjanjian Baru mengatakan: Juru
Selamat sudah datang! Keduanya mengatakan: Juru Selamat akan datang kembali!
ALKITAB mempunyai solusi untuk semua masalah-masalah dunia yang kompleks dan tak
terselesaikan. Alkitab mempunyai solusi untuk masalahmu - semuanya, tanpa terkecuali.
ALKITAB ADALAH FIRMAN HIDUP KEKAL
IV. BAGAIMANA ALKITAB DITULIS?
PENGARANGNYA ADALAH ALLAH SENDIRI (Doktrin Inspirasi)
Ketika manusia adalah agen yang bertanggungjawab dalam menulis buku-buku pada Alkitab,
PENGARANGNYA atau PEMIKIR UTAMA dari ALKITAB adalah ALLAH SENDIRI.
Biarkan FIRMAN TUHAN menyatakan (Otoritas Tertinggi)
³Sebab Widak peUnah nXbXaW dihaVilkan oleh kehendak manXVia; tetapi oleh dorongan Roh Kudus
orang-orang berbicara atas nama Allah´ (2 PeWUXV 1:21)
³Semua tulisan diilhamkan oleh Allah«´ (2 TimoWiXV 3:16)
1 TeValonika 2:13 men\aWakan, ³dan kaUena iWX kami Widak pXWXV-putusnya mengucap syukur juga
kepada Allah, sebab kamu telah menerima Firman Allah yang kami beritakan itu, bukan
sebagai perkataan manusia, tetapi- dan memang sungguh-sungguh demikian- sebagai
Firman Allah, \ang bekeUja jXga dalam kamX \ang peUca\a.´
Dalam penulisan kitab Wahyu, TUHAN YESUS menunjuk rasul Yohanes dengan perkataan:
³KaUena iWX WXliVkanlah apa \ang Welah kaXlihaW, baik \ang WeUjadi VekaUang maXpXn \ang akan
WeUjadi VeVXdah ini.´ (Wah\X 1:19)
Apa dasar yang yang ada untuk mengatakan bahwa pengarang ALKITAB adalah ALLAH
SENDIRI? Pertanyaan bagus! Mari kita beri jawaban yang masuk akal.
ALKITAB memiliki 66 BUKU
Ditulis oleh 40 orang,
Dalam berbagai perjalanan hidup yang berbeda
selama 60 generasi dan 1.600 tahun
Di tempat-tempat yang terpisah
Di 3 benua (Asia, Afrika, Eropa)
Dalam 3 bahasa (Ibrani, Aram, Yunani)
Tapi ketika 66 buku diletakkan bersama sebagai ALKITAB, mereka membentuk satu volume
yang harmonis, menceritakan satu cerita: KASIH ALLAH UNTUK MANUSIA BERDOSA.
Hanya ada satu tema dari awal hingga akhir, tanpa pertentangan atau area yang saling
bertentangan. HANYA SATU BUKU YANG HARMONIS- BUKU ILAHI!
Bagaimana ini mungkin, kecuali untuk fakta ini: dibalik banyak juru tulis ada SATU
PENGARANG, ALLAH.
KaUena iWX melalXi AlkiWab, ³Beginilah FiUman TXhan«´ beUXlang-ulang kali.
Kemudian secara kontras, mari kita mempertimbangkan preposisi ini. Misalkan kita memanggil
10 penulis pada generasi kita, semua dalam satu perjalanan hidup, di satu tempat, pada waktu yang
sama, dan dalam satu bahasa, untuk menulis secara tersendiri terhadap beberapa subjek yang
kontroversial, menurutmu, apa yang akan menjadi hasilnya?
Apakah kamu berpikir akan ada kesepakatan dan harmoni ketika sepuluh esai atau buku diletakkan
bersama? Hasilnya akan sangat mungkin, pandangan yang berbeda dan saling bertentangan. Kita
bisa menyebutnya semacam literatur campur aduk.
Mempertimbangkan cara Alkitab ditulis, tidak ada penjelasan lain selain ini: PENGARANGNYA
ADALAH ALLAH SENDIRI, melampaui semua penjelasan penjelasan ini, untuk percaya adalah
masalah IMAN.
V. BANTAHAN-BANTAHAN TENTANG ALKITAB
Sampai sekitar 200 tahun yang lalu, Alkitab diterima tanpa pertanyaan sebagai FIRMAN ALLAH
YANG SEMPURNA DAN TAK BERCACAT. Sejak saat itu, namun, yang disebut ahli teologi,
arkeolog dan profesor seminari mulai menebar keraguan tentang bagian tertentu di Alkitab, secara
khusus, semua catatan tentang mujizat dan kejadian supernatural contohnya Penciptaan, Air bah,
Menyeberangi laut Teberau oleh bangsa Israel, runtuhnya Yerikho di Perjanjian Lama, dan
mujizat-mujizat Yesus dan lainya baik di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, kebangkitan dan
kenaikanNya di Perjanjian Baru. Ini sebagian besar disebabkan penemuan humanistik yang disebut
Redaksi dan Teks Kritik yang muncul pada abad ke sembilan belas. Orang - orang liberal ini
menyerang Firman Tuhan dari kepengarangan Alkitab sampai kepada isi Alkitab itu sendiri
dengan spekulasi mereka yang tak bertuhan dan berpusat pada manusia dengan mengatakan bahwa
Alkitab mempunyai kesalahan.
Padahal sebelumnya Alkitab diterima sebagai FIRMAN ALLAH secara total, sekarang para
VaUjana dan pengkUiWik modeUn mengaWakan bahZa AlkiWab ³mengandXng FiUman Allah´, Vehingga
menyuntikkan keraguan dan menyiratkan bahwa Alkitab juga mengandung hal-hal lain di samping
Firman Tuhan. Sarjana- sarjana dari sekolah liberal modernis mempertahankan bahwa sebagian
beVaU iVi AlkiWab adalah ³miWoV-miWoV´ dan ³legenda-legenda´, Vedangkan bagian lain \ang Widak
sesuai dengan ilmu pengetahuan modern dianggap sebagai kesalahan.
Kita tidak akan membahas terlalu banyak bantahan-bantahan terhadap Alkitab, tapi kita hanya
akan membahas beberapa yang lebih umum.
1. ³AONLWDE NHWLQJJDODQ ]DPDQ´
Ini menyiratkan bahwa Alkitab sudah ketinggalan zaman dan mungkin tidak relevan untuk
manusia di zaman modern.
UnWXk banWahan ini kiWa menjaZab demikian: FIRMAN TUHAN mXngkin ³WXa´- Alkitab
berasal dari dua puluh hingga tiga puluh abad yang lalu. Namun, FIRMAN ALLAH tidak
menua. Alkitab tetap selalu segar, relevan dan baru. Alkitab memiliki solusi untuk setiap
permasalahan manusia, sekarang atau 3.000 tahun yang lalu. MAzmur 19:7-11, ³Taurat
Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan Tuhan itu teguh, memberikan hikmat
kepada orang yang tak berpengalaman. Titah Tuhan tepat, menyukakan hati; perintah
Tuhan itu murni, membuat mata bercahaya. Takut akan Tuhan itu suci tetap ada untuk
selama-lamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil semuanya, lebih indah dari pada
emas, bahkan dari pada emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah. Lagipula hamba-Mu diperingatkan oleh semuanya itu, dan orang
yang berpegang padanya mendapat upah yang besar.´
Padahal buku-buku pelajaran, khususnya subjek ilmiah, menjadi ketinggalan zaman dan tak
dapat digunakan setelah beberapa tahun saja (kecuali mereka menjalani revisi berkala),
Alkitab tetap sama- tidak berubah dan tidak akan berubah dari semula sampai sekarangHANYA SATU EDISI SAJA
Untuk mengatakan bahwa Alkitab ketinggalan zaman hanya menunjukkan ketidaktahuan
dan ketidakpercayaan seseorang.
2. ³AONLWDE PHQJDQGXQJ EDQ\DN NHVDODKDQ´
Ini adalah tuduhan serius dan jika dibuktikan berarti kejatuhan dari Alkitab. Alkitab tidak
lagi dapat dianggap sebagai FIRMAN TUHAN. Mari kita memeriksa pernyataan ini.
Apa ³kesalahan´ \ang dimakVXd pengkUiWik? UnWXk melabel bagian-bagian yang
beUWenWangan dengan ³pendapaW ilmiah´ Vebagai ³keValahan´ adalah Widak benaU dan VangaW
picik. PendapaW ³ilmiah´ modeUn berubah secara terus menerus dan pengetahuan ilmiah
sangat terbatas. Ketika sains dapat belajar, mengamati dan mengukur fenomena fisik saat
ini, tidak ada cara untuk menggunakan metode-metode yang sama untuk kejadian yang
terjadi dahulu kala, atau peristiwa rohani atau supernatural.
Empat puluh tahun yang lalu, Harry Rimmer dari New York menawarkan hadiah uang yang
banyak kepada siapa saja yang dapat membuktikan di pengadilan bahwa ada kesalahan
dalam Alkitab. Dia mempekerjakan seorang pengacara Kristen James E Bennett untuk
membela kasusnya. Ketika hadiahnya diumumkan di koran, banyak musuh Alkitab
mengajukan klaim mereka. Kasus mereka didengar dihadapan hakim di pengadilan.
Meskipun banyak tuduhan dan serangan terhadap FIRMAN TUHAN, tidak seorang pun
dapat membuktikan bahwa ada bahkan satu saja kesalahan dalam Alkitab. Tidak seorang
pun mendapatkan hadiah!
TipXan halXV meUeka WeUmaVXk peUn\aWaan VepeUWi. ³keValahan-kesalahan ini sedikit, hanya
melibatkan nama-nama orang dan tempat-tempat, dan angka-angka yang tidak
mempengaruhi keselamatan seseorang. Karena itu tidak apa-apa memiliki Alkitab dengan
keValahan di WanganmX.´ PendapaW \ang beUpXVaW pada manXVia Vemacam ini Welah menjadi
alat si jahat selama berabad-abad. Mereka terus menerus dipakai hari ini karena
effektivitasnya. Jangan dibodohi oleh pendapat yang berpusat pada manusia ini. Ingat bahwa
alasan atau pendapat apapun yang berpusat pada manusia tidak berasal dari Allah, karena
Allah selalu berpusat pada Allah.Allah yang sempurna telah memberikan kepada kita Alkitab yang sempurna. Allah yang
sempurna juga telah memelihara Alkitab yang sempurna secara sempurna untuk kita
sepanjang zaman. Jika Firman Tuhan memiliki kesalahan tidak peduli betapa kecil, doktrin
pengilhaman dan karakter Allah akan hancur dan manusia dalam bahaya kehilangan
imannya.
Ketika pendapat-pendapat manusia dan spekulasi ilmiah terus berubah, seperti lautan pasang
dan surut. Alkitab bertahan di segala zaman, TEGUH dan TIDAK GOYAH, seperti BATU
GIBRALTAR.
³Untuk selama-lamanya, ya Tuhan, Firman-Mu tetap teguh di VoUga.´ (Ma]mXU 119:89)
³Janji Tuhan adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan
dalam dapur peleburan di tanah. Engkau, Tuhan, yang akan menepatinya, engkau akan
menjaga kami senantiasa terhadap angkatan ini´(Mazmur 12:6-7).
³Karena Aku berkata kepadamu: sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini,
satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum taurat, sebelum semuanya
terjadi´ (Matius 5:18).
³langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu´ (Matius 24:35).
3. ³AONLWDE WLGDN LOPLDK´
Ketika Alkitab bukan buku pelajaran sains (tidak dimaksudkan untuk menjadi seperti itu),
tidak ada satupun pernyataan Alkitab yang berhubungan dengan topik ilmiah apapun yang
pernah ditemukan sebagai kesalahan.
Sebaliknya, Alkitab menyatakan banyak fakta ilmiah berabad-abad sebelum ilmuan
menemukannya. Di sini ada beberapa contoh.
a. Hingga ditemukannya teleskop pada abad ke 17, astronom biasa menghitung bintangbintang (Plotemy menghitung 1056, Kepler menghitung 1005).
Lebih dari 2000 tahun yang lalu, AlkiWab VXdah men\aWakan: ³VepeUWi WenWaUa langiW Widak
WeUbilang´ (YeUemia 33:22).
b. Manusia purba tidak mempunyai pengetahuan tentang ³DSD \DQJ PHQRSDQJ EXPL´
Orang Yunani biasa berpikir bahwa dunia diangkat oleh seorang yang sangat kuat
³AWlaV´. OUang India mengambaUkan bXmi diWopang oleh empaW gajah.Dahulu kala (lebih dari 3000 tahun yang lalu) FIRMAN TUHAN berkata: Dia
mengantungkan bumi pada kehampaan (Ayub 26:7). beberapa tahun terakhir,
penjelajah luar angkasa dan satelit di orbit memberikan kita gambar yang indah tentang
bXmi kiWa ³mengapXng´ di UXang angkaVa, Widak beUganWXng pada apa pXn.
c. Hingga Columbus berlayar keliling dunia pada abad ke 15, manusia sering berpikir
bahwa bumi adalah datar.
Lebih dari 2000 tahun sebelumnya, AlkiWab beUkaWa WenWang Allah: ³Dia beUWahWa di aWaV
bulatan bXmi´ (YeVa\a 40:22)
KiWa biVa melangkah lebih jaXh dalam ³membXaW kaVXV XnWXk AlkiWab´ Wapi VXnggXh Widak peUlX
melakukan itu. Bagi banyak orang, pikiran seseorang, setelah dibuat, diatur untuk selamanya, dan
banyak penjelasan tidak akan mengubahnya.
Tuhan berfirman kepada manusia dan manusia: ³Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu,
dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah Firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi,
demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu´ (Yesaya
55:8-9).
Faktanya mereka yang mengkritik Alkitab adalah mereka yang memiliki pengetahuan paling
sedikit tentang Alkitab! Jika Allah kita tidak dapat membuat mujizat-mujizat, tapi terbatas oleh
hukum fisik seperti manusia, maka DIA bukan ALLAH. Tapi DIA adalah PENCIPTA dan
PERBUATANYA termasuk SUPERNATURAL dan MANUSIA SUPER.
Tidak ada yang dapat menyelami pengertianNya. Alkitab mencatat untuk kita PERBUATANPERBUATAN ALLAH YANG BERKUASA.
VI. APA YANG PENDIRIAN GEREJA B-P KITA TENTANG ALKITAB?
PELINDUNG INJIL GEREJA B-P CALVARY PANDAN: VPP
Pendeta senior Dr. Tow menerbitkan ini pada buletin mingguan gereja pada 1 Januari 2006: Puji
Tuhan, setelah penantian akan Tuhan, Dia telah memampukan saya mengkonsep sebuah
pernyataan untuk Calvary Pandan (pemimpin dan anggota) yang akan memimpin kita kepada
³padang beUXmpXW hijaX dan aiU \ang Wenang.´
Pembaca, berdoa saat anda merenungkan hal ini ³12 SRLQ PHUQ\DWDDQ´
1. Semua putra reformasi sejaWi peUca\a: ³OUang benaU akan hidXp oleh iman dan iman WimbXl
daUi pendengaUan oleh FiUman KUiVWXV´ (Roma 1:17; 10:17). din\aWakan dengan caUa lain,
³KaUena kamX Welah dilahiUkan kembali bXkan daUi benih \ang fana, WeWapi FiUman TXhan
tetap untuk selama-laman\a. Inilah FiUman \ang diVampaikan injil kepada kamX´ (1 PeWUXV
1:23,25)2. Sebagai putra reformasi sejati kita percaya bahwa Firman Tuhan yang tidak fana dan tetap
Velaman\a Vama dengan ³tidak bercacat´ (Wanpa keValahan) dan ³sempurna´ (Widak dapaW
melakukan kesalahan).
3. Sejak berdirinya, Gereja Calvary Alkitab Presbyterian telah menulis dalam konstitusinya
percaya pada Firman Allah yang tidak bercacat dan sempurna (artikel 4.2.1):
Kita percaya pada keilahian, pengilhaman kata demi kata secara lengkap dari kitab
suci dalam bahasa asli, tanpa cacat dan sempurna, dan, sebagai Firman Allah,
otoritas tertinggi dalam iman dan hidup;
4. Dalam ³artikel iman´ ini ³kiWab VXci dalam bahaVa aVli´ mengacX pada Valinan aVli FiUman
TXhan \ang dikenal dengan ³autographs,´ \ang VeiUing ZakWX Welah aus/ usang tidak ada
lagi.
5. Kitab suci yang kita pakai hari ini adalah King James Version (KJV, KJB), Alkitab yang
dihormati dan dicintai saat Reformasion, dimana kita mengacu pada konstitusi kita 4.2.1,
kita memakai KJV atau KJB sebagai Firman Tuhan, tidak ³bercacat dan sempurna.´
6. MelalXi bXah kiWa WahX pohonn\a: KJV adalah bXah \ang dihaVilkan daUi pohon ³naVkah
VXmbeU´ aWaX MSS (ManXVkUip). kiWa peUca\a bahZa FiUman TXhan Widak beUcacaW dan
sempurna, sebagaimana yang direpsesentasikan oleh KJB telah dihasilkan dari naskah teks
aWaX MSS aWaX ³ApogUaf´ (Valinan aXWogUaf) \ang Wanpa cacaW dan VempXUna.
7. Pertanyaan: Dapatkah kita mengidentifikasi teks ini?
8. Jawab: Tentu. Tuhan kita tidak meninggalkan dirinya sendiri tanpa saksi, tapi memelihara
dengan sempurna MSS: Masoretic Hebrew Old Testament Text (naskah Perjanjian Lama
IbUani MaVoUeWic), NaVkah PeUjanjian BaUX \ang ³diWeUima´ (Te[WXV RecepWXV). DaUi naVkah
yang dipelihara sempurna ini Firman Tuhan diilhamkan, tanpa cacat, sempurna,
menghasilkan KJB.
9. Apa itu VPP?
V adalah ³9HUEDO,´ artinya ³NDWD GHPL NDWD´ (Kamus Websters)
P adalah ³POHQDU\,´ aUWin\a ³NRPSOLW DWDX PXWODN´ (Kamus Websters)
P adalah ³PUHVHUYDWLRQ.´ artinya ³GLMDJD GDUL NHUXVDNDQ DWDX HUURU´
10. ³9PP NLWDE VXFL´ mengacu pada pemeliharaan supernatural Allah selama berabad-abad
(Pengakuan Iman Westminster pasal 1, VIII; lihat juga Mazmur 12:6,7; Matius 5:18,
24:35; 1 Pet 1:25) menjaga pengiriman naskah oleh juru tulis dan penyalin, sehingga tubuh
naskah (Masoretic Hebrew Old Testament dan Recieved Greek New Testament) telah
dijaga mXUni Vebagai ³pohon yang baik´ membeUi kiWa ³buah yang baik,´ \aiWX KJB.
11. Sebagaimana serangan terhadap Firman Tuhan semakin hebat, umat beriman Tuhan yang
tersisa juga meningkatkan dan memperkuat kesetiaan mereka kepada Firman Tuhan yang
tanpanya seluruh fondasi injil akan runtuh.
12. Gereja Alkitab Presbyterian Calvary Pandan menjunjung tinggi Firman Tuhan yang
diilhamkan dan dipelihara dengan ³tali tiga jalinan´ \ang Widak dapat diputuskan, yaitu:
a. Konstitusi 4.2.1
b. VPP Firman Tuhan
c. KJB, Alkitab Reformasi
KiWa memegang ³pandangan WeUWinggi´ daUi KiWab SXci. KiWa Widak mengklaim XnWXk mengeUWi
setiap bagian KITAB. Ada bagian yang tidak kita pahami sepenuhnya. Tentang ini, kita katakan
³kiWa Widak WahX.´ BebeUapa bagian mXngkin membingXngkan. Tapi bXkan beUaUWi ALKITAB Valah.
Hanya pemahaman kita yang tidak lengkap.
Martin Luther, Reformer abad ke enam belas, percaya dan mengajarkan bahwa Alkitab sempurna
di semua bagiannya. Luther mengutip surat Agustinus kepada Jerome yang mana dia menulis,
³Saya telah belajar melakukan ini; untuk hanya memegang buku-buku yang disebut kitab suci
dengan hormat dan akhirnya saya percaya bahwa tidak ada satupun penulis yang pernah berbuat
salah.´
Luther mendukung pandangan Agustinus dan dia menyatakan: ³Kitab suci tidak dapat salah.
Sudah pasti bahwa isi kitab suci tidak dapat tidak setuju satu dengan lain. Tidak mungkin bahwa
kitab suci bertentangan dengan dirinya sendiri, itu hanya nampak pada orang munafik yang tidak
berperasaan dan keras kepala.´
Ketika Luther menemukan perbedaan atau pertentangan yang berkaitan tentang kronologi, dia
menolak memihak ³meUeka \ang beUkaWa AlkiWab WeUbXkWi Valah.´
LXWheU beUkaWa ³Saya menyimpulkan hal itu dengan pengakuan yang rendah hati tentang
ketidaktahuan saya karena hanya Roh Kudus yang mengetahui dan memahami segala
VHVXDWX.´
VII. PERYATAAN TENTANG PEMELIHARAAN TEKSTUAL OLEH MAJELIS
GEREJA ALKITAB PRESBYTERIAN CALVARY PANDAN (April 2006)*
1. Kami menegaskan kepatuhan kami yang tak tergoyahkan terhadap konstitusi gereja 4.2.1,
percaya bahwa Allah telah memberi kita Firman yang diilhaminya dalam bahasa asli, tanpa
cacat dan sempurna.
2. Kami percaya bahwa naskah kitab suci yang mencerminkan kualitas Firman yang
dihembuskan Tuhan adalah Hebrew Masoretic Text (Naskah Ibrani Masoretic)1 dan The
Greek Recieved Text (Naskah Yunani yang Diterima)2. Naskah-naskah kitab suci ini adalah
yang paling setia, otentik, suci, murni, benar, tidak bercacat, dapat dipercaya, unggul,
membuktikan diri sendiri, penting, mudah dipahami, menafsirkan diri sendiri, berwibawa,
dan tanpa cacat (Mazmur 19:7-9, Mazmur 119). Akibatnya mereka diterima sebagai Firman
Tuhan (Ezra 7:14; Nehemia 8:8; Daniel 9:2; 2 Petrus 1:19) dan pembacaan yang benar pada
bagian mana pun harus dicari dalam naskah ini.
3. Kami menjunjung tinggi versi resmi King James sebagai Firman Tuhan - paling baik, paling
setia, paling akurat, terjemahan paling indah dari Alkitab dalam bahasa Inggris, dan
menggunakannya saja sebagai naskah utama kami dalam pembacaan publik, khotbah, dan
pengajaran Alkitab Bahasa Inggris.
4. Kami menjunjung tinggi The Chinese Union Version (CUV/ Versi persatuan bahasa
Mandarin) sebagai Firman Tuhan - paling baik, paling setia, paling akurat, terjemahan paling
indah dari Alkitab dalam bahasa Mandarin, dan menggunakannya saja sebagai naskah utama
kami dalam pembacaan publik, khotbah, dan pengajaran Alkitab Bahasa Mandarin.
5. Kami dengan tegas percaya bahwa satu-satunya keaamanan nyata bagi masa depan gereja
bXkan pada ³pemelihaUaa´ WXliVan diaWaV keUWaV aWaX lain\a, Wapi keVeWian pada FiUman \ang
ditulis secara permanen dalam hati mereka yang memimpin umat Allah pada setiap generasi,
memelihara mereka setia dalam pelayanan.
Kita harus rendah hati jika kita ingin mengerti FIRMAN TUHAN, dan kita juga harus BERDOA
agaU ROH KUDUS menjadi GURU kiWa. ³Singkapkanlah maWakX, VXpa\a akX memandang
keajaiban-keajaiban dari Taurat-MX´ (Ma]mXU 119:18).
PUISI TENTANG ALKITAB
Dalam jilid yang menakjubkan ini terletak
Misteri dari misteri-misteri
Paling bahagia mereka dari umat manusia
yang kepadanya Allah berikan anugerah
Untuk membaca, takut, berharap, berdoa,
Untuk mengangkat kail, untuk menemukan jalan
Dan lebih baik mereka tidak pernah dilahirkan
Yang membaca dengan keraguan, atau membaca dengan mengejek
-Sir Walter Scott-
³FiUman-MX iWX peliWa bagi kakikX dan WeUang bagi jalankX´ (Ma]mXU 119:105).
Semoga terang ini menyinari jalanmu setiap hari!
Kejadian 1:1 Keluaran 20:1-6
Mazmur 19:1 Roma 1:18-25
Yohanes 1:1-5
Ketika kita membicarakan tentang Allah, kita harus melakukannya dengan penuh hormat dan
takut, karena kita sedang membicarakan tentang PENCIPTA YANG BESAR dari alam semesta
dan segala yang ada. Kita adalah makhluk yang lemah dan terbatas yang diciptakan oleh-NYA.
Pengertian kita adalah sangatlah terbatas. Kita tidak bisa tahu segala sesuatu tentang Allah kecuali
DIA berkenan untuk menyatakan kepada kita. Ini adalah kondisi pertama dan dasar yang kita
harus mengakui jika kita ingin berhasil dalam pencarian untuk mengenal-NYA.
Allah bertahta di surga. Ia bersemayam di dalam terang yang tak terhampiri (1 Timotius 6:16).
ALLAH ITU ROH. Kita tidak dapat melihat-NYA dengan mata jasmani kita. Akan tetapi, terdapat
cukup bukti untuk kita agar kita tahu Allah itu ada. Allah tidak perlu membuktikan keberadaanNya sendiri. Namun, tidak menjadi alasan untuk manusia tidak tahu bahwa DIA ADA, karena DIA
telah menyatakan DIRINYA SENDIRI.
Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah
menyatakannya kepada mereka. Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan